Kenangan Manis di Balik Lagu “Sesuk Prei” bagi Anak SD di Jawa Generasi 90-an yang Kembali Viral

Lagu Sesuk Prei

Perpaduan antara TikTok dan juga tren lagu koplo yang belakangan ini viral di kalangan masyarakat Indonesia rupanya berhasil membawa banyak dari kita untuk bernostalgia kembali dengan masa lalu. Pasalnya, banyak konten-konten dari platform media sosial tersebut dan juga lagu-lagu koplo yang saat ini viral sebenarnya berasal dari kebiasaan saat kita kecil dulu. Salah satunya yang baru-baru ini ramai adalah lagu berjudul “Sesuk Prei” dalam versi koplo.

Advertisement

Lagu yang dari awal hingga akhir hanya memiliki lirik sama tersebut bagi anak zaman sekarang mungkin dianggap sesuatu yang baru-baru aja jadi tren. Padahal, lagu itu sendiri sebenarnya memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak SD era 90 hingga 2000-an awal. Yakin deh, setelah belasan hingga puluhan tahun nggak pernah dengar istilah sesuk prei, anak-anak generasi 90-an pasti langsung berasa dibawa nostalgia banget setelah dengerin ini. 😀

Dulu, aslinya kalimat sesuk prei ini sama sekali bukan berasal dari sebuah lagu, melainkan kebiasaan anak-anak SD untuk merayakan euforia sehari sebelum datangnya hari libur

Nggak cuma kaum pekerja aja yang girang banget kalau disuruh menyambut hari libur. Liburnya masih minggu depan aja terkadang kita sekarang udah kepikiran besok mau melakukan apa di hari libur. Begitu pula dengan anak SD di zaman itu, setiap hari Sabtu menjelang pulang sekolah atau hari-hari biasa di mana esok adalah hari libur, biasanya mulai dari kelas satu hingga kelas enam terdengar teriakan heboh dengan kalimat tersebut.

Advertisement

Bagi yang belum tahu, sesuk prei memiliki arti besok hari libur dalam bahasa Jawa. Kalimat ini bakal terdengar heboh melalui mulut seluruh siswa dan siswi SD di era tersebut karena saking bahagianya menyambut hari esok yang bisa digunakan untuk bermain seharian dengan teman-teman lainnya. Umumnya tren euforia anak SD yang satu ini dulu memang banyak dilakukan oleh anak-anak daerah Jogja, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Nah, setelah masuk SMP biasanya kalimat ini udah mulai jarang terdengar karena memang hanya ngetren di kalangan anak-anak SD. Beda sih mungkin kalau sama anak SMP atau SMA, mau libur atau nggak libur juga paling udah nggak peduli, tugasnya sama-sama banyak.

Kini setelah sekian lama nggak pernah terdengar, kalimat sesuk prei kembali diviralkan dalam sebuah lagu yang dibawakan oleh DJ Dara Aprilia dengan Doni Julianto

Advertisement

Nggak dimungkiri bahwa kalimat legendaris yang satu ini benar-benar membekas kuat di ingatan para generasi 90-an. Meski telah sekian tahun berlalu, nggak mungkin ada yang lupa dengan bagaimana rasa bahagianya kita dulu saat meneriakkan kalimat tersebut. Pokoknya setiap kehebohan yang tercipta, terselip angan-angan bagaimana melewati hari esok dengan main di sungai bareng, main layang-layang, cari ikan, adu kelereng, dan lain sebagainya.

Rasanya kita perlu mengucapkan banyak terima kasih dengan sosok DJ Dara Aprilia dan juga Doni Julianto yang telah menghidupkan kembali marwah kalimat tersebut. Merekalah yang belakangan ini membuat lagu berjudul “Sesuk Prei” kembali terngiang-ngiang setelah kita semua meninggalkan masa kecil kita yang penuh dengan kekonyolan.

Bagi sebagian orang, kembali mendengar kalimat tersebut mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk menuntaskan rindu akan masa kecil. Apalagi kalau dengerinnya menjelang weekend dan kerjaan udah tinggal dikit lagi. Rasanya, plooooong banget!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE