12 Life Hack Nyeleneh yang Bikin Kita Mikir, “Kok Kepikiran, ya?”

Guys, tahukan kamu tentang istilah life hack? Life hack adalah strategi atau teknik yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan seseorang. Biasanya life hack ini akan mengubah barang-barang sederhana di sekitar kita sehingga mempunyai kegunaan sekunder bahkan tersier yang bisa memudahkan urusan hidup sehari-hari.

Advertisement

Tapi namanya juga manusia, terkadang tingkat kreativitasnya bisa kelewat batas. Life hack yang seharusnya bisa memudahkan hidup seseorang terkadang nggak hanya mengundang decak kagum saja, tetapi ada beberapa yang bisa membuat orang yang melihatnya menepuk jidat karena idenya yang terlalu kreatif. Coba deh perhatikan beberapa life hack di bawah ini!

1. Kalau kamu bingung menaruh barang berharga di tempat terbuka, kamu bisa coba menggunakan popok sebagai kamuflase untuk menyembunyikan barang kamu

Menyamarkan barang berharga di dalam popok! Biar dikira popok bekas! | Credit: u/spreading_my_love via www.reddit.com

Sebenarnya cara ini kreatif dan cukup efektif sih, menyamarkan benda berharga kamu di dalam popok seolah-olah hal tersebut adalah kotoran. Tetapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang punya anak kecil deh, kalau kamu nggak punya anak kecil buat apa kamu beli popok? Selain itu trik ini juga rawan, karena popok bisa saja diangkat oleh petugas pembersih dan dibuang karena dikira sampah

2. Adik kamu nggak mau minum obat? Coba samarkan obat tersebut dengan bungkus minuman manis yang jadi kesukaannya

Adik kamu susah minum obat? Cobain deh pake cara ini!| Credit: u/goodlyearth via www.reddit.com

Menyamarkan obat menjadi bentuk lain emang sudah sebuah hal yang jamak dilakukan para buda di luar sana ketika anaknya nggak mau minum obat. Jika di foto menggunakan jus untuk menyamarkan obat sirup, di Indonesia biasanya cara ini sedikit berbeda. Untuk kasus di sini, biasanya obat berbentuk pil atau tablet akan diselipkan ke dalam pisang agar mudah ditelan.

Advertisement

3. Kalau kamu nggak punya wadah yang ukurannya pas, kamu bisa menggunakan alumunium foil untuk membuat sekat di wadah yang kamu punya dan menyesuaikan ukurannya

Nggak punya wadah yang ukurannya pas? Bikin aja sendiri! | Credit: u/mario61752 via www.reddit.com

Buat kamu yang suka masak, kamu bisa mencoba trik ini jika mempunyai alumunium foil di rumah. Jika kamu kepepet dan udah nggak sempat untuk membeli wadah yang lebih kecil, kamu bisa membagi wadah besar yang kamu miliki dengan menjadikan alumunium foil sebagai pembatasnya.

4. Coba potong pizzamu seperti di bawah ini kalau kamu mau memanaskan pizza dan tempatnya ternyata nggak cukup buat pizza kamu

Kalau kamu nggak punya cukup tempat untuk manasin pizza, coba aja cara ini! | Credit: u/KingPin300-1976 via www.reddit.com

Dengan memotong pizza seperti di gambar, kamu bisa memanaskan dua buah pizza yang berbeda dalam satu oven. Karena jika nggak dipotong terlebih dahulu, dua buah pizza berbentuk bulat sudah pasti nggak akan muat di oven tersebut. Tetapi hal ini juga harus disesuaikan dengan besarnya oven dan nampannya juga.

5. Kreatif sih bikin gelasnya, tapi nggak gini juga dong. Masa pake paprika, mendingan kamu pakai bekas air kemasan daripada kayak foto di bawah ini

Ya nggak gini juga dong kalau nggak punya gelas 🙁 | Credit: Boredpanda via www.boredpanda.com

Semalas-malasnya anak kost, kalau nggak ada gelas biasanya mereka masih berusaha membuatnya dari kemasan air mineral gelas atau botol yang dipotong, tetapi nggak dengan yang ini. Paprika memang bisa menjadi wadah, tapi kan teksturnya loyo dan bisa lemas jika terkena air panas. Mendingan kamu nggak usah mencoba life hack yang satu ini deh.

Advertisement

6. Kita paham kok kalau setetikaan dan hair dryer itu bisa menghasilkan panas, tapi nggak buat manasin pizza juga dong!

Hasil dari pemikiran kreatif sesosok manusia | Credit: Reddit via www.reddit.com

Masih berhubungan dengan cara memanaskan makanan, sepertinya yang menemukan life hack ini terlalu kreatif. Benar adanya seterikaan dan alat pemgering rambut dapat menghasilkan panas, tetapi nggak gini juga kali! Life hack ini memiliki risiko, jika saus pizza atau keju pizza meleleh ke seterikaan dan tidak dibersihkan dengan baik, maka hal tersebut bisa menimbulkan bekas dan mengotori baju milik kamu!

7. Kaus kaki kamu bolong? Jangan dijahit atau dibuang! Coba warnai bagian kaki kamu yang terlihat di bolongan tersebut dengan spidol yang warnanya sama dengan kaus kaki kamu

Jangan buang kaus kaki bolong kamu! Dengan cara ini, selain bisa mengurangi limbah, kamu juga bisa berhemat! | Credit: Buzzfeed via www.buzzfeed.com

Kamu bisa memperaktikkan trik ini jika pekerjaan atau kegiatan kamu sering menuntut kamu untuk melepas alas kaki. Dengan menambal bagiaan kaku yang terbuka di bolongan dengan spidol yang memiliki warna senada, kamu jadi nggak usah repot beli kaus kaki baru dan bisa mengurangi limbah pakaian, karena masa pakai kaus kaki kamu menjadi lebih panjang! Ide yang brilliant bukan?

8. Ada baiknya kamu menyisihkan uang kamu untuk membeli gagang pintu, daripada bikin versi DIY dari selotip yang direkatkan ke pintu

Entahlah, mungkin terlalu kreatif atau kepepet | Credit: elsenorjuanperez1 via www.facebook.com

Tanpa gagang pintu maka sebuah pintu akan susah terbuka, mungkin hal tersebut mengilhami seseorang untuk menciptakan ini. Entah karena malas atau tidak punya uang, sebenarnya pembuat gagang pintu DIY ini patut diberikan apresiasi. Selotip memang lebih mudah dan murah untuk digunakan sebagai gagang piuntu, selain itu kalau kamu ingin lebih kreatif kamu juga bisa membentuknya menjadi bentuk lain yang unik lho!

9. Nggak punya wadah untuk snack? Tenang, pria ini membuktikan bahwa hoodie kamu bisa banget kok dimodifikasi biar jadi tempat menaruh snack dadakan

Tak ada mangkuk hoodie pun jadi! | Credit: Reddit via www.reddit.com

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk ngemil. Mungkin  kata-kata tersebut menjadi inspirasi bagi pria di gambar ini. Kapucong pada sebuah jaket hoodie ternyata memiliki banyak kegunaan, selain bisa melindungi kepala kamu dari angin atau terik matahari, ternyata dia juga berguna sebagai wadah untuk menaruh makanan atau cemilan yang kering. Hebat memang!

10. Kamu pecinta horor dan punya boneka yang udah nggak kepake? Daripada dibuang, mendingan dijadiin hiasan lampu tidur yang kreatif

Daripada di buang, mending jadikan kepala boneka bekasmu penutup lampu tidur yang lucu dan gemez | Credit: Boredpanda via www.boredpanda.com

Kalau kamu butuh olahraga jantung dan suka film horor kamu bisa banget mengaplikasikan life hack ini. Taruh saja sebuah lampu yang sudah dimodifikasi seperti gambar di sudut ruangan kamu. Selain bisa menerangi kamu juga bisa menggunakannya untuk mengagetkan tamu yang masuk ke kamar kamu, lumayan lho buat hiburan. Tapi kalau kepalanya bisa ngomong sendiri secara tiba-tiba, ya siap-siap aja~

Gimana, apakah menurut kalian life hack di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk mempermudah hidup kalian? Kalau bermanfaat silahkan kamu coba  sendiri, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

CLOSE