8 Lagu K-pop yang Memiliki Lirik Berdasarkan Pengalaman Pribadi. Menyentuh Banget!

Pengalaman pribadi selalu menjadi tema terbaik untuk dituangkan dalam lirik lagu

Bagi para musisi, menciptakan sebuah lagu membutuhkan sebuah inspirasi. Inspirasi dalam membuat sebuah lagu bisa datang dari berbagai hal. Salah satu inspirasi yang digunakan oleh para musisi biasanya dari pengalaman pribadi.

Advertisement

Ketika sebuah lagu yang didasari pada pengalaman pribadi, perasaan tulus penulis lagu dapat dirasakan dan banyak pendengar yang terhubung akibat pendengarkannya. Sama halnya dengan para musisi K-pop yang sukses dengan lagu hits yang diciptakan dari pengalaman mereka sendiri.

Penasaran dengan lagu hits K-pop apa saja yang rupanya berasal dari pengalamn pribadi sang penyanyi? Yuk, simak di bawah ini!

1. Hwasa MAMAMOO – Twit

Hwasa MAMAMOO

Lagu Twit menceritakan bagiamana cinta bodoh yang diberikan kepada seseorang | credit God Hwasa via twitter.com

Ketika Hwasa menjadi salah satu tamu di “Yoo Hee Yeol’s Sketchbook”, ia mengungkapkan bahwa lagu yang bertajuk Twit terinspirasi dari kisah cinta pribadinya. Kata “twit” sendiri merupakan bahawa gaul bahasa Inggris yang berati orang bodoh.

Advertisement

Meski terdengar seperti lagu yang ofensif, Hwasa mengklarifikasi bahwa lagu Twit tidaklah seperti itu. Lagu ini menggambarkan seseorang dengan bodohnya memberikan cinta berlebihan kepada Hwasa. Hwasa menjelasakan bahwa pria dalam lagunya itu adalah seseorang yang “murni dan polos” memberikan cintanya ke pada Hwasa seperti orang bodoh.

2. Heize – Dont Know You 

Haize - Dont Know You

Lagu Dont Know You berkisah mengenai Heize yang tidak pernah memberikan hadiah kepada mantan pacarnya | credit Stone Music Entertainment via www.youtube.com

Lagu Dont You Know berkisah mengenai kisah cinta Heize dengan mantan pacarnya. Heize menceritakan bahwa kekasihnya selalu memberikan hadiah kepadannya dan masih ia simpan dirumahnya.

Penyanyi itu menambahkan bahwa dia kesal bahwa mantan pacarnya tidak memiliki sesuatu yang berkesan darinya karena dia tidak pernah memberikan sebuah hadiah selama hubungan mereka.

Advertisement

3. AKMU – Last Goodbye

AKMU - Last Goodbye

Dari pengalaman pribadi Lee Chan-hyuk, ia sampai menangis ketika menulis dan merekam lagu Last Goodbye | credit AKMU via unitedkpop.com

AKMU atau Akdong Musician mengatakan bahwa lagu Last Goodbye terinspirasi dari kisah cinta anggotanya yang bernama Lee Chan-hyuk. AKMU sendiri merupakan duo kakak-beradik, Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun di bawah lebel YG Entertainment.

Saat AKMU tampil dalam acara “Yoo Hee Yeol’s Sketchbook,” Chan-hyuk mengungkapkan bahwa ia sampai menangis saat menulis lagu tersebut. Adiknya, Soo-hyun menambahkan kakaknya menangis ketika lagu tersebut dalam tahap rekaman.

Duh kasian banget Chan-hyuk, pasti mantannya berbekas banget, ya~

4. Mino WINNER – Fear

Song Mino Winner and Taeyang Bigbang - Fear

Mino menceritakan kisah hidupnya ketika menjadi seorang training, anggot Idol | credit WINNER via www.youtube.com

Mino menciptakan lagu Fear untuk babak semi final dalam program kompetisi “Show Me The Money 4”. Mino berkolaborasi bersama Taeyang Bigbang dalam lagu Fear. Alunan rap Mino yang berat dan kejujuran lagu Fear membuat siapapun yang mendengarkannya pasti tersentuh. Lagu Fear menceritakan bagaimana kisah hidup Mino saat pelatihan di YG Entertainment, menjadi anggota grup Idol dan menjadi seorang anak laki-laki.

5. Zion T – Yanghwa BRDG

Zion. T KBS

Lagu Yanghwa BRDG, merupakan kisah keluarga Zion. T | credit KBS via www.soompi.com

Zion T menceritakan ketika menulis lagu Yanghwa BRDG, ia sedang berada dalam perjalanan pulang dan melewati jembatan Yanghwa. Seketika ia mengingat keluarganya, ayahnya merupakan supir taxi yang sering berada di jembatan tersebut. Lagu yang sangat hits di Korea Selatan ini hanya ditulis selama 30 menit.

Let’s us be happy~

6. Beak A-yeon – Shouldn’t Have

Baek Ah-yeong

Kisah mengenai seseorang yang pernah dalam kehidupannya, Beak A-Yeon ia ceritakan dalam lagu Shouldn’t Have | credit MBCkop via www.youtube.com

Lagu Shouldn’t Have merupakan lagu pertama yang ditulis oleh Beak A-yeon. Liriknya dari pengalaman pribadinya dengan seseorang. Ia pun menulis pengalaman tersebut menjadi sebuah lagu dan meraih kesuksesan.

Menariknya, soloist ini mengungkapkan bahwa seseorang yang menjadi inspirasinya tidak menyadari bahwa lagu Shouldn’t Have mengenai dirinya. Bahkan orang tersbeut menelepon Baek A-yeon dan mengatakan menyukai lagunya.

7. IU – Voicemail

IU - Voicemail

Lagu Voicemail mengisahkan mengenai patah hati dirinya | credit MBCevery via www.youtube.com

IU merupakan soloist yang sering menuangkan kisah pribadinya ke dalam lirik lagunya. Salah satunya adalah lagu Voicemail. Lagu Voicemail mengisahkan kisah cintanya yang dituangkan ke dalam lirik lagu. Dalam acara MBC Music, “Picnic Live” pada 2013, IU menceritakan ia menulis lagu tersebut sesaat setelah seorang pria yang ia cintai menolaknya.

8. Lee Hi – Breath

Lee Hi Breath

Lagu Breath merupakan lagu yang diberikan oleh mendiang Jong-hyun Shinee kepada Lee Hi | credit Korean Tales via twitter.com

Lagu Breathe merupakan lagu yang ditulis oleh mendiang Jong-hyun Shinee. Lagu ini merupakan hadiah yang diberikan Jong-hyun kepada Lee Hi. Lagu ini mengenai seberapa sulit kehidupan, kita harus tetap bertahan, dengan memberi ruang untuk berhenti sejenak dan bernafas.

Adakah lagu yang relate dengan keadan SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE