Logo Gatotkaca Disebut Mirip Captain Marvel, Warganet Berdebat

Hanung senang berkat logo bintang masyarakat jadi mengulik sejarah wayang kembali

Trailer perdana film Satria Dewa: Gatotkaca baru saja rilis pada Selasa, 22 Februari 2022 lalu. Film superhero Indonesia ini digarap oleh sutradara kenamaan Indonesia, Hanung Bramantyo.

Advertisement

Adegan terbang Gatotkaca dengan panorama perkotaan dari atas langit itu dikemas secara apik. Tak heran jika tayangan singkat 32 detik itu menuai banyak pujian dari warganet.

Bahkan, film Satria Dewa: Gatotkaca digadang-gadang sudah bisa disandingkan dengan film-film fiksi Hollywood.

Namun, logo yang berada di kostum tokoh utama menimbulkan perdebatan di kalangan warganet. Banyak dari mereka yang menuding logo bintang Gatotkaca menjiplak logo Captain Marvel.

Advertisement

Tidak sedikit warganet menyebutkan logo bintang Gatotkaca mirip logo Captain Marvel

kontroversi logo bintang Gatotkaca

Banyak warganet menyebut logo bintang Gatotkaca mirip logo Captain Marvel | Credit : @hanungbramantyo via Instagram

Perilisan trailer film Satria Dewa: Gatotkaca ternyata tidak seutuhnya mulus. Kostum yang dikenakan karakter Gatotkaca justru menuai perdebatan dari warganet.

Pasalnya, logo bintang di kostum karakter Gatotkaca disebut-sebut mirip dengan Captain Marvel. Banyak warganet tidak segan membubuhkan komentar pedas terkait kostum Gatotkaca.

Advertisement

“Keren, logonya kek kapten marvel, terbangnya kek supes, kata salah seorang warganet.

“WIH APAAN NIH LAMBANG CAPTAIN MARVEL! Udah pada aneh ya manusia si paling paling ini. Cinta sih cinta. Tapi belajar sejarah sama budaya dulu napa,” ungkap warganet lainnya.

Kisruh logo Gatotkaca dan Captain Marvel ini pun tidak luput dari perhatian Hanung Bramantyo selaku utradara film tersebut.

Melalui laman Instagram pribadinya, Hanung menyampaikan bahwa berkat logo bintang, masyarakat jadi mengulik sejarah wayang kembali.

“Saya seneng gara-gara logo bintang kang Gatot yang mirip kayak teteh Kapten, bikin netijen ngulik wayang lagi.” tulis Hanung Bramantyo dalam keterangan unggahan Instagramnya @hanungbramantyo, Rabu (23/2/2022).

Sejumlah pemain Satria Dewa: Gatotkaca ikut menanggapi perdebatan soal logo bintang di kostum Gatotkaca

Logo bintang di kostum Gatotkaca

Sejumlah pemain Satria Dewa: Gatotkaca ikut menanggapi perdebatan soal logo | Credit : @satriadewa.studio via Instagram

Meski menuai perdebatan, tidak sedikit warganet berpendapat bahwa logo bintang tersebut sudah ada sejak lama dalam penggambaran Gatotkaca.

“Kan di pewayangan emang gitu logonya, duluan Gatotkaca daripada kapten Marvel.” bela salah seorang warganet.

Hadeuh pada ngeributin bintangnya Gatotkaca dan Captain Marvel, liat dulu sejarahnya yang ada duluan siapa… Costumenya Satria Dewa: Gatotkaca yang bikin desainer dari Marvel.” jelas warganet lainnya.

Sejumlah aktor pemeran film Satria Dewa: Gatotkaca, seperti Edward Kabar dan Omar Daniel pun turut menanggapi. Menurut Edward, seluruh teknis pengerjaan film dikerjakan seluruhnya oleh anak bangsa dan tidak menjiplak karya luar negeri.

“Ini sejarah, jadi enggak mencontoh dari luar.” kata Edward Akbar saat jumpa pers di Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

Senada dengan Edward, Omar Daniel menegaskan Gatotkaca merupakan kisah yang seutuhnya milik dan dari Indonesia.

“Kami enggak mencontoh, ini karya anak Nusantara. Tegas Omar Daniel.

Itulah perdebatan di kalangan warganet tentang logo bintang di kostum Gatotkaca. Sejauh ini, bagaimana tanggapan Sobat Hipwee terhadap logo itu?

Terlepas dari kontroversi menjiplak seperti yang dituduhkan warganet, semoga film Satria Dewa: Gatotkaca mampu menghibur seluruh masyarakat dan menjadi film anak bangsa yang patut dibanggakan Indonesia ya, SoHip!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE