Nostalgia Majalah MBS yang Jadi Rujukan Anak 90-an Belajar Gitar. Buku Panduan para Gitaris!

Majalah MBS

Sebelum era internet, majalah memiliki peran besar dalam menyebarkan tren. Kalau mau tahu tren yang sedang berkembang, anak 90-an akan membeli majalah, sebab informasinya lebih lengkap dibandingkan dengan TV. Majalah seperti Aneka, Hai, Gadis, Kawanku, dan yang lainnya tentu sudah nggak asing lagi di telinga. Majalah-majalah itulah yang menemani kita tumbuh.

Advertisement

Khusus untuk cowok, ada satu majalah yang dulu berjasa banget menambah wawasan musik. Majalah itu adalah Music Book Selection atau yang biasa dikenal dengan sebutan MBS. MBS adalah pintu gerbang bagi cowok generasi 90-an main band. Kenapa begitu? Selengkapnya di bawah ini.

MBS adalah rujukan bacaan musik bocah yang baru belajar gitar. Lewat MBS mereka dapet sontekan kunci gitar lagu-lagu yang lagi ngetren

Dapet sontekan chord. | credit: 123ish.com via www.123ish.com

Sebelum ada internet, rujukan kunci gitar cuma bisa didapat dari majalah musik. Majalah MBS-lah yang jadi pionirnya. Majalah ini konsisten memberikan sontekan kunci gitas lagu yang sedang hits. Mereka yang belum mahir ngulik kunci gitar sendiri menggunakan MBS untuk mencoba memainkan lagu-lagu yang baru. Membantu banget buat orang yang main gitar cuma tahu kunci dasarnya doang.

Advertisement

Dari MBS kita nggak cuma tahu kunci gitar lagu terbaru, tetapi juga liriknya. Cocok banget buat orang-orang yang suka ngasal kalau nyanyi

Jadi tahu lirik. | credit: kordindonesia.com via kordindonesia.com

Ada orang yang suka lagu karena nadanya. Ada pula yang suka karena liriknya. Yang suka berawal dari nada biasanya kerap keliru dalam melafalkan lirik. Zaman dulu boro-boro ada Spotify, internet aja cuma segilintir orang yang bisa pakai. Jadi sangat lumrah sekali kalau kita mendengar orang nyanyi salah lirik. Nah, setelah MBS hadir, barulah mereka tercerahkan. Selain jadi tahu kunci gitar, mereka akhirnya jadi tahu lirik aslinya.

Kita juga jadi tahu fakta seputar band favorit setelah baca liputan di majalah ini

Ulasan band. | credit: jeda.id via jeda.id

Jadi fans sebuah band zaman dulu itu susah. Acara TV nggak pernah benar-benar cukup menyediakan liputan tentang band kesayangan kita. Mau nggak mau kita harus cari sendiri. Sekarang mah enak ada internet, dulu literasinya terbatas banget. Hal yang paling masuk akal untuk ditempuh, ya, beli majalah MBS ini. Selain kunci dan lirik lagu, ada rubrik yang mengulas band atau penyanyi. Kita jadi tahu seluk beluk kepribadian dan proses kreatif idola.

Advertisement

Adanya MBS juga bikin tongkrongan jadi seru. Lagunya nggak itu-itu aja karena tersedia banyak sontekan kunci gitar 😀

Nongkrong jadi panjang. | credit: dagelan.co via www.dagelan.co

Nyanyi bareng temen jadi momen hangat yang sangat dinantikan di tongkrongan. Makan gorengan belum lengkap tanpa rawit, begitu pula tongkrongan cowok, nggak lengkap rasanya kalau nggak ada genjreng-genjreng. Kehadiran MBS membuat momen nyanyi bareng jadi makin seru. Lagunya yang dimainkan jadi up-to-date dan bisa ganti-ganti, karena sontekan kunci gitarnya telah tersedia.

MBS sangat berjasa bagi anak 90-an. Khususnya mereka yang suka banget sama musik. Selain membantu belajar gitar, MBS juga memberikan referensi musik terbaru. Dari MBS orang jadi bisa main gitar. Karena MBS orang jadi percaya diri untuk nge-band karena udah tahu kunci gitar dan liriknya. Berjasa banget!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE