Nggak Selalu Makanan Mewah, 5 Hidangan Khas Anak Warnet ini Punya Memori dan Kenangan Tersendiri

Makanan khas anak warnet

Warnet atau warung internet menjadi salah satu tempat yang sempat menjadi tempatĀ hangout anak-anak muda di Indonesia. Sebelum internet danĀ smart phone lazim seperti hari ini, orang yang ingin mengakses internet atau bermain game online harus pergi ke warung internet atau warnet. Dari warnet pula banyak orang yang memiliki pengetahuan serta pengalaman pertamanya mengakses internet dan bermain gim online.

Advertisement

Warnet sendiri bukan hanya sekadar tempat kita mengakses internet. Ada sejuta cerita dan beragam keunikan yang terjadi di dalamnya. Anak-anak warnet sendiri memang punya ciri khas tersendiri. Hal yang paling terkenal dari dunia perwarnetan Indonesia adalah makanan keseharian mereka. Ada beberapa hidangan khas anak warnet yang sangat berkesan dan membawa nostalgia. Apa aja? Yuk simak kenangan masa-masa tersebut di bawah ini!

1. Agar badan tetap fit dan pikiran tetap fokus saat bermain gim, kopi sudah menjadi teman setia para bocah-bocah warnet

Kopi minuman khas anak warnet/Credit: Unsplash @seniorr

Pertama ada kopi. Tentu saja menghadap komputer berjam-jam membutuhkan ketahanan mata dan tubuh tersendiri. Apalagi jika kamu pergi ke warnet di jam-jam malam. Kopi yang dianggap bisa menghilangkan kantuk sekaligus menjadi teman minum sudah menjadi minuman wajib anak-anak warnet.

Nggak seperti hari ini, dulu anak-anak warnet nggak mengenal coffee shop. Jadi mereka menikmati kopi-kopi sachetan yang tersedia di warung dekat warnet atau di warnet itu sendiri. Bergelas-gelas kopi kadang nggak terasa saat seseorang fokus bermain gim online atau sekadar chatting dan browsingan di warnet. Kamu pasti pernah mengalami juga, kan?

Advertisement

2. Mie Instan yang dijajakan di warnet 10 atau bahkan 100 kali lebih enak dari mie instan di warmindo. Setuju?

Mie instan / Credit: Klikdokter

Kamu pasti sering dengar kalau mie instan yang dibuat oleh aa burjo alias warmindo jauh lebih enak disaat kita membuatnya sendiri. Tapi kamu pasti masih ingat bagaimana rasa mie instan khas warnet. Yup, makanan pokok anak warnet ini 10 bahkan 100 kali jauh lebih enak daripada mie instan yang ada di burjoan. Alasannya sederhana, kadang seseorang yang sedang bermain komputer berjam-jam lupa bahwa dirinya kelaparan.

Saat lapar menyerang, anak warnet akan memesan mie instan karena harganya yang murah dan juga cepat disajikan. Di tengah-tengah permainan atau browsingan, piring terangkat dan mie mulai disantap. Rasa lapar perlahan menghilang dan kenikmatan mie dalam mulut akan selalu membekas sampai sekarang bagi para anak warnet sejati.

3. Para pedagang jajanan kecil yang melintas ke warnet mendapatkan rezeki lebih karena anak-anak warnet terkenal suka ngemil

Advertisement

Cilok / Credit: YouTube

Selain mie instan, anak-anak warnet juga doyan banget ngemil. Mau bagaimana lagi, kalau bermain warnet emang paling nikmat sambil mengunyah sesuatu. Karena hal itu, jajanan yang melewati warnet akan selalu jadi serbuan mereka yang sedang bermain. Jajanan ini juga tentu jadi ciri khas tergantung di mana warnet ada.

Di kota Bandung misalnya, jajanan seperti cakue, odading, cilok dan cireng sudah pasti ludes terjual jika melintas ke warnet. Hal ini tentu menjadi positif mengingat anak-anak warnet ini membantu ekonomi kecil dan pedagang untuk tetap bertahan hidup.

4. Makanan khas anak warnet yang bermain di jam malam adalah nasi goreng. Menikmati nasi goreng sambil nonton film atau membuka YouTube punya sensasi tersendiri

Nasi goreng / Credit: Pergikuliner

Nasi goreng adalah makanan berat yang hadir dan enak disantap saat malam jatuh. Nah, para kelelawar alias tukang begadang di warnet sudah pasti membeli nasi goreng untuk menghilangkan rasa lapar mereka. Bisa dikatakan, nasi goreng adalah makanan khas anak warnet meski jarang sekali ada warnet yang menyediakan menu nasi goreng.

Biasanya mereka yang begadang dengan paket malam meninggalkan sejenak komputer mereka, pergi keluar mencari angin malam sambil memesan nasi goreng di kaki lima. Pesan dibungkus lalu pulang kembali ke warnet. Mereka kemudian menyantap nasi goreng sambil streaming film, bermain game atau kadang-kadang hanya melihat video random di kanal YouTube. Ingat?

5. Para siswa pembolos seringkali sarapan dengan beragam nasi bungkus yang dijajakan di dekat warnet

Nasi bungkus / Credit: Bukalapak

Terakhir ada beragam nasi bungkus. Perlu diakui kalau warnet sebenarnya juga punya dampak negatif terhadap anak-anak muda. Nggak terhitung kasus penggrebekan warnet di jam sekolah dan menemukan banyak siswa yang membolos ke tempat itu. Anak-anak sekolah yang bolos ke warnet di pagi hari biasanya menyantap beragam nasi bungkus di dekat warnet.

Ibaratnya mereka sarapan dahulu sebelum melakukan aktivitas. Tapi, tentu saja membolos sekolah itu adalah hal yang negatif. Namun dengan adanya anak-anak yang membolos ke warnet, pegadang nasi balap, nasi kuning, nasi uduk dan beragam nasi-nasi bungkus lain di pagi hari mendapatkan penghasilannya. Asal jangan ditiru aja, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE