Berjiwa seni tinggi, bebas, pemberani atau bahkan nakal (‘preman’ kalau kata rezim Orde Baru). Begitu pandanganmu ketika melihat orang bertato. Orang bertato selalu menarik perhatian sendiri. Entah itu tampak jadi lebih seksi atau malah sebaliknya. Banyak yang menganggap, orang yang bertato identik dengan kebebasan mengekspresikan diri. Mereka yang bertato juga kerap kali dikaitan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kreativitas.

Tapi, ternyata tattoo juga bisa lho jadi simbol pemulihan jiwa. Seperti yang dilakukan Amy Bluele dengan Project Semicolon.

Simbol titik koma

Simbol titik koma via www.hngn.com

Tanda ‘titik-koma’ tersebut sempat merebak di media sosial.

Advertisement

Gerakan ini memang merupakan gerakan di media sosial di mana mereka mengunggah gambar lengan yang telah diberi tattoo ‘titik-koma’. Tattoo tersebut merupakan simbol respek atas orang-orang yang mengalami masalah kejiwaan seperti depresi, keinginan bunuh diri, dan ketergantungan. Projek ini bermula dari Amy Bluele di Amerika Serikat. Bluele memulai kampanye ini sejak tahun 2013. Awalnya, dia menggunakan simbol itu sebagai penghormatan untuk ayahya yang meninggal karena bunuh diri.

Titik koma atau semicolon (;) adalah tanda baca untuk memisahkan bagian-bagian kalimat yang sejenis dan setara. Titik koma digunakan saat penulis bisa saja mengakhiri kalimat yang ia tulis, namun tidak dilakukan dengan titik (.)

Analoginya, kalimat adalah hidupmu, sedangkan kamu adalah penulisnya.

projectsemicolon.com

Advertisement

Pada akhirya, simbol tersebut meluas di internet dan kemudian mendapat respon dari orang-orang yang juga memiliki pengalaman serupa. Saat ini, simbol tersebut menjadi inspirasi bagi mereka yang mengalami trauma serupa dan menjadi gerakan non-profit.

Penghormatan untuk ayah

Penghormatan untuk ayah

Banyak juga, seleb-seleb bertattoo yang memiliki kisah tersendiri dengan tattoo-nya.

Selebritis yang bertattoo pun tak sekedar gaya

Selebritis yang bertattoo pun tak sekedar gaya via giphy.com

Selain kisah dari teman-teman Project Semicolon, tentunya banyak juga pengguna tattoo yang memiliki kisahnya tersendiri. Termasuk para selebritis yang dikenal dengan tubuhnya yang berhias tattoo. Tak hanya sekedar indah, ternyata tattoo tersebut pun memiliki makna bagi mereka.

Pesan kemanusiaan yang ingin disampaikan Ibrahimovic.

Pesan kemanusiaan melalui tattoo

Pesan kemanusiaan melalui tattoo via bola.metrotvnews.com

Pada suatu laga, Ibrahimovic memamerkan badannya yang penuh dengan tattoo. Meski dia mendapatkan kartu kuning setelahya, ia tak menyesal. Aksi ini memang sengaja dilakukannya untuk mengkampanyekan program kemanusiaan tentang wabah kelaparan. Ya, sejumlah nama yang terukir di tubuh Ibrahimovic tersebut merupakan nama-nama penderita busung lapar dari berbagai belahan bumi. Ada lima puluh nama yang dilukis di badan Ibrahimovic kala itu.

Raheem Sterling mentattoo tubuhnya sebagai pengingat sejarah hidupnya yang sulit.

Tattoo untuk ibu

Tattoo untuk ibu via www.sepakbola.com

Gelandang tim nasional Inggris ini memiliki banyak tattoo di tubuhnya. Dia sengaja menattoo tubuhnya untuk merekam jejak hidupnya yang sederhana dan memiliki ambisi besar untuk menjadi pemain sepak bola. Salah satu tattoo-nya didedikasikan untuk ibunya:

Thank you mama for the nine months you carried me, through all the pain and suffering,through all the pain and suffering.

Tattoo tersebut merupakan ucapan terimakasih kepada ibunya karena telah membawanya dari Jamaika ke Inggris, sehingga dia bisa meraih cita-citanya menjadi pemain sepak bola dunia.

Pesan dalam tattoo Jerinx Superman Is Dead.

Selalu ada cerita di balik tattoo-nya

Selalu ada cerita di balik tattoo-nya via jojorockabilly.blogspot.com

Personel Superman Is Dead telah dikenal dengan badannya yang penuh dengan tattoo. Rupanya itu bukan hanya sekedar untuk aksi panggung semata. Salah seorang personel Superman Is Dead, Jerinx, selalu memiliki cerita di balik tattoo yang terukir di tubuhnya. Salah satunya, tattoo bertuliskan “Grand Mom”, tattoo tersebut dibuat ketika meninggalnya sang nenek yang bersamaan dengan hari kelahirannya. Selain itu, Jerink juga menggambar runtuhnya menara kembar WTC di tubuhnya. Tattoo tersebut dibuat setelah peristiwa 9/11 di mana New York diserang aksi teror dan setelahnya banyak hal yang terjadi di dunia termasuk bom Bali.

Memiliki tattoo di tubuh memang tampak keren. Tapi, ternyata banyak orang-orang yang menggunakan tattoo bukan sekedar untuk keren-kerenan atau gaya-gayaan semata. Banyak juga orang menggunakan tattoo untuk mengisahkan perjalanan hidup, dukungan terhadap seseorang, atau menyampaikan pesan.

Kalau kamu yang punya tattoo, apa kisah di balik tattoo mu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya