Dalam dunia penulisan, ada etika bahwa ketika kita memakai atau ‘meminjam’ ucapan atau tulisan seseorang, maka diharuskan untuk mencantumkan kredit atau nama orang yang membuatnya atau mengucapkannya. Begitu pun dengan ‘quotes. Hal ini nggak berlaku hanya dalam skripsi atau artikel aja, tapi juga ketika kita menggunakannya di media sosial. Saat kamu mengunggah quotes seseorang, maka harus ada kredit nama orang tersebut.

Hal inilah yang mungkin pengen disampaikan oleh admin media sosial motivator ternama, Mario Teguh. Namun hal tersebut justru berbalik dan ‘menikam’ sendiri sang motivator.

Kejadian ini berawal saat sebuah akun Instagram yang mengunggah quotes, lalu dikomentari oleh akun Mario Teguh

berawal dari postingan quote via www.instagram.com

Advertisement

Sebuah akun Instagram dengan nama @test_psikologi beberapa waktu lalu mengunggah qoutes tentang Tidak ada orang yang aslinya rajin. Yang ada adalah orang yang merajinkan diri, walau pun sedang merasa malas. Besoknya, akun Instagram Mario Teguh meninggalkan komentar di unggahan tersebut. Ia meminta agar admin akun @test_psikologi bisa menyertakan informasi bahwa quote itu diambil dari Twitter Mario Teguh. Pesan ini dituliskan oleh admin medsos sang motivator. Ia juga pengen agar ada kredit yang dicantumkan ketika ada yang ‘meminjam’ quotes Mario Teguh.

Terima kasih. Apakah mungkin untuk posting selanjutnya Anda menyertakan informasi bahwa quote (tersebut) Anda ambil dari Twitter @MarioTeguh? Terima kasih dan salam super! – Admin Twitter @MarioTeguh 👍👍👍

Atas komentarnya tersebut, warganet malah bereaksi lain. Mereka mengingatkan kembali tentang hal sama yang juga dilakukan oleh Mario Teguh

warganet mengingatkan via www.instagram.com

Secara etika jurnalistik, apa yang dikatakan oleh admin akun Mario Teguh tentu benar. Bahwa ketika meminjam kutipan atau quotes seseorang harus disertakan kredit namanya. Ini adalah salah satu cara menghindari plagiarisme sekaligus menghargai orang yang telah menciptakan quotes tersebut. Tapi sayangnya, komentar akun IG Mario Teguh ini justru berbalik arah dan menyerang dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan komentar para warganet yang mengingatkan tentang kasus yang menimpa Mario Teguh sebelumnya.

Advertisement

anitadania: yailah ini mah karma pak MT kali.. dia ajah sering trcyduk kok ambil kuote bahasa inggris yg di translate k bhasa indo tpi gk disertai sumbernya..

summersmile.shop: @marioteguh kalo bapak pernah jiplak/translate quote pake credits ga? Saya coba google “mario teguh jiplak”, banyak keluar tulisan/gambar yg menunjukkan bapak juga melakukan hal yg sama dengan admin @test_psikologi

dewivlo :@marioteguh ga ngaca apa ya ini si bapak… Pdhl dia sndiri raja ny jiplak karya orang, cuma beda ny yg d jiplak bhs inggris, trs sm si bapak cm di ganti ke bhs indonesia… Huuuh orang kaya tp ga punya kaca… 😂😂😱

Sekitar dua tahun lalu warganet dihebohkan dengan quotes Mario Teguh yang dianggap telah menjiplak quotes luar negeri lalu diterjemahkan ke bahasa Indonesia

quote yang diterjemahkan via twitter.com

Pada tahun 2016 lalu, publik memang sempat dikejutkan dengan kabar plagiat yang dilakukan oleh Mario Teguh. Bisa dikatakan, saat itu namanya tengah naik daun. Entah siapa yang mulai iseng mencari, ternyata beberapa quotes yang diklaim Mario Teguh sebagai miliknya ternyata sangat mirip dengan quotes penulis atau orang-orang populer di luar negeri. Hanya saja, Mario Teguh menerjemahkan quotes tersebut ke dalam bahasa Indonesia lalu memberikan kredit atas namanya sendiri.

Nggak cuma soal dirinya yang dulu juga pernah melakukan hal yang sama, Mario Teguh juga diingatkan soal mengakui Kiswinar

disuruh mengakui Kiswinar via www.instagram.com

Tapi justru bukan tentang penjiplakan yang sama yang pernah dilakukan Mario Teguh, melainkan permasalahan tentang hubungannya dengan Kiswinar, sang anak yang sempat nggak diakui oleh Mario Teguh. Beberapa warganet mengingatkan agar sebelum meminta kutipannya diakui oleh orang lain, alangkah lebih baik jika Mario Teguh mengakui anaknya terlebih dahulu. Nggak sedikit warganet yang menyindir tentang masalah ini.

wishmeluckyday: @marioteguh lah bapak bukanya sering nyomot postingan orang lain tp ga ksh credit dr mana? Mending ngakuin @kiswinar anak dlu pak de pada ngakuin postingan orang.

Nggak disangka, sang anak yang sempat berjuang untuk mendapat pengakuan dari Mario Teguh bahwa ia adalah darah daging sang motivator, juga ikut berkomentar. Meski sangat singkat, mungkin beliau khilaf., malah membuat kejadian ini semakin ramai diperbincangkan. Respons yang sangat santai dari Kiswinar tersebut membuat warganet penasaran dengan apa yang dirasakannya.

Sebenarnya apa yang dituliskan oleh admin media sosial Mario Teguh nggak salah kok. Memang benar bahwa setiap quotes atau kutipan yang diambil harus menyertakan sumbernya. Hanya saja, yang mengingatkan justru juga melakukan hal yang sama di masa lalu. Bisa jadi, admin medsos Mario Teguh hanya pengen mengingatkan kalau hal yang sama jangan sampai terjadi lagi, bener nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya