Mengenang Masa Kejayaan Radio Sebagai Sumber Utama Hiburan. Bikin Kangen!

Radio pernah jadi salah satu media massa yang populer berkat beberapa program acaranya yang sangat menghibur di kalangan pendengarnya. Nggak hanya sebagai platform untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru, radio juga menjadi tempat untuk mendengar cerita-cerita menarik dari bintang tamu dan penyiar radio. Selain itu, para pendengar juga bisa mendapatkan beragam informasi terkini.

Advertisement

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang beralih dari radio ke platfrom streaming musik terbaru. Tetapi, radio juga masih eksis lo sampai sekarang. Nah, buat kamu yang masa kecil atau remajanya lekat dengan radio, yuk kita flashback sekalian nostalgia kenangan ke era momen kejayaan radio beberapa tahun silam!

1. Sebelum ada aplikasi streaming musik, radio jadi tempat favorit semua kalangan untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru. Bahkan, bisa request lagu juga!

Rekues lagu di radio | Photo by Eric Nopanen on Unsplash

Beberapa tahun silam, radio masih menjadi salah satu sumber hiburan favorit di kalangan masyarakat. Kamu bisa memutar lagu-lagu kesukaanmu melalui radio tape, ponsel ataupun radio yang terdapat di dalam kendaraan. Banyak saluran yang bisa dipilih dan biasanya setiap saluran memiliki genre musiknya tersendiri. Ada saluran radio yang memutar lagu-lagu klasik dan ada juga yang memutar lagu-lagu terbaru.

Nggak cuma menunggu lagu kesukaan kita diputar oleh penyiar, pendengar juga bisa request lagu yang nantinya akan diputar oleh penyiar radio. Momen saat lagu yang kita request diputar tuh sensasinya beda banget! Dijamin bisa melonjak kegirangan. Siapa nih yang begini juga dulu?

Advertisement

2. Kalau saat ini banyak yang mendengarkan cerita horor dari podcast, zaman dulu cerita horor di radio selalu ditunggu-tunggu

Cerita horor di radio | Photo by cottonbro from Pexels

Karena nggak menyediakan visualiasasi, mendengarkan radio jadi punya kesan tersendiri yang memicu imajinasi kita untuk membayangkan cerita-cerita yang disajikan oleh para penyiar. Salah satunya, segmen cerita horor yang sering bersliweran di beberapa stasiun radio setiap malam Jumat. Segmen mistis ini biasanya dimulai pukul 10 malam dan cerita yang disajikan bikin merinding banget!

Padahal kita nggak lihat gambarnya, tapi tetap aja bisa bikin jantungan dan parno kalau abis mendengarkan cerita horor di radio. Walaupun takut, cerita horor tetap jadi segmen favorit para pendengar setia radio zaman dulu.

3. Nggak cuma mendengarkan lagu dan cerita horor, radio juga jadi tempat favorit bagi para secret admirer buat kirim salam~

Jadi ajang kirim salam | Photo by George Milton from Pexels

Advertisement

Kamu pasti sudah familier kan dengan beragam akun confess yang kerap bermunculan di media sosial? Biasanya akun ini digunakan sebagai wadah untuk bertanya atau meluapkan apa pun tanpa diketahui identitasnya. Sama seperti akun confess yang ramai saat ini, radio juga pernah jadi media favorit bagi para pemuja rahasia untuk mengirimkan salam kepada orang yang disukainya.

Biasanya saat mengirim pesan atau sambungan telepon ke penyiar, si pengirim salam bakal menggunakan anonim atau nama samaran supaya identitas aslinya nggak ketahuan. Percaya deh, dulu segmen kirim-kirim salam ini seru banget! Hayo, siapa nih yang dulu sering ngirim salam buat doi juga?

4. Kalau lagi dalam perjalanan, rasanya kurang lengkap kalau nggak mendengarkan radio. Tinggal pilih saluran favorit, perjalanan bakal lebih menyenangkan~

Jadi teman perjalanan | Photo by Mike from Pexels

Kembali lagi soal kemajuan teknologi saat ini yang memungkinkan kita untuk mendengarkan musik dari beragam platform streaming. Zaman dulu, radio menjadi andalan karena kita bisa memutar musik kapanpun dan di mana pun. Terutama, saat kita sedang dalam perjalanan jauh dan mengalami kendala sinyal ponsel yang melemah sehingga sulit untuk bertukar pesan.

Sementara media sosial belum semasif saat ini, mendengarkan radio jadi pilihan yang tepat untuk killing time sambil menikmati pemandangan di perjalanan~

5. Terakhir, kita juga bisa mendapatkan informasi seputar lalu lintas dan berita terkini. Pokoknya satu paket lengkap deh!

Sumber informasi terkini | Photo by Jacob Hodgson on Unsplash

Nggak cuma jadi ladang hiburan, para pendengar juga bisa mendapatkan beragam informasi terkini seputar lalu lintas, ekonomi hingga politik dengan suara renyah khas penyiar radio. Dijamin nggak bikin sakit telinga karena biasanya suara penyiar radio terkenal ‘enak’ didengar. Paket lengkap banget kan?

Meski saat ini sudah banyak platform yang menunjang para penikmat musik untuk mendengarkan beragam lagu dan genre, radio tetap memiliki tempat tersendiri bagi pendengarnya. Kira-kira siapa nih yang masih sering mendengarkan radio?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE