4 Kelakuan Anak Sekolah Ketika Pelajaran Komputer Tiba. Salah Satu Mata Pelajaran Favorit Bukan?

Mata pelajaran komputer

Setiap murid punya pelajaran yang paling nggak disukai. Ketika ditanya, rata-rata mereka akan menjawab mata pelajaran Matematika. Fenomena ini membuktikan bahwa nggak banyak orang suka menghitung. Maka nggak heran kalau orang tua selalu bangga kalau anaknya pintar matematika, sebab nggak banyak yang bisa~

Advertisement

Lain cerita ketika kita ngomongin soal pelajaran yang disuka. Salah besar jika menyebut olahraga sebagai mata pelajaran favorit. Mata pelajaran olahraga memang banyak disukai murid, tapi kebanyakan dari mereka adalah laki-laki. Mata pelajaran favorit murid-murid itu sejatinya adalah TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi). Nggak percaya? Coba deh inget bagaimana kelakuanmu dan teman-temanmu saat pelajaran komputer tiba.

1. Cuma di pelajaran TIK-lah murid-murid berebut untuk masuk laboratorium komputer duluan. Bener nggak?

Eh, tembok ijo~ via smpn234.sch.id

TIK adalah mata pelajaran favorit anak sekolah. Buktinya bisa dilihat sendiri dari antusiasme teman-temanmu ketika mata pelajaran itu tiba. Dari yang tadinya nggak lesu berubah jadi semringah. Yang ketiduran di kelas seketika bangkit dan semangat. Mereka sampai rela berduel dengan teman-temannya untuk bisa duluan masuk ke dalam laboratorium komputer. Kelakuanmu begini juga, kan?

2. Motivasi berangkat lebih dulu adalah pengin dapat komputer yang paling enak. Datang belakangan mah dapat yang super lemot! πŸ˜€

Cari komputer paling enak. via www.smasa-magetan.sch.id

Semangat yang terpancar dari murid-murid di jam pelajaran TIK nggak bisa diragukan lagi. Semangat yang dilandasi motif pengin dapat komputer terenak. Laboratorium komputer sekolah bukan warnet yang semua komputernya bagus dan bisa komplain kalau bermasalah. Komputer yang bagus biasanya ditempatkana di depan. Semakin posisinya ke belakang, maka biasanya semakin ampas kualitasnya.

Advertisement

Ada aja masalahnya; mouse-nya macetlah, layarnya buluk, hingga keyboard udah hilang hurufnya. Kadang pengin komplain, tapi biasanya cuma disuruh pindah tempat, nggak dibenerin. πŸ˜€

3. Ada juga yang bodo amat sama komputer, yang penting bisa dapat tempat yang paling nyaman

Ruangannya nyaman. via yartaqi.sch.id

Bagi murid, belajar di laboratorium komputer itu ibarat piknik. Dari kelas yang gerah dan berdebu pindah ke ruangan yang terang, bersih, berkarpet, dan yang paling penting ber-AC. Ada murid yang peduli dengan kualitas komputer, ada yang cuma peduli sama tempat. Mereka masuk duluan ke lab cuma buat mengakuisisi tempat ternyaman. Posisi yang paling disukai biasanya di belakang dan tepat di bawah AC. Ada yang cuma pengin ngadem, ada yang pengin ngelanjutin tidur. πŸ˜€

4. Seru banget kalau pas gurunya ada rapat mendadak. Semua pada kumpul di belakang nonton film rame-rame

Advertisement

Paling belakang biasanya nonton~ via www.bernas.id

Kapan lagi dengerin pelajaran di ruangan yang adem dan bisa berselancar di internet di jam sekolah? Banyak hiburan yang bisa dilihat. Saat guru menerangkan, ada yang nyolong-nyolong buka YouTube, Twitter, dan Facebook. Yang begini biasanya jadi orang paling ribet pas dikasih tugas. Yang lain ngerjain, dia sibuk minta diajarin.

Yang paling seru itu momen ketika guru TIK mendadak ada rapat. Kelas dikasih tugas; yang ngerjain cuma satu-dua orang, sisanya nonton film ramai-ramai di kursi paling belakang. Kadang juga sampai pakai proyektor biar kayak bioskop. Dan ketika gurunya masuk lagi, semua bingung. πŸ˜€

Bukan pelajaran olahraga yang jadi favorit anak sekolah, melainkan mata pelajaran TIK. Pelajaran yang jadi hiburan saat murid pusing dengan tugas-tugas pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Didukung dengan ruangan dan fasilitas komputer, belajar jadi terasa nyaman. Kalau bingung sama materi, tinggal googling. Kalau bosen, tinggal buka YouTube. Kalau gurunya keluar, nonton film rame-rame. Bahagiaaa~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE