Begini Rasanya Melewati Lebaran Tanpa Kakek dan Nenek. Jadi Kangen :(

Kakek dan nenek jadi sosok alasan mengapa keluarga besar mesti berkumpul saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Itulah mengapa mudik jadi salah satu momen yang dinantikan oleh banyak orang saat Lebaran. Ada banyak momen yang tak terlupakan saat kumpul bersama kakek dan nenek ketika Lebaran, apalagi buat para cucu nih yang paling ditunggu dari kakek dan nenek adalah angpao.

Advertisement

Keceriaan serta kebahagiaan saat berkumpul di rumah kakek dan nenek memang betul-betul harus dinikmati sebelum mereka tiada. Hal ini karena kebanyakan sanak saudara jarang lagi kumpul saat Lebaran jika kakek dan nenek telah tiada karena merasa sudah tidak ada yang perlu dijenguk. Kira-kira beginilah momen yang bakal terjadi jika Lebaran sudah tidak ada kakek dan nenek lagi.

1. Kehilangan momen sakral sungkeman

Sungkeman

Momen yang terjadi saat Lebaran tak ada kakek dan nenek

Prosesi sungkeman biasanya dilakukan di keluarga besar saat tengah merayakan Lebaran di rumah kakek dan nenek. Momen sungkeman ini jadi momen yang paling sakral saat seluruh sanak saudara memohon maaf serta memohon doa restu pada kakek dan nenek. Tak jarang di momen ini air mata pun tumpah.

2. Tak bisa lagi menikmati makanan masakan nenek

Masakan nenek

Momen yang terjadi saat Lebaran tak ada kakek dan nenek | Foto oleh Alex Green dari Pexels

Meski ada banyak makanan Lebaran yang dibawa oleh sanak saudara sebagai buah tangan, tetapi masakan khas nenek tentu tidak ada duanya. Meskipun masakannya sederhana, tapi racikan bumbunya selalu sukses bikin kangen.

Advertisement

3. Anggota di foto keluarga bakal berkurang

Foto bersama nenek

Momen yang terjadi saat Lebaran tak ada kakek dan nenek | Foto oleh Askar Abayev dari Pexels

Setelah selesai melakukan sungkeman, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Biasanya, kakek dan nenek duduk di tengah-tengah antara semua anak dan cucunya. Saat nenek dan kakek sudah tiada, nggak ada lagi raut wajah bahagia mereka di foto keluarga saat Lebaran.

4. Jarang bertemu dengan keluarga besar

Keluarga

Momen yang terjadi saat Lebaran tak ada kakek dan nenek | Foto oleh Monstera dari Pexels

Momen Lebaran dengan kakek dan nenek sekaligus jadi ajang berkumpulnya seluruh keluarga besar di rumah kakek dan nenek. Hal ini karena semua sanak saudara berniat menjenguk kakek dan nenek bersama-sama saat Lebaran. Namun, jika kakek dan nenek telah tiada, biasanya momen kumpul keluarga pun sudah jarang terjadi.

5. Cucu-cucu pun sudah tidak mendapat uang lebaran dari kakek dan nenek

Angpao lebaran dari nenek

Momen yang terjadi saat Lebaran tak ada kakek dan nenek | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Advertisement

Salah satu hal yang dinantikan para cucu di momen Lebaran bersama kakek dan nenek adalah uang lebaran. Jika kakek dan nenek telah tiada, momen berkesan ini pun tak akan lagi dirasakan oleh para cucu.

Momen mana yang kalian rindukan saat Lebaran bersama kakek dan nenek? Jangan sia-siakan waktu kalian saat Lebaran bersama kakek dan nenek ya, karena momen di atas bakal bikin kamu sedih usai kakek dan nenek telah tiada.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE