Selain pertanyaan ayam sama telur duluan mana, pertanyaan soal kenapa makanan jadi ngga enak kalau dibungkus juga jadi misteri yang tak pernah terpecahkan. Makanan di warung atau restauran emang selalu terlihat menggiurkan. Jadi ketika kamu nggak punya banyak waktu, kamu pun berpikiran untuk bungkus makanannya aja.

Kamu pun sudah membayangkan nanti di rumah bisa makan enak, seenak kalau makan di restauran. Pas uda sampai rumah, kamu pun nggak sabar buat makannya. Tapi apa daya, rasa makanannya ternyata lumayan beda jauh kayak yang biasa kamu makan di tempatnya langsung. Kamu pun mulai bertanya-tanya, ada apa gerangan dengan perubahan rasa makanan yang dibungkus ini.

Hipwee sebenernya juga nggak tahu pasti sih alasannya kenapa. Tapi daripada penasaran, Hipwee pun mencoba menerka-nerka apa alasan makanan yang dibungkus itu jadi nggak enak.

1. Ada jenis makanan yang memang cuma enak kalau langsung dimakan. Kalau dibungkus dulu akan mengurangi level kelezatannya.

makan soto enaknya langsung pas masih panas via www.jayanjayan.com

Alasan pertama yang paling logis adalah ada beberapa jenis makanan yang emang enak kalau langsung dimakan setelah disajikan. Ya sebenarnya bisa sih dibungkus, tapi akan menurunkan level kelezatannya berpuluh-puluh kali lipat.

Advertisement

Makanan yang Hipwee maksud adalah makanan sejenis soto, yang emang lebih enak kalau dimakan pas masih panas. Atau es campur yang esnya masih belum cair dan nyatu sama kuah. Jadi kalau kamu mengagungkan kualitas rasa makanan-makanan seperti ini, mending nggak usah dibungkus deh.

2. Makan langsung di tempat memberikanmu suasana yang berbeda, jadi makanan jadi kerasa enak aja. Makan dibungkus sih ujung-ujungnya makan sendirian di rumah atau kosan.

makan….makan sendiri via www.asalasah.com

Kalau makannya dibungkus, kamu pasti cuma akan makan di kos sendirian apalagi kalau kamu jomblo. Mau seenak apapun makanannya, makan sendiri juga tetap akan kerasa nggak enak. Beda kalau kamu makan langsung di tempatnya. Walaupun perginya sendiri, setidaknya pas nyampe warung atau restaurannya kamu nggak sendiri. Lumayanlah untuk mengobati kesendirianmu.

3. Kamu cuma bisa pasrah dan nggak bisa protes kalau makanan yang kamu bungkus ternyata nggak enak.

hiks…makanannya nggak enak 🙁 via theconversation.com

Namanya juga makanan yang dibungkus, kamu baru bisa ngerasain begitu uda sampe rumah. Kalau makanannya masih lumayan enak walaupun kalau dibungkus nggak seenak makan di tempat, kamu masih bisa maklum lah. Tapi kalau nggak enaknya double, kamu rasanya pengen nangis aja di pojokan. Mau protes juga nggak bisa.

4. Kalau kamu pecinta makanan pedas, makan di tempat artinya kamu bisa nambah sambel seenaknya. Kalau dibungkus cuma dikasih sambel seiprit.

makan sambel sepuasnya via www.infonitas.com

Kalau kamu pecinta sambel, makan di tempat tentunya jadi kesempatan kamu buat minta sambel sebanyak-banyaknya. Nggak tahu kenapa, penjual makanan tiba-tiba jadi pelit banget ngasih sambel kalau makanannya dibungkus.

5. Ada juga beberapa tempat makan yang kasih promo diskon buat mereka yang langsung makan di tempat. Ya siapa sih yang nggak mau diskon.

horeeeee… dapet diskon! via www.tripadvisor.co.uk

Udahlah kalau ngomongin diskon, siapa sih yang nggak mau. Apapun pasti akan dilakukan biar dapat diskon, atau kalau perlu gratiiiissssss.

6. Bungkus makanan juga kadang harganya bisa lebih mahal dibandingkan makan di tempat, karena ada biaya tambahan untuk wadah makanannya.

bungkus nambah Rp1000 via www.gardenmatrial.com

Selain jarang dapat diskon, makan dibungkus juga memungkinkanmu untuk membayar biaya tambahan untuk pembungkus makanannya. Maunya sih hemat, tapi ujung-ujungnya tekor juga. Walaupun nambahnya cuma Rp1000 atau Rp2 ribu doang, tapi coba dikalikan jumlah makanan yang kamu beli. Bakal habis banyak juga sih. Karena malah lebih mahal, makannya pun jadi kerasa nggak enak.

7. Beberapa jenis makanan ada yang memang nggak bisa dibungkus. Jadi yaudah nggak usah maksa buat dibungkus, daripada bingung makannya.

kalau kayak gini gimana bungkusnya coba via www.meetup.com

yakin mau dibungkus? via zonamakan.blogspot.co.id

Semoga alasan-alasan yang Hipwee kasih ini bisa sedikit menghilangkan penasaranmu atas misteri yang tak terpecahkan ini yaaa..