Publik Korea dan juga para pecinta drama Korea di seluruh dunia sedang terhipnotis oleh kemampuan aktris cilik pendatang baru, Heo Jung Eun. Namanya makin tenar sejak bermain bersama Park Bo Gum dan belakangan mendapatkan anugerah aktris cilik terbaik dari KBS Drama Awards 2016 untuk aktingnya di Oh My Geum Bi dan dua drama lainnya. Jung Eun yang lahir pada tahun 2007 lalu sudah mampu menghafal line-line panjang di setiap drama yang ia mainkan. Ekspresinya pun begitu apik untuk setiap adegan, baik yang sedih maupun ceria.

Heo Jung Eun via viki.com

Kecerdasan Heo Jung Eun dalam berakting mengingatkan kita pada film dan sinetron yang dibintangi para aktris cilik di tahun 90-an. Kemampuan akting “anak-anak ajaib” ini begitu mengagumkan tanpa perlu menjadi sosok yang sok dewasa seperti aktris cilik jaman sekarang. Siapa saja mereka? Kamu pasti kenal dekat dengan sosoknya!

1. Anak ajaib asli! Joshua Suherman tak hanya pandai berakting, ia pun mahir bernyayi dan membawakan acara. Benar-benar punya sejuta talenta!

Joshua via bintang.com

Jojo, panggilan akrab Joshua, dilahirkan di Surabaya, 3 November 1992 (24 tahun). Ia aktif di dunia hiburan sejak 1996, bermula dari album Cit Cit Cuit. Karirnya mulai menanjak sejak merilis lagu “Air” atau “Diobok-obok”. Suaranya yang ciamik dan lagu-lagunya yang asyik membuat Jojo punya banyak fans. Ia pun menelurkan album-album berikutnya seperti “Kapal Terbang”, “Donat”, “Air”, “Doa Pagi Hari”, “Lonjak-Lonjak”, dan “Jangan Tidur”. Nggak cuma nyanyi, kemampuan akting Jojo pun nggak kalah dari Jung Eun. Ia bahkan sudah mulai berakting di usia yang jauh lebih muda melalui sinetron Abad 21 (1997) dan selanjutnya ia membintangi beberapa judul sinetron seperti Air Mata Ibu (1998), Natal Putih (1998), Indera Keenam, Anak Ajaib (2000), Arung Dan Si Kaya serta juga film fenomenal Joshua Oh Joshua (2001) dan Petualangan 100 Jam (2004).

2. Pemeran “Indah Kecil” di sinetron Tersanjung, Mega Utami , yang kini sudah lulus dari UI dan jadi dokter. Keren lah!

Advertisement

Mega Utami via bintang.com

Kabarnya gadis kelahiran Solo, 2 April 1992 (24 tahun) ini juga sedang menempuh pendidikan magister di Sekolah Pascasarjana jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat sekarang. Ia yang sudah aktif menjadi artis sejak tahun 1997 ini sudah benar-benar meninggalkan dunia hiburan. Ia dikenal memiliki kemampuan akting yang luar biasa melalui sinetron Tersanjung dan film Joshua Oh Joshua. Masih ingat ‘kan sepanjang apa lamanya sinetron Tersanjung?

3. Sosok yang sama cerianya dengan Jung Eun, Shafa Tasya Kamila juga punya kemampuan akting yang tak kalah bagusnya

Tasya Kamila via liputan6.com

Tasya populer sejak membintangi iklan Pepsodent pada tahun 1997. Artis kelahiran Jakarta, 22 November 1992 dan alumni FE UI ini kemudian makin terkenal saat meluncurkan album Libur Telah Tiba pada tahun 2000. Kesuksesannya di dunia tarik suara tak surut dengan karya-karyanya yang selalu segar dalam album Gembira Berkumpul (2001), Ketupat Lebaran (2002), Istana Pizza (2003), dan The Very Best of Tasya (2005). Ia pun dikenal punya kemampuan akting yang mumpuni melalui sejumlah sinetron yang dibintanginya seperti  Takdir,  Matahariku, dan Jangan Menangis Adinda.

4. Siapa yang dulu nggak nge-fans sama Lala yang ada di sinetron Bidadari? Marshanda memang membuat karakter ini jadi sangat menarik waktu itu

marshanda via youtube.com

Marshanda membintangi sinetron Bidadari saat berusia 12 tahun dan aktingnya sangat luar biasa. Ia mulai terkenal dan membintangi sejumlah iklan berkat perannya di sinetron ini. Berntungnya, sinetron Bidadari memiliki umur yang cukup panjang, yakni tayang selama dua tahun dari 2001 sampai 2002. Selanjutnya Caca, sapaan akrab Marshanda, juga ikut terlibat dalam film dan juga terjun ke dunia tarik suara. Ia sempat mendapatkan penghargaan The Most Brillian Person pada Asian Award pada tahun 2004. Semoga bisa sekeren dulu ya Kak Caca!

5. Menjadi awal kebangkitan film Indonesia, Petualangan Sherina jadi bukti kemampuan akting Sherina Munaf memang mengagumkan

Sherina Munaf via ruangracau.wordpress.com

Pemilik album Andai Aku Besar Nanti ini sudah terkenal sejak album itu diluncurkan tahun 1999 ketika usianya baru 9 tahun. Gadis asal Bandung  ini dikenal kemahirannya dalam berakting dari film bertajuk Petualangan Sherina yang ditayangkan pada tahun 2000 yang diperankannya bersama Derby Romero. Sherina kemudian membintangi film berjudul My Life pada tahun 2002 dan kemudian memilih berkarier di dunia tarik suara. Kini ia lebih sibuk mengurus pendidikannya dan sedikit mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan.

6. Masih ingat Si Saprol, Muhammad Dwiky Riza, dari Kiamat Sudah Dekat? Kangen ya sama aktingnya yang lucu-lucu nyebelin

Muhammad Dwiky Riza via brilio.net

Kiamat Sudah Dekat digarap saat Dwiky Riza berusia 11 tahun, tepatnya pada tahun 2003. Usianya yang masih sangat muda waktu itu sama sekali tidak mengurangi profesionalitasnya dalam berakting. Ia bahkan terus mendapatkan tawaran untuk bermain di film lain seperti Ketika (2004) dan Janji Joni (2005). Kini, lulusan Teknik Perminyakan STT Migas Balikpapan ini sudah non aktif dari dunia hiburan.

7. Kocaknya “Kipli” Sakurta Harapen Ginting pasti belum bisa kamu lupain sampai sekarang. Benar-benar menghibur semua orang.

Sakurta Ginting via tribunnews.com

Mendapatkan peran lucu dan konyol, Sakurta Ginting beradu akting dengan Dwiky Riza di Kiamat Sudah Dekat dan mulai populer di dunia perfilman. Ia membintangi sejumlah film usai selesai dengan proyek Kiamat Sudah Dekat. Kini, aktor kelahiran Jakarta 18 April 1995 ini sedang menempuh kuliahnya di UI jurusan Kesehatan Masyarakat.

8. Menemani bulan puasa kita dari tahun 1999, ini dia sosok “Zidan” Jourast Jordy yang selalu menemani Pak Haji

Jourast Jordy via brilio.net

“Zidan siap? pak haji siap?….” adegan ini mungkin masih teringat jelas di memorimu. Wajar saja, sinetron Lorong Waktu memang selalu hadir menemani kita sejak tahun 1999 sampai tahun 2006. dan Jourast Jordy dengan setia membintangi peran Zidan walaupun akhirnya sempat digantikan di episode-episode ujung. Jourast Jordy aktif di dunia akting sejak tahun 1999 dan kini ia memilih fokus menuntaskan pendidikan di FE Universitas Trisakti. Kapan main sinetron lagi, Mas?

Tuh, nggak cuma Korea saja yang punya aktor dan aktris kecil berbakat. Kamu sebagai generasi 90-an juga pasti banyak terhibur dengan kiprah delapan sosok di atas. Nggak nyangka deh mereka kini sudah tumbuh dewasa bersama-sama dengan kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya