Minyak Goreng Langka, ini Tips Berburu Barangnya. Nggak Perlu Sampai Nimbun!

Selain bikin repot orang lain, menimbun minyak goreng juga nggak punya akhlak~

Akhir-akhir ini keadaan ekonomi dan ketersediaan kebutuhan pokok di masyarakat cukup mengkhawatirkan. Bayangkan saja, kini masyarakat sudah mulai merasakan betapa kebutuhan minyak goreng mendadak langka. Jikalau ada, harga minyak goreng bisa berkali-kali lipat dari harga normal.

Advertisement

Kelangkaan minyak goreng ini terjadi bukan tanpa sebab. Menurut para ahli, kelangkaan minyak goreng dan naiknya harga terjadi karena banyaknya penimbun barang. Selain itu, masyarakat yang melakukan panic buying karena informasi-informasi mengenai mahalnya minyak goreng membuat barang satu ini melangka.

Karena alasan tersebut, Hipwee Hiburan mencoba untuk memberikan tips dan solusi untuk kamu yang ingin berburu minyak goreng berharga normal. Tentu saja tips ini nggak mengharuskan kamu menimbun barang. Emang apa aja sih? Yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

1. Minta informasi kedatangan stok barang dari penjaga parkir atau pegawai minimarket

Minimarket minyak goreng

Informasi dari tukang parkir/Credit: Detik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk berburu minyak goreng adalah mencari informasi. Orang yang paling tepat untuk mendapatkan informasi adalah penjaga parkir minimarket atau bahkan para pegawai minimarketnya sendiri. Jalin komunikasi dengan baik dan meminta mereka memberitahu waktu yang tepat untuk belanja.

Advertisement

Penjaga parkir sendiri bakal tahu info lebih soal minyak goreng karena ia bekerja di minimarket dan mengatur lalu lintas kendaraan di tempat tersebut. Dia akan tahu kapan stok minyak goreng datang ke minimarket tersebut lebih dulu dari siapapun. Ini cara yang bisa kamu praktikan.

2. Gabung dengan grup WhatsApp atau sosial media ibu-ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga

Grup WA Ibu-ibu/Credit: Unsplash

Jika kamu terlalu malu untuk berkomunikasi dengan penjaga parkir, coba untuk lebih memperhatikan grup WhatsApp atau grup sosial media yang berisi ibu-ibu rumah tangga. Kamu bakal mendapatkan informasi mengenai minyak goreng berharga murah dengan cepat.

Seperti kita tahu, ibu-ibu adalah orang yang paling up to date jika bicara mengenai kebutuhan pokok sehari-hari. Mereka biasanya saling berkomunikasi dan mengajak ibu-ibu lain untuk mencari minyak goreng bersama-sama. Mereka juga biasanya rajin mencari di berbagai tempat dari mulai pasar swalayan, mini market dan tempat lain.

Advertisement

3. Coba mencari di pasar-pasar tradisional

Minyak goreng di pasar tradisional

Cari di pasar tradisional/Credit: IDXChannel

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, kadang pikiran kita terlalu terpaku pada hal-hal yang modern. Misalnya, kita lebih memilih berbelanja di tempat-tempat yang modern seperti pasar swalayan atau mini market. Padahal kedua tempat tersebut kerap kali kehabisan stok barang karena permintaan yang besar.

Nah jika semua orang berpikiran demikian, kita harus bisa berpikir terbalik. Coba untuk mencari minyak goreng di pasar-pasar tradisional. Seperti kita tahu, hari ini jarang sekali orang-orang khususnya anak-anak muda atau pasangan yang baru menikah berbelanja di pasar tradisional.

Pasar tradisional biasanya punya stok barang yang langka di pasar swalayan. Umumnya, orang-orang akan pergi ke pasar tradisional pada dini hari atau pagi hari. Sebab, barang-barang baru dan stok masih pedagang masih melimpah saat pagi hari. Coba deh main-main ke pasar tradisional di daerah kalian.

4. Gunakan teknologi digital dan berburu minyak goreng berharga murah di situs-situs belanja online

belanja online

Belanja Online minyak goreng/Credit: The Jakarta Post

Jika pergi ke pasar tradisional nggak membuahkan hasil, kamu juga harus memanfaatkan teknologi digital hari ini. Sekarang ada banyak sekali situs e-commerce yang menyediakan kebutuhanpokok seperti minyak goreng. Selalu pantau stok minyak goreng di e-commerce dan usahakan membeli di harga normal dan nggak berlebihan.

Selain di situs-situs e-commerce, kita juga bisa mendapatkan minyak goreng di akun-akun Instagram penjuak barang-barang pokok. Biasanya mereka menjual barang-barang seperti sayur, daging, beras sampai minyak di sosial media. Cari penjual-penjual tersebut di berbagai media sosial mulai dari Facebook sampai dengan Instagram.

Nah itu dia beberapa tips dan trik buat kamu berburu minyak goreng yang sedang langka hari ini. Sebenarnya, kita bisa menghindari kelangkaan kalau kita berhenti untuk melakukan panic buying dan menimbun barang-barang untuk sendiri. Selalu ingat untuk membeli secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE