Misteri Bunyi Tiang Listrik Tiap Jam 2 Pagi. Sebuah Culture Shock bagi Anak Kompleks Mewah~

Misteri tiang listrik

Nggak dimungkiri lagi, masyarakat kita terkenal dengan berbagai macam budaya unik yang tersebar di setiap daerah. Baik di kota-kota besar, pinggiran, perkampungan, hingga kawasan pelosok. Salah satunya yang bisa dibilang unik dan mungkin nggak akan bisa ditemukan di negara lainnya adalah fenomena bunyi tiang listrik di pinggir jalan yang biasanya akan terdengar saat tengah malam atau setiap menjelang pagi.

Advertisement

Bagi sebagian orang, hal tersebut bisa menjadi sebuah culture shock, apalagi buat orang-orang yang belum pernah menemukan fenomena unik ini. Ada yang menanggapinya dengan parno karena mengira suara tersebut berasal dari makhluk halus, tapi ada yang malah lebih tenang tidurnya setelah mendengar suara tersebut. Begini misteri suara ketukan tiang listrik yang kerap kita dengar saat tengah malam atau menjelang pagi.

Bagi yang belum pernah dengar, bisa jadi hal ini dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan. Lagipula siapa juga yang kepikiran setiap jam 2 pagi ada yang mukul tiang listrik?

Ilustrasi tiang listrik / Credit: Momenriau

Wajar kalau ada sebagian orang yang takut setelah mendengar suara legendaris ini saat tengah malam. Pasalnya, suara yang satu ini sebenarnya sudah ngetren sejak puluhan tahun silam, namun sekarang memang nggak seperti dulu. Jadi, nggak semua daerah di Indonesia saat ini bisa dengan mudah menemukan fenomena unik tersebut.

Lagipula siapa yang kepikiran kalau di jam-jamnya orang istirahat tersebut mendadak ada yang iseng mukulin tiang listrik? Apalagi kalau rumahmu berada di pinggir jalan dan di dekat tiang listrik, pasti kebayang banget gimana nyaring dan melengkingnya besi setinggi itu dipukul pakai batu atau alat-alat tertentu. Itulah kenapa fenomena suara tiang listrik ini bisa menjadi kekagetan budaya bagi sebagian orang, terlebih warga pendatang yang sebelumnya terbiasa hidup di kota besar.

Advertisement

Rupanya, hal tersebut memang banyak terjadi di sebagian daerah di Indonesia. Bunyi itu adalah tanda dari orang-orang yang lagi jaga ronda kalau mereka udah patroli di kawasan tersebut

Benda penuh misteri / Credit: Matalensa

Bukan sekadar iseng belaka, bunyi ketukan tiang listrik yang biasa kita dengar setiap tengah malam itu biasanya berasal dari orang-orang yang lagi tugas ronda menjaga kompleks atau kampung. Nah, kalau kamu tinggal di daerah yang rawan kejahatan, biasanya setiap malam nggak akan terlewatkan untuk mendengar suara yang satu ini.

Ketukan ini pun ada artinya lo, meski nggak semua daerah punya kode yang sama sih. Tapi, kode yang paling umum digunakan adalah ketukan secara berkali-kali dengan ritme yang tenang artinya para petugas ronda udah melakukan patroli di tempat itu, ketukan dua kali artinya daerah tersebut aman, ketuka 3-4 kali artinya kita diminta siaga karena ada orang mencurigakan, dan yang terakhir adalah ketukan berkali-kali dengan ritme yang cepat berarti sudah ada orang jahat yang ketahuan akan melancarkan aksinya di tempat itu.

Tapi, kabarnya sih kalau bunyinya setelah jam 2 pagi sih bukan orang ronda lagi yang mukulin tiang listriknya

Advertisement

Misteri tiang listrik / Credit: Suez

Meski suara ketukan tersebut memang biasa berasal dari orang-orang yang lagi jaga ronda, ada kepercayaan tersendiri yang beredar di masyarakat luas lo. Kita semua tahu bahwa ketukan itu seringnya terdengar mulai pukul 12 malam hingga pukul 2 pagi. Nah, terlepas dari rentang waktu tersebut, artinya ketika suara tiang listriknya terdengar setelah pukul 2 pagi itu tandanya bukan orang ronda lagi yang membunyikannya.

Banyak yang percaya kalau suara yang melebihi jam-jam tersebut berasal dari makhluk halus. Nggak cuma banyak dipercaya di pelosok ataupun perkampungan, bahkan orang kota pun banyak yang percaya dengan cerita ini. Entahlah~

Nah, buat kamu yang sempat ketakutan karena mungkin baru pertama kali mendengar, mulai sekarang nggak perlu takut lagi. Suara itu seharusnya bikin tidur kita semakin nyenyak karena tempat tinggal kita dijaga oleh masyarakat sekitar. Hehe. 😀

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE