5 Momen Paling Sulit dan Bikin Panik Sopir Pemula. Rasa-Rasanya Udah di Neraka Banget Ini Mah!

Momen sulit sopir pemula

Zaman sekarang, kemampuan menyetir mobil menjadi salah satu hal penting yang memang harus dikuasai oleh orang-orang. Entah itu tujuannya hanya untuk pribadi maupun pekerjaan, faktanya skill yang satu ini sekarang banyak dibutuhkan. Masalahnya, belajar menyetir mobil itu bukan perkara mudah dan sisimpel mengendarai sepeda motor. Kita harus lebih banyak menyesuaikan antara ukuran mobil dan jalanan yang hendak dilalui.

Advertisement

Belum lagi ditambah dengan serba-serbi tombol operasi dan teknik-teknik rumit yang juga nggak boleh dilewatkan. Bagi mereka yang sudah terbiasa setidaknya melihat dan memperhatikan orang lain menyetir mobil sih nggak masalah. Tapi bagi orang-orang yang belum pernah, persoalan ini bisa jadi sesuatu yang membingungkan. Makanya nggak heran jika belajar mengendarai mobil itu harus diulang berkali-kali dengan berbagai tantangan biar lebih lancar. Nah, sebagai sopir pemula, tentu kamu sepakat bahwa situasi di bawah ini merupakan momen-momen paling menyebalkan.

1. Pakai mobil dengan transmisi manual dan mendapat situasi macet serta padat merayap di area tanjakan. Auto panik ini mah rasanya :’)

Macet di tanjakan via m.mediaindonesia.com

Bagi yang menggunakan mobil dengan transmisi automatic sih mungkin tingkat kesulitannya nggak seberapa meskipun tetap bikin deg-degan juga. Tapi bagi pemula, terlebih yang menggunakan mobil jenis manual, kondisi ini nggak cuma bikin deg-degan aja. Lebih dari itu, keringat dingin bakal mengucur deras, konsentrasi sampai ke titik puncak, gelisah, dan bahkan sampai nggak mau diajakin ngomong karena takut mobilnya mundur. Padahal sebenarnya kalau dibawa santai pun bakalan lebih kalem lo, tapi ya mau gimana juga sih namanya aja pemula~

2. Selain itu, hal yang bikin sopir pemula berasa di neraka banget adalah ketika papasan sama mobil lain di jalan yang sempit

Panik karena papasan di gang sempit via cintamobil.com

Nggak cuma ketemu sama kondisi macet di tanjakan, situasi sehari-hari yang satu ini juga nggak kalah bikin sopir pemula berasa ada di neraka. Terlebih bagi orang-orang yang hidup di kota besar dan punya tempat tinggal di daerah sempit. Biasanya sih kalau kayak gini mulai dari ujung gang udah gelisah banget, giliran berada di tengah gang adrenalinnya langsung naik banget. Apalagi beneran papasan sama mobil yang lebih besar. Mending kalau mobilnya adalah mobil bangunan atau angkutan yang udah lecet-lecet, bayangin aja tuh kalau mobil yang papasan sama kita ternyata jauh lebih mewah. Takut bener rasanya kalau tiba-tiba nyerempet dikit aja :’)

3. Belum lagi kalau salah memposisikan mobil saat hendak ngisi bensin. Malunya setengah mati

Sering banget salah posisi saat ngisi bensin via www.autos.id

Kejadian ini biasanya sering banget dialami oleh sopir-sopir amatir yang baru aja bisa bawa mobil. Sebelum berangkat bepergian nggak ngecek dulu lubang bensin ada di sebelah mana, giliran udah mepet dan mau ngisi di pom bensin bingung karena lupa. Kebayang kan, gimana malunya dilihatin orang-orang kalau kamu ternyata salah memposisikan mobil. Udah malu, nggak enak sama petugasnya lagi karena ngrepotin harus muter-muter. Hadeeeh!

4. Parkir mundur dan ditungguin banyak mobil di belakangnya. Makin mau semaput rasanya kalau udah pada mencet tombol klakson

Parkir mundur via lifepal.co.id

Dari sekian banyak ujian bagi sopir mobil pemula, kayaknya sih situasi yang satu ini memang menjadi salah satu yang paling resek. Udah tahu kalau belum lancar-lancar banget, jalan biasa aja masih deg-degan, ini pas mau parkir ternyata harus parkir mundur. Kalau nggak ada orang lain sih nggak masalah, cuma yang jadi persoalan adalah ketika ada mobil lain yang ngantri di belakang sambil membunyikan klakson karena nggak sabar. Boro-boro bisa markirin mobil dengan bener, yang ada malah makin panik.

5. Terakhir yang juga sering banget bikin panik sampai rasanya jantung mau lepas adalah ketika melewati suasana pasar di pagi hari

Advertisement

Lalu lintas pasar via suarabantennews.com

Tahu kan gimana kondisi pasar di pagi hari? Ada yang jalan sama anak kecil sambil bawa barang belanjaan, ada juga orang-orang yang bawa ternak, ada juga penjual yang menjajakan barang dagangannya di bahu-bahu jalan. Bagi banyak orang mungkin fenomena kayak gini udah nggak bikin heran lagi, lha wong namanya aja juga pasar. Namun bagi sopir mobil amatir, keadaan ini benar-benar menguji nyali sampai ke tingkatan paling dalam. Mau maju takut, mundur juga takut, belok ke kanan dan ke kiri apalagi. Giliran diem malah bikin macet lalu lintas. Memang nggaka ada yang gampang 🙁

Tapi mau bagaimanapun juga, yang namanya keahlian itu memang butuh proses yang nggak sebentar dan nggak mudah. Begitu juga dengan persoalan jadi sopir mobil Meski kelihatannya sepele, namun bagi banyak orang juga merupakan tantangan yang menguras tenaga dan mental. Nggak papa, orang kalau mau jadi hebat itu pasti jalannya ada-ada aja kok~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE