Menyambut bulan Ramadhan, rasa bahagia sebagai seorang Muslim selalu menyelimuti. Segala persiapan dilakukan deh, misalnya aja ibadah ditingkatkan dan melakukan kegiatan bersih-bersih tempat tinggal maupun rumah ibadah. Bulan penuh kemuliaan ini memang sayang untuk dilewatkan, apalagi dengan banyaknya pahala dan keberkahan yang Allah berikan selama sebulan penuh.

Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu berusaha semaksimal mungkin dalam beribadah. Meski saat puasa nanti kamu harus menahan lapar, haus, dan berbagai godaan lainnya, namun jangan sampai menyurutkan semangatmu ya dalam beribadah.

Advertisement

Nah, makanya Hipwee memberikan daftar lagu-lagu religi yang bisa menemani hari-harimu agar semakin giat menjadi Muslim lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari suara syahdu dari penyanyi khusus lagu religi seperti Opick sampai band kegemaran anak muda kayak Efek Rumah Kaca, udah Hipwee siapkan nih. Langsung aja yuk!

1. Sambut Ramadhan dengan keceriaan hati bertemu teman dengan lagu dari Opick – Assalamualaikum.

suara dan lirik lagunya menyentuh hati

suara dan lirik lagunya menyentuh hati via www.kapanlagi.com

“Salam-salam hai saudaraku

Smoga Allah merahmatimu

Salam-salam wahai semua

Smoga hidup jadi bahagia”

Lantunan lirik dan aransemen yang renyah ini memang pas banget kamu dengarkan saat beraktivitas lho. Kalimat sapa Muslim ini dapat menyegarkan kamu, apalagi saat ingin memulai hari. Kamu pun akan teringat ketika sedang dilanda cobaan untuk selalu tabah dan ikhlas menghadapinya dengan selalu berikhtiar. Tanpa disadari kamu jadi terbiasa mengucapkan salam Assalamualaikum saat bertemu kerabat.

2. Melalui Tombo Ati dari Opick, kamu jadi teringat untuk memperbanyak ibadah. Kamu jadi semakin semangat meraih berkah di bulan suci. 😉

hatimu adem kalau mendengarkan lagu-lagunya

hatimu adem kalau mendengarkan lagu-lagunya via harian.analisadaily.com

Advertisement

“Obat hati ada lima perkaranya

Yang pertama baca Quran dan maknanya

Yang kedua sholat malam dirikanlah

Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh

Yang keempat perbanyaklah berpuasa

Yang kelima dzikir malam perbanyaklah”

Meski diawali dengan bahasa Jawa, namun lirik bahasa Indonesia dan aransemen musiknya ini bisa kamu nikmati lho. Mendengarkan lagu ini tuh kamu akan seperti merasa selalu diingatkan untuk selalu beribadah. Nggak cuma dzikir, baca kitab suci, shalat, dan puasa, tapi juga ibadah lainnya seperti berteman dengan orang-orang soleh. Bahkan kalau terenyuh banget, kamu bisa langsung mengerjakan ibadah tersebut lho.

3. Masih memendam rasa kepada seseorang? Hiasi hatimu salah satunya dengan Ku Pinang Kau Dengan Bismillah-nya Ungu feat. Rossa. Hehehe.

syahdu gak lirik dan aransemennya? ;D

syahdu gak lirik dan aransemennya? ;D via www.kapanlagi.com

“Atas restu Allah ku ingin milikimu

Ku berharap kau menjadi yang terakhir untukku

Restu Allah ku mencintai dirimu

Ku pinang kau dengan Bismillah”

Nah buat kamu yang galau karena memendam rasa dengan seseorang orang nih, hiasilah hatimu dengan lagu Ku Pinang Kau Dengan Bismillah dari Ungu feat. Rossa. Yah daripada galau-galau nggak jelas di bulan puasa, lebih baik mendengarkan lagu ini agar hatimu bisa tenang dong. Rasa tertarikmu terhadap orang tersebut bisa terkontrol dengan baik deh. ;D

4. Kalau kisah cintamu sedikit menimbulkan gejolak dalam hati, dengarkanlah lagu Dalam Mihrab Cinta-nya Afgan. Dijamin deh langsung adem.

siapa yang gak ade dengerin Dalam Mihrab CInta? ;D

siapa yang gak ade dengerin Dalam Mihrab CInta? ;D via www.tribunnews.com

“Suatu hari kau kan mengerti

Siapa yang paling mencintai

Dalam mihrab cinta ku berdoa padaNya”

Kalau Ku Pinang Kau Dengan Bismillah menemanimu ketika perasaan terhadap seseorang sedang membuncah, lagu dari Afgan dengan Dalam Mihrab Cinta sih pas banget saat hubungan kamu lagi bergejolak. Belum lagi suara syahdunya Afgan yang menyatu dengan aransemen ini sukses membuat hatimu adem. Pikiranmu menjadi jernih dalam menjalani hidup selanjutnya. 😉

5. Yang senang mendengar suara syahdunya Maher Zain dan Fadly Padi bisa menikmati melalui lagu Insha Allah nih.

salah satu duet anyar musisi keren

salah satu duet anyar musisi keren via kordgitarterbaru.blogspot.co.id

“Insya Allah, Insya Allah

Insya Allah ada jalan

Insya Allah, Insya Allah

Insya Allah ada jalan”

Karena hidup nggak pernah terlepas dari ujian, maka lagu Insha Allah dari Maher Zain feat. Fadly Padi ini pas banget kamu dengarkan. Liriknya yang puitis mampu menggambarkan dengan baik segala persoalan yang dihadapi manusia di dunia. Saat dilanda masalah, kamu dapat menyelesaikannya dengan baik dan penuh kesabaran. Kamu pun diingatkan jangan berputus asa karena segala sesuatunya itu pasti ada jalan keluarnya. 😉

6. Buat Ramadhanmu selalu menyenangkan dengan lantunan indah dari Nidji – Cahaya Ramadhan.

lagu band satu ini dapat menemanimu di bulan Ramadhan

lagu band satu ini dapat menemanimu di bulan Ramadhan via sidomi.com

“Mainkan nadamu, bakar semangat

Kalahkan egomu, sebarkan cintamu

Hidupkan lebih indah, nyalakan senyummu

Bersihkan hatimu, kita menang kita sinari dunia”

Kebahagiaan setiap Muslim menyambut Ramadhan tertuang melalui lagu Nidji berjudul Cahaya Ramadhan. Senyuman indah yang menghiasi wajah setiap Muslim, keikhlasan hati menjalani ibadah dan ujian selama puasa ada pada lagu ini. Makanya, kamu akan selalu semangat deh beribadah selama bulan Ramadhan. Bahkan, semangatmu ini juga bisa berlanjut setelah bulan Ramadhan usai. 😉

7. Salah satu band yang sering mengeluarkan lagu-lagu religi yaitu Gigi. Sayang banget kalau kamu nggak mendengarkan lagu berjudul Akhirnya.

salah satu band yang selalu mengeluarkan album religi

salah satu band yang selalu mengeluarkan album religi via showbiz.liputan6.com

“Oh Tuhan, mohon ampun

Atas dosa dan dosa selama ini

Aku tak menjalankan perintah-Mu

Tak perdulikan nama-Mu

Tenggelam melupakan diri-Mu”

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu bertaubat sesering mungkin di bulan ini. Atas segala kesalahan yang udah dilakukan, tentu memohon ampunan kepada Allah nggak boleh terlewat. Dengan mendengarkan lagu Akhirnya dari Gigi, kamu selalu diingatkan untuk bertaubat. Nggak salah kamu kamu mendengarkan lagu dari band yang udah cukup lama mengeluarkan lagu-lagu religi.

8. Karena hidup dan mati selalu menjadi rahasia Allah, nggak ada salahnya mendengarkan lagu Efek Rumah Kaca – Putih.

merinding dengar lagu putih-nya mereka

merinding dengar lagu putih-nya mereka via toeng.heck.in

“Dan kematian, keniscayaan

Di persimpangan, atau kerongkongan

Tiba tiba datang, atau dinantikan

Dan kematian, kesempurnaan

Dan kematian hanya perpindahan

Dan kematian, awal kekekalan

Karena kematian untuk kehidupan tanpa kematian”

Kamu dapat mendengarkan lagu dari Efek Rumah Kaca berjudul Putih nih. Liriknya ini menggambarkan tentang kematian dan kehidupan lainnya yang masih berlanjut. Hipwee sendiri “merinding” saat mendengar dan menjiwai lirik demi lirik dalam lagu tersebut. Jujur deh, deskripsi yang cukup jelas ini sukses bikin kamu sedih dan ingat akan dosa-dosa yang dilakukan. Mendengarkannya tentu membuat kamu ingin perbanyak beribadah. Lagu ini juga menceritakan tentang kehidupan lainnya yang masih harus berlanjut, di mana apa yang terjadi nanti masih menjadi misteri yang tak terpecahkan.

“Lalu pecah tangis bayi

Seperti kata Wiji

Disebar biji biji

Disemai menjadi api

Selamat datang di samudra.

Ombak ombak menerpa

Rekah rekah dan berkahlah

Dalam dirinya, terhimpun alam raya semesta

Dalam jiwanya, berkumpul hangat surga neraka”

9. Lagu dari Netral dengan Ampuni Aku Tuhan juga bisa menjadi pilihanmu lho. Gak hanya berisi ampunan untuk diri sendiri, tapi seluruh umat manusia juga.

nuansa religi pada musik rock

nuansa religi pada musik rock via foto.metrotvnews.com

“Aku lihat manusia, ku pandangi mereka

Semakin gila rakus serakah

Ku dengar nafas mereka, penuh nafsu nan memburu

Aku tak tahu mengapa kenapa mengapa
Tuhanku ampuni kami semua

Maafkanlah kami semua

Tuhanku tolonglah kami semua

Selamatkanlah kami semua”

Buat kamu yang gemar mendengarkan lagu-lagu rock, tenang kok karena ada lagu dari band Netral berlirik religi. Dengan mengutamakan permasalahan dunia yang disebabkan oleh perilaku manusia ini mampu menyentil emosimu sebagai seorang Muslim. Liriknya yang pas menggambarkan dunia saat ini cocok kamu dengarkan. Secara nggak langsung kamu pun akan berdoa memohon ampunan kepada Allah atas kesalahan yang selama ini dilakukan.

Nah, gimana? Semoga 9 lagu pilihan Hipwee ini dapat memberikan energi lebih pada dirimu ya. Kamu jadi semangat beribadah dan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Siapa sangka dari sebuah lagu dapat mengingatkan dan mengubahmu ke arah yang lebih baik? 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya