4 Fakta Menarik My Liberation Notes, Perjuangan Tiga Saudara yang Terjebak di Kehidupan Monoton

Bulan Mei 2022 ini drama My Liberation Notes sedang jadi perbincangan hangat di antara penontonnya. Kisah di dalamnya mengangkat perjuangan tiga saudara yang tinggal jauh di daerah Sonpo, kawasan pinggiran kota Seoul. Setiap hari mereka harus menempuh perjalanan panjang dengan bus dan kereta menuju tempat kerja mereka di Seoul. Dengan aktivitas monoton itu, mereka harus berjuang mengusir rasa jenuh, muak dan insecure karena nggak berhasil mewujudkan harapan orang lain.

Advertisement

Mereka sering berangan-angan dipertemukan dengan satu sosok yang bisa mengubah kondisi hidup mereka menjadi lebih menyenangkan. Di sinilah sosok misterius bernama Mr. Gu mengambil peran. Apakah dia berhasil mengubah hidup ketiga saudara itu?

My Liberation Notes diperankan oleh empat tokoh utama yaitu Kim Ji Won (Mi-jeong), Son Suk Ku (Mr. Gu), Lee El (Ki-jeong), dan Lee Min Ki (Chang-hee). Sempat nggak terlalu diminati di awal, penonton My Liberation Notes perlahan tertarik dengan kisah dan pelajaran hidup yang ditawarkannya. Seperti apa fakta menarik lainnya dari drama ini? Berikut ini Hipwee rangkumkan untukmu~

1. Mengangkat realita tentang perjuangan di tengah tekanan hidup

Mengangkat realita hidup

Mengangkat realita hidup | Credit: Instagram @jtbcdrama

Tiga saudara ini hidup dikelilingi oleh lingkungan yang punya standar atau norma tertentu tentang pekerjaan dan pernikahan. Nggak jarang juga ditemui kebiasaan masyarakat yang seakan lebih tahu apa yang seharusnya dilakukan para tokoh untuk hidupnya. Setiap hari, mereka berkutat untuk membebaskan hidupnya dari jeratan standar masyarakat itu. Tentu saja itu nggak mudah.

Advertisement

2. Menampilkan karakter manusia yang relatable dengan kehidupan nyata

Karakter yang relate

Karakter yang relate | Credit: Instagram @jtbcdrama

Setiap tokoh dalam drama ini punya hambatan tersendiri dalam mewujudkan hidup yang mereka inginkan. Hidup yang monoton nggak menghalangi mereka untuk tetap memimpikan skenario hidup yang mereka dambakan. Sayangnya, sering kali mereka hanya sanggup bermimpi dan mengalah gitu aja dengan hambatan yang ada.

Mi-jeong memiliki karakter yang susah bersosialisasi. Dia gampang awkward dan hanya mau nongkrong di luar kalau udah dipaksa. Setelah beraktivitas di luar pun dia sering menutup hari dengan perasaan kosong dan sedih.

Chang-hee harus menerima kenyataan kalau kehidupan asmaranya nggak pernah berjalan mulus. Sedangkan Ki-jeong selalu memandang pahit hidup ini. Karakter itu selalu tampak dari setiap interaksinya dengan orang lain.

Advertisement

3. Sempat dinilai membosankan karena plot yang lambat

Plot yang lambat tapi perlahan disukai penonton

Plot yang lambat tapi perlahan disukai penonton | Credit: Instagram @jtbcdrama

Pada awal perilisannya 9 April 2022 lalu di platform streaming Netflix, banyak penonton yang merasa bosan dengan alur cerita My Liberation Notes yang dirasa lambat. Namun, sebagian penonton lainnya berpendapat lain. Mereka menilai alur lambat tersebut justru menjadikan penonton seakan dilibatkan dalam pergulatan emosi setiap tokohnya. Perasaan mereka digambarkan dengan begitu rinci.

Alur lambat itu sekaligus membuat cerita dalam drama ini terasa familiar dan nggak dibuat-buat. Bukankah sebagian besar waktu kita sering berlalu dengan kegiatan yang begitu-begitu aja? Realita itulah yang berusaha dipertegas oleh sang penulis drama, Park Hae-young.

4. Rating yang mengalami pasang surut

Rating yang pasang surut

Rating yang pasang surut | Credit: Instagram @jtbcdrama

Ketika baru dirilis, rating drama ini stagnan di angka 2-3 persen. Episode dua mampu mendongkrak sedikit ke angka 3,018% Namun itu nggak bertahan lama karena terjadi penurunan lagi di episode tiga ke angka 2,552 persen. Angka itu sangat jauh di bawah jika dibandingkan dengan drama rivalnya, Our Blues yang mencapai 9 persen.

Di tengah surutnya rating tersebut, salah satu aktor papan atas Korea Selatan, Gong Yoo justru menunjukkan dukungannya dengan mengunggah poster drama itu ke Instagram pribadinya (19/4). Ia turut menyemangati para kru dan pemain agar jangan terlalu memusingkan rating.

“Rating pemirsa? Jangan mendambakannya. Berikan semuanya seperti seorang pejuang. Sebarkan cinta!,” tulis Gong Yoo.

Seiring penayangannya, My Liberation Notes mulai menarik perhatian penonton terutama di Korea Selatan. Meskipun diawali dengan rating yang anjlok, dua minggu terakhir telah mencatat bahwa drama ini mencetak rating nasional yang memuaskan di angka 4,6 persen. Angka tersebut sejauh ini menjadi rating tertinggi dari My Liberation Notes.

Dari yang semula merupakan drama yang nggak direkomendasikan, My Liberation Notes berubah jadi drama akhir pekan yang paling diminati sepanjang bulan Mei 2022 ini. Apakah kamu salah satu penonton drama hits ini?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE