Masih ingat dengan Nirvana kan? Grup band fenomenal beraliran grunge ini sempat menghebohkan dunia di era 90’an. Grup yang digawangi Kurt Cobain ini mulai digandrungi anak muda semenjak melahirkan album berjudul “Nevermind”, disertai single berjudul “Smells Like Teen Spirit”. Penggemar setianya pun tersebar hampir di seluruh bagian dunia, apalagi dalam komunitas musik underground. Macam-macam penghargaan di bidang musik  diraih karena kepiawaian Kurt, Krist Novoselic, dan Dave Grohl mengolah musik. Tak heran namanya kini melegenda.

Masih ingat dengan cover album Nevermind yang legendaris ini?

Bayi legendaris via www.modernrocksgallery.com

Namun perjalanan Nirvana terpaksa harus terhenti di tahun 1994. Kurt Cobain ditemukan tewas bunuh diri. Nirvana pun bubar tanpa keberadaan Kurt Cobain. Meskipun grup band ini harus bubar, ternyata banyak yang masih mengenang dan menyenangi musik mereka. Beberapa berita tentang mereka masih terus diminati hingga kini.

Berbarengan dengan dirilisnya film dokumenter soal Kurt Cobain, foto-foto yang gak dipake dan behind the scene sesi pemotretan Nevermind juga dirilis.

Gitar terapung

Gitar terapung via www.modernrocksgallery.com

Advertisement

“I’ve just kept them stacked in a closet, unorganized,” ungkap fotografer Kirk Weddle

Kirk Weddle, fotografer asal Austin, Texas yang sempat memotret Nirvana untuk keperluan album Nevermind di tahun 1991. Mungkin kamu hanya ingat sosok bayi dalam covernya saja. Namun fotografer ini telah mengabadikan lebih banyak foto-foto keren (dan beberapa candid) Nirvana dalam sesi tersebut.

Selama ini koleksi itu hanya tersimpan begitu saja di lemari, tanpa orang lain tahu. Hingga baru-baru ini si empunya foto memutuskan untuk memamerkan gambar-gambar ‘bersejarah’ tersebut. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Main dipanggung udah biasa banget, main di dalam kolam renang baru luar biasa.

Ngeband di air

Ngeband di air via www.buzzfeed.com

Kurt Cobain

Sumringahnya Kurt Cobain via www.buzzfeed.com

n3

Berbagai gaya Kurt via www.buzzfeed.com

Saat itu, Nirvana baru saja menyelesaikan serangkaian konser di Pantai Barat, AS. Ketiganya memang nampak begitu lelah.

Formasi lengkap

Formasi lengkap via www.buzzfeed.com

Kurt lelah

Kurt lelah dan sempat tertidur seadanya via www.buzzfeed.com

Personel lainnya

Personel lainnya via www.buzzfeed.com

Tapi pemotretan berlangsung lancar hingga 200 foto terdokumentasi. Dan beberapa diantaranya bisa kita nikmati sekarang.

Kelihatan sangat asyik

Kelihatan sangat asyik via www.buzzfeed.com

Advertisement

Foto-foto yang tak terlihat tersebut akhirnya telah dirilis untuk pertama kalinya pada pameran khusus di Austin. Bahkan ada yang ditampilkan dalam film dokumenter”Kurt Cobain: Montage of Heck” yang dirilis bulan Mei ini. Foto dan keterangan yang lebih lanjut juga bisa dilihat di situs Modern Rocks Gallery mulai dari 30 Mei – 27 Juni.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya