Menyatukan dua insan dalam ikatan pernikahan jadi dambaan kamu yang sudah dimabuk asmara. Sayangnya, banyak kendala yang membuat kamu belum bisa melangsungkan hubungan kamu ke jenjang pernikahan. Salah satu alasan yang sering Hipwee dengar dari komentar-komentar kamu adalah karena mahalnya biaya pernikahan. Enggak selalu pernikahan yang unik dan berkesan itu mahal kok! Dengan modal Rp. 25.000,- saja kamu bisa membuat pernikahan kamu terasa unik dan berkesan.

Dengan modal Rp. 25.000,- kamu bisa membeli gorengan dan minuman untuk mengumpulkan sanak famili. Lalu utarakan niat kamu ingin menikah dan butuh sumbangan.

Bilang ke keluarga besar butuh fundrising untuk nikah via www.kapanlagi.com

Di hari Minggu atau hari libur lainnya, kamu bisa mengumpulkan sanak famili untuk datang ke rumah kamu. Sebelumnya, jangan lupa membeli gorengan dan membuat teh hangat untuk suguhan mereka dengan budget Rp. 25.000,-. Acara kumpul-kumpul tersebut akan sangat menyenangkan dan hangat dengan suguhan yang kamu siapkan itu. Ketika semua keluarga telah asyik berbincang, mulailah kamu membuka percakapan. Pertama-tama, kamu ucapkan terimakasih telah hadir, kemudian kamu katakan kalau kamu akan menikah dan butuh sumbangan. Kemampuan kamu dalam melobi sangat penting pada saat ini. Sesama keluarga harus saling tolong menolong ‘kan?

“Assalammualaikum, Pak Dhe, Bu Dhe, semua. Terimakasih sudah datang ke rumah kami yang sederhana ini. Saya mengundang Pak Dhe Bu Dhe sekalian karena kangen sudah lama kita nggak kumpul-kumpul seperti ini. Masa iya kita kumpul-kumpul cuma waktu lebaran aja. Jadi, di kesempatan yang berbahagia ini, saya mau bilang kalau saya pingin nikah dan butuh sumbangan. Silahkan Pak Dhe Bu Dhe menyumbang seikhlasnya minimal sepuluh juta boleh transfer atau sekalian di sini.”

Jangan lupa pasang muka datar.

Kamu bisa ikut acara nikah massal, gratis dan rame. Rp. 25,000 bisa dipakai buat mengundang teman dan keluarga lewat SMS.

Advertisement

Nih, keren kan bisa rame-ramean gini via jogja.tribunnews.com

Ada banyak acara nikahan masal yang diadakan di berbagai kota. Ini kesempatan yang bagus untuk kamu yang ingin nikah secara hemat. Tak perlu gengsi ikut nikah masal. Kamu bisa menganggapnya sebagai suatu konsep pernikahan yang anti-mainstream. Bayangkan, kamu bisa menikah secara gratis, dibikinkan resepsi yang meriah, diarak keliling kota, plus diliput media. Enggak kalah kan sama nikahannya selebritis?

“Aku ingin merayakan kebahagiaan dengan orang lain yang juga sedang berbahagia.”

Agar nikahan kamu tetap bisa dirayakan bersama teman-teman terdekatmu, kamu perlu mengundang mereka. Dengan modal Rp. 25.000,-, kamu bisa membeli pulsa paket SMS dan mengirimkan undangan via SMS ke teman-teman kamu. Jangan lupa diberi kalimat, “Tiada kesan tanpa kehadiran dan kado darimu.”

Desain undangan dengan Microsoft Word, hitam putih dan difotokopi dengan bujet 25 ribu perak. Jangan lupa suruh tamu untuk membawa makanan dari rumah.

Sumber inspirasi dan sebuah konsep yang anti mainstream! via rt002rw012bbl.wordpress.com

Ada banyak desain undangan dengan beragam model, bentuk, dan juga harga. Kadang-kadang, perihal undangan ini bisa memakan budget yang sangat besar dalam suatu pernikahan. Untuk undangan yang keren saja bisa-bisa kamu menghabiskan biaya berjuta-juta. Padahal, tamu-tamu yang menerima undanganmu hanya membaca sekilas, mengingat waktu dan tempat, lalu membuangnya. Sangat sayang kan? Makanya, kamu bisa menghemat dengan menekan biaya pembuatan undangan ini.

Supaya unik dan lain dari yang lain kamu bisa mengkonsepnya seperti undangan rapat RT di kampung. Cukup diketik dengan kata-kata yang sopan diberi waktu dan tempat dan diberi tanda tanganmu. Kalau kamu punya stempel pribadi atau stempel tanda lunas boleh juga ditambahkan. Setelah selesai kamu tinggal mencetaknya dan difotokopi. Agar acara resepsimu semakin kekeluargaan, kamu bisa menambahkan tulisan,

“Harap membawa makanan masing-masing.”

Dengan uang sebesar Rp. 25.000,- kamu sangat mungkin untuk menikah melalui Facebook.

Menikah di facebook sangat mungkin kamu lakukan via www.2lucu.com

Modal Rp. 25.000,- bisa kamu gunakan untuk pergi ke warnet atau membeli pulsa paket internet dari ponsel kamu. Nah, dari situ, kamu bisa menikah di jejaring sosial. Kamu tinggal masuk ke Facebook kamu, pilih edit profil, kemudian ganti status kamu menjadi menikah dengan dia. Cukup mudah kan?

Pertanyaan pamungkas: Jika modalmu hanya 25 ribu perak, ada gak orang yang mau nikah sama kamu?

Ada yang mau gak? via dolapdolop.blogspot.com

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menikah dengan modal hanya Rp. 25.000,-. Asalkan kamu kreatif dan berani malu, menikah dengan modal Rp. 25.000,- bukan menjadi kendala yang besar untukmu. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menikah dengan modal 25 ribu perak, tanyakan pada dirimu pertanyaan ini: “Ada gak yang mau nikah sama aku?”

Banyak orang beranggapan: “Buat acara nikah saja pelit apalagi setelah menikah nantinya”. Tapi kalau ada yang benar-benar mau, mungkin itu memang cinta sejatimu. Buruan ke KUA sana! 

(Jangan serius amat, ingat ini cuma April Mop)