5 Hal yang Membuat Kartun Doraemon Terkesan Mirip dengan Ninja Hattori. Bukan Karena Plagiat!

Beberapa karya seperti film, kartun, dan lagu sering terinspirasi dari karya pencipta lain. Bahkan nggak jarang ditemukan karya yang terlalu mirip dan malah dicap plagiat. Memang benar ada beberapa yang plagiat meskipun nggak selalu seperti itu. Contohnya kartun Doraemon dan Ninja Hattori.

Advertisement

Kedua kartun ini memang mirip. Doraemon punya robot kucing serba bisa, sedangkan Ninja Hattori punya ninja kecil yang selalu jadi penyelamat. Kedua tokoh utama ini selalu disibukkan dengan kelakuan nakal majikannya yaitu Nobita dan Kenichi. Alur cerita sepanjang episode-episodenya juga banyak yang sama.

Kali ini Hipwee Hiburan akan mengulas kemiripan lainnya dari kedua kartun ini. Simak, ya!

1. Pencipta komik Ninja Hattori dulunya bersahabat dengan pencipta Doraemon. Nama pena dan gaya gambar mereka pun mirip

Kartunis yang bersahabat sejak lama

Kartunis yang bersahabat sejak lama | Credit by Pinterest

Pencipta Doraemon, Hiroshi Fujimoto sudah berteman akrab sejak SD dengan Motoo Abiko, pencipta Ninja Hattori. Mereka punya satu kesamaan yaitu hobi melukis. Sudah banyak manga yang mereka hasilkan tapi masih sebatas untuk konsumsi sendiri pada saat itu. Hiroshi Fujimoto menggunakan nama pena Fujiko F. Fujio sedangkan Motoo Abiko memakai nama pena Fujiko A. Fujio.

Advertisement

Awalnya mereka menggarap Doraemon bersama sebelum akhirnya berpisah karena minat karier yang berbeda. Fujimoto ingin fokus membuat film kartun anak-anak, sedangkan Abiko lebih tertarik dengan kartun untuk dewasa.

Ketika kesehatan fisik Fujimoto menurun tahun 1986, mereka mulai membereskan pembagian hak cipta dan royalti. Persahabatan mereka harus terputus karena Fujimoto meninggal akibat kanker liver tahun 1996. Baru-baru ini, dunia kartun juga berduka karena kepulangan Motoo Abiko pada 7 April 2022.

2. Kedua kartun ini sama-sama punya tokoh utama yang dijadikan jagoan dan penyelamat

Tokoh utama yang jadi jagoan dan penyelamat

Tokoh utama yang jadi jagoan dan penyelamat | Credit by Pinterest

Advertisement

Kartun Doraemon terkenal dengan sosok robot kucing yang punya kantong ajaib. Dia bisa mengeluarkan benda apa saja untuk memudahkan urusan majikannya, Nobita. Begitu juga dengan Kanzo Hattori seorang ninja kecil yang selalu mengeluarkan jurus andalannya setiap kali Kenichi dalam musibah.

Meskipun sering disuruh-suruh, mereka nggak segan loh untuk memarahi bosnya itu kalau dirasa udah kelewatan. Apalagi dengan karakter Nobita dan Kenichi yang pemalas, emang wajar kalau harus dikerasin.

Namun, di balik sifat jagoan dan penyelamat itu, Doraemon dan Ninja Hattori sebenarnya menyimpan ketakutan terhadap hewan tertentu. Doraemon takut sama robot tikus karena hewan itu pernah menggigit kedua telinganya. Sedangkan Ninja Hattori pasti langsung kabur asal ketemu katak dan kadal.

3. Nobita dan Kenichi punya karakter yang serupa. Sama-sama malas sekolah dan cengeng

Nobita dan Kenichi

Nobita dan Kenichi | Credit by Pinterest

Duo majikan ini untungnya dipisahkan di kartun yang berbeda. Coba aja kalau sempat mereka sahabatan beneran di satu kartun, wah yang ada malah makin banyak masalah. Pasalnya, kesamaan mereka bukan berasal dari karakter yang terpuji. Keduanya sama-sama payah, cengeng, dan malas belajar apalagi berangkat ke sekolah.

Udah gitu, mereka juga nggak mau berusaha untuk memperbaiki diri. Ujung-ujungnya pasti merengek minta tolong sama Doraemon atau Ninja Hattori. Pantas aja sering diomelin~

4. Punya lingkungan pertemanan yang unik. Nobita dan Kenichi sering dibully tapi tetap main bareng

Lingkungan pertemanan yang sejenis

Lingkungan pertemanan yang sejenis | Credit by Pinterest

Kalau Nobita sama Kenichi hidup di zaman sekarang, pasti udah disuruh ganti sirkel sama warganet. Ya kali betah main sama orang-orang toxic dan sama sekali nggak menyinggung topik self development. Di kartun Doraemon, ada Giant dan Suneo yang nggak pernah kehabisan akal untuk menjahili Nobita. Mungkin karena masih bocah, Nobita masih mau-mau aja setiap diajak main sama mereka.

Kenichi selalu berantem dengan Kimimaki yang juga seorang ninja kecil. Kimimaki sebenarnya juga kesal dengan Hattori karena dia sering menghentikan aksi Kimimaki saat sedang membuat masalah bersama kucing peliharaannya, Kagechio.

5. Nobita dan Kanechi sama-sama naksir teman sekelas

Shizuka dan Yumeko

Shizuka dan Yumeko | Credit by Pinterest

Meskipun dikenal sebagai siswa dengan nilai terjelek, Nobita masih punya keberanian untuk naksir sama Shizuka, teman sekelasnya. Begitu pun dengan Kenichi yang menyukai sosok Yumeko.

Kisah cinta Nobita memang berakhir indah karena mereka berdua akhirnya menikah. Namun, Kanechi masih harus bersaing dengan Kimimaki yang ternyata juga memendam perasaan pada Yumeko.

Persamaan kedua kartun ini paling terlihat di karakter tokoh dan alur ceritanya. Namun, keduanya tetap punya tempat spesial di hati para penontonnya. Kalau kamu, lebih sering nonton Doraemon atau Ninja Hattori?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE