Rekomendasi Novel Thriller dengan Suasana Mencekam. Bikin Merinding!

Genre thriller rupanya nggak hanya bisa ditemukan di dalam film atau serial drama aja, tapi juga dalam bentuk sebuah buku atau novel. Bedanya, ketika menonton film, kamu bisa melihat langsung visual dari para karakter. Sedangkan ketika membaca buku, kamu bisa mengimajinasikan karakternya sesuai imajinasimu.

Advertisement

Nah, buat kamu yang sedang bosan nonton film, kamu juga bisa coba menikmati sensasi menegangkan lewat beberapa judul novel thriller ini!

1. Novel berjudul The Tokyo Zodiac Murders menceritakan kasus pembunuhan yang terinspirasi dari astrologi

Novel thriller Jepang | Credit via gramedia.com

Novel besutan Soji Shimada ini menceritakan tentang misteri di balik tewasnya seorang seniman di balik pintu studio di Tokyo. Polisi pun melakukan penyelidikan dan menemukan surat wasiat yang dicurigai milik sang seniman. Surat tersebut berisi rencana sang seniman yang ingin menciptakan benda yang memiliki kekuatan ajaib (Azoth) dari potongan tubuh para wanita muda.

Tak lama berselang, para wanita muda pun satu persatu menghilang secara misterius dan potongan tubuhnya ditemukan dalam kondisi telah dimutilasi dan dikubur sesuai dengan prinsip astrologis yang diuraikan di dalam surat sang seniman. Kasus ini pun belum terpecahkan selama 40 tahun hingga akhirnya dokumen kasus diserahkan ke seorang detektif. Bikin penasaran, kan?

Advertisement

2. Soji Shimada melanjutkan cerita teka-teki pembunuhan lewat novel berjudul Murder in the Crooked House

Novel thriller Jepang | Credit via gramedia.com

Masih dengan karakter detektif yang sama dengan novel sebelumnya, novel Shimada kali ini menceritakan tentang kasus kematian seorang pria di sebuah rumah miring yang ada di tebing bersalju di utara Jepang. Polisi yang menyelidiki kasus ini pun nggak bisa memecahkan teka-teki hingga akhirnya ditangani oleh detektif Kiyoshi Mitarai yang sebelumnya menangani kasus kematian seorang seniman.

3. The Memory Police bercerita tentang penduduk suatu pulau yang mengalami hilang ingatan

The memory police | Credit via gramedia.com

Novel karya Yoko Ogawa ini bercerita tentang para penduduk yang tinggal di sebuah pulau tak bernama. Perlahan satu persatu penduduk mengalami hilang ingatan dan terdapat beberapa orang yang nggak kehilangan ingatannya. Mereka pun bersembunyi supaya nggak ditangkap oleh polisi. “Polisi ingatan’ ini bertugas untuk memastikan agar ingatan yang hilang tetap hilang.

Cerita ini bermula ketika seorang novelis yang ingin menyelamatkan editornya dari buruan polisi karena tak mengalami hilang ingatan. Polisi pun tak segan melakukan pemaksaan dan penculikan saat menangkap penduduk yang membuat novel ini semakin terasa genre thriller-nya.

Advertisement

4. Novel Diary of a Murderer bercerita tentang seorang mantan pembunuh berantai yang ingin menyelamatkan putrinya dari sang kekasih yang juga seorang pembunuh berantai

Diary of murderer | Credit via gramedia.com

Kim Young-ha merilis novel berjudul Diary of a Murderer yang bercerita mengenai kisah seorang mantan pembunuh berantai yang bernama Kim Byeong-su yang mulai hilang ingatan karena demensia. Ia berusaha mempertahankan ingatan yang tersisa dengan mencatat semua kejadian termasuk kecurigaannya terhadap kekasih putrinya.

Dirinya curiga bahwa kekasih putrinya juga seorang pembunuh berantai. Nalurinya sebagai seorang ayah membuat Byeong-su ingin menyelamatkan putrinya agar tak menjadi korban selanjutnya.

5. The Silent Patient menguak tentang misteri kematian di rumah pasangan Gabriel dan Alicia

The silent patient | Credit via gramedia.com

Novel ini bercerita mengenai kejadian misterius di rumah pasangan yang bernama Gabriel dan Alicia. Suatu malam, terdengar suara tembakan di rumah keduanya. Gabriel pun ditemukan tewas terkena tembakan dengan posisi terikat di kursi. Saat polisi datang, Alicia berada di hadapan sang suami dengan senjata api tergelatak di lantai. Polisi menuduh dirinya yang melakukan hal tersebut dan Alicia tak berbicara apa pun.

Ia ditahan dan dalam kebisuannya, ia menceritakan sesuatu lewat sebuah lukisan dengan huruf Yunani. Kamu pasti penasaran dengan novel buatan Alex Michaelides ini, kan?

6. The Eyes of Darkness bercerita mengenai perjuangan seorang ibu dalam menguak misteri kematian sang anak

Eyes of Darkness | Credit via gramedia.com

Novel karya Dean Knootz ini menceritakan tentang perjuangan seorang ibu untuk mengungkapkan kematian sang anak. Sang ibu mengira anaknya tewas akibat kecelakaan bus, namun dalam sekelebat, sang ibu seperti melihat sang anak sedang berada di dalam sebuah mobil bersama orang tak dikenal. Perjalanan mengungkap teka-teki ini yang membuat pembaca penasaran dengan ending-nya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bacaan bergenre thriller bagi kamu yang gemar berpikir untuk memecahkan teka-teki seputar kasus kematian. Novel mana yang paling bikin kamu penasaran, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE