5 Kelakuan Teman yang Nyebelin di Bulan Puasa. Harap Bersabar, Tunggu Azan Magrib Dulu, Ya!

Orang nyebelin puasa

Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah. Banyak amalan yang akan dilipatgandakan untuk mereka yang sedia melakukan kebaikan atau beribadah. Sayang banget kalau waktu kamu lewatkan begitu saja dengan mengerjakan sesuatu yang sia-sia di bulan Ramadan ini.

Advertisement

Sayangnya masih banyak orang yang keliru memaknai Ramadan. Menafsirkan ‘kebaikan’ Ramadan sesuka hati demi kenyamanan dirinya sendiri. Bahkan ada juga yang membuatnya jadi bahan bercandaan, dengan dalih hal tersebut dilakukan pada teman sendiri. Tapi tetap aja ngeselin dong. Nah, beberapa hal berikut adalah contohnya.

1. Mentang-mentang ada hadis yang bilang bahwa bau mulut orang puasa itu lebih harum dari misik (wewangian), disebar-sebarin deh tuh baunya ke temen-temennya

Bau kali! via www.idntimes.com

Kamu pasti punya teman yang suka menyalahgunakan bunyi hadis tentang bau mulut orang puasa. Mereka memakai hadis ini buat isengin teman-temannya. Kalau ngomong sengaja buka mulut lebar-lebar dan diarahkan ke hidung teman. Nggak gitu juga kali!

2. Ikut sahur, tapi cuma buka jam 12. Ketika ditanya dalihnya pakai hadis ‘buka puasa mesti disegerakan’ 🙁

TKP-nya. via www.idntimes.com

Salah satu hadis yang kerap dimaknai secara sembarangan adalah tentang anjuran buka puasa disegerakan. Memang sih disegerakan, tapi kalau bukanya jam 12 itu namanya nggak puasa!!1 *sabar*

Advertisement

3. Ada juga yang sengaja puasa setengah hari alasannya nggak kuat. Umurmu berapa sih? 🙁

Kalo masih kecil atau sakit mah boleh. via manaberita.com

Puasa setengah hari yang merupakan jalan pintas yang diberikan orang tua biar anak belajar puasa. Sayangnya masih banyak orang nyebelin yang memakai konsep ini untuk memudahkan puasanya. Lah, ya, sama aja nggak puasa, Malih!

4. Dibangunin sahur susah, besoknya nggak puasa alesannya karena nggak sahur. Ya, makanya kalau dibangunin itu bangun dong!

Bangunin pakai ini aja. via www.liputan6.com

Kelakuan nyebelin ini biasanya terjadi di lingkungan anak kos. Pasti ada salah satu temanmu yang kelakuannya kayak bocah. Dibangunin sahur, tidur lagi. Siangnya makan kayak nggak ada apa-apa, pas ditanya jawabnya nggak sahur. Hadeeeh!

5. Tidur dari pagi sampai sore bilangnya ibadah. Ibadah sama males kok beda tipis, ya?

Advertisement

Bangun, bangun!!!1 via lifestyle.okezone.com

Mentang-mentang ada hadis tidurnya orang puasa itu ibadah seharian jadi tidur terus. Mirisnya kadang bahkan ada yang meninggalkan salat Zuhur dan Ashar. Kocak banget, yang wajib malah ditinggalin. Dikasih tahu malah ngeyel ‘tidur juga ibadah’.

Itulah kelakuan nyebelin yang sering dilakukan orang-orang di sekitar kita. Kalau ada temenmu yang kayak gitu, sabar, tahan emosi. Baru deh tuh setelah azan Magrib, jitak kepalanya~ 😀

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE