Baru-baru ini nasib malang menimpa salah satu orang berpengaruh dan terkaya di dunia. Yup, Mark Zuckerberg – sang pendiri facebook ini ternyata akun media sosialnya (berhasil diretas lho. Sekelompok hacker yang menamakan dirinya OurMine Time telah meretas akun Twitter dan Pinterest Mark.

“Duh, big boss facebook kok bisa kecolongan?”

Advertisement

Belum lagi tersebarnya password Mark yang menimbulkan berbagai komentar dari warga dunia. Memakai password yang sangat sederhana dan digunakan nggak hanya untuk satu akun, menimbulkan tanda tanya besar “?” lho. Hmm ya gimana nggak cukup heboh, toh password akunnya nggak sesuai dengan apa yang dihimbauan perusahaannya sendiri. Aduh Mark, jangan bikin kita bingung deh tentang password yang baik harus gimana mestinya. 😐

 

Siapa sangka bos medsos besar dunia akunnya bisa diretas? Yup! sekelompok hacker bernama OurMine Team ini berhasil masuk ke akun Twitter dan Pinterest Mark Zuckerberg.

siapa sangka bos facebook ini di-hack juga?

siapa sangka bos facebook ini di-hack juga? via www.telegraph.co.uk

“Hey, @Finkd Anda ada dalam database LinkedIn dengan password ‘dadada’ ! DM untuk buktinya,” bunyi kicauan tersebut, dikutip dari tekno.kompas.com

Advertisement

Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya besar bagi dunia. Siapa sangka bos salah satu medsos besar ini akunnya bisa di-hack. Meski bukan akun facebook, namun tetap aja menjadi ironi bagi netizen. Orang sekelas Mark aja berhasil diretak, lalu apa kabarnya kita?

Sekelompok orang yang menamakan dirinya OurMine Team ini sukses menghebohkan warga dunia. Medsos yang sempat diambil alih ini yaitu Twitter dan Pinterest Mark. Sebenarnya mereka juga mengaku meretas akun instagram big boss ini, meski Facebook menyanggah hal tersebut. Duh, nggak nyangka ya orang kayak Mark akunnya bisa dibobol.

 

Kenapa bisa ketahuan diretas ya? Karena OurMine Team ini meninggalkan kicauan dan screenshot buat Mark lho.

ini lho jejak hackernya

ini lho jejak hackernya via tekno.kompas.com

Para peretas ini pun meninggalkan jejak. Meski berupa kicauan dan screenshot semata, jelas sudah kalau akun Mark di-hack. Apalagi akun Pinterest Mark sempat diubah namanya menjadi “Hacked by OurTime Time“. Akun Twitter Mark pun segera di-suspend dan saat ini bisa diakses kembali. FYI, akun twitter Mark yaitu @finkd sedangkan untuk pinterest Mark menggunakan @zuck.

Setelah persitiwa ini terjadi, Twitter langsung menangguhkan akun twitter @_OurMine_ yang telah memiliki 41.000 follower. Akun tersebut pun diperkirakan milik kelompok para hacker. Twitter juga merekomendasikan kepada para pemilik akun agar menggunakan password yang unik dan kuat.

Ketahuan deh password pendiri facebook ini sederhana banget: “dadada”. Menyalahi aturan pengguna media sosial dong pastinya.

screenshot yang diunggah pengguna

screenshot yang diunggah pengguna via senegal-actu.com

Kejadian seperti ini tentu membuat pihak Mark Zuckerberg tertampar. Yup, hal tersebut nggak lain karena password pendiri Facebook ini telah menyebar ke seluruh dunia. Dengan memakai “dadada”, ketahuan deh kalau Mark nggak mengikuti himbauan keamanan pengguna medsos pada umumnya – termasuk Facebook yang dia miliki.

Apalagi terdengar kabar kalau OurMine Team menemukan password Mark dari dalam basis data Linkedin. FYI, beberapa waktu lalu sempat terjadi kebocoran basis data Linkedin lho.

ulah hacker ada-ada aja ya

ulah hacker ada-ada aja ya via www.cnbc.com

Kabar berhembus kalau para peretas menemukan password medsos Mark dari dalam basis data Linkedin. Hal ini karena pada Mei lalu, pihak Linkedin mengatakan pada 2012 telah terjadi kebocoran basis data Linkedin dan sekitar 6,5 juta password jatuh ke hacker. Meski telah usai dan Linkedin langsung menyetel ulang password dan memberi tahu penggunanya, namun masih belum selesai lho. Pasalnya medsos seperti milik Mark ini password-nya masih disimpan para peretas dan mau nggak mau di-hack deh. Dari kejadian ini pun diketahui kalau pengguna sekelas Mark Zuckerberg pun masih menggunakan password untuk banyak akun.

Dengan begitu kita tahu kalau bos Facebook ini gak sesuai aturan dalam menjaga keamanan akunnya. Duh, gak sama dong dengan apa yang  dihimbau sama perusahaannya?

passwordnya simple banget ya, hehe

passwordnya simple banget ya, hehe via www.fyiblog.info

“Don’t use your Facebook password anywhere else online.” Kira-kira begitu isi security tip pada medsos kepunyaan Mark Zuckerberg.

Kamu tentu tahu kalau lagi membuat akun medsos, sering banget menghadapi semacam kalimat seperti di atas tadi. Bahkan, penambahan kombinasi password harus kuat yang terdiri dari angka dan huruf pun nggak boleh terlewat. Nggak hanya itu, panjangnya password juga menjadi perhatian bagi “bagian keamanan” akun medsos itu.

Kalau kamu nggak menuruti himbauan tersebut, yah bisa jadi hanya dicereweti aja dengan berbagai peringatan maupun penolakan untuk bisa mengakses ke tahap selanjutnya. Sayang ya cara aman satu ini ternyata nggak diikuti dengan baik oleh pendirinya. Meski Twitternya udah lama nggak dipakai lagi, bukan berarti Mark cuek begitu aja. Semoga apa yang terjadi sama Mark ini bisa kita ambil pelajarannya ya untuk nggak menyepelekan password.

Padahal bisa aja sebelumnya kita berpikir kalau password Mark ini bisa termasuk 10 besar yang terumit lho. Eh tapi kenyataannya….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya