Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Petik dari Sosok CJ GTA San Andreas. Setuju?

Pelajaran hidup dari GTA

Siapa sih yang nggak tahu game “Grand Theft Auto: San Andreas” alias “GTA San Andreas”. Kayaknya hampir semua anak-anak kecil di era tahun 2000-an pernah memainkan gim open world dari studio Rockstar ini. Gim ini begitu berkesan karena mampu membebaskan para pemainnya untuk melakukan beragam hal yang nggak bisa dilakukan di dunia nyata.

Advertisement

Selain konsep open world yang menjadi ciri khas dan formula kesuksesan “GTA San Andreas”, cerita dalam gim satu ini juga begitu berkesan dan jadi yang terbaik di antara gim GTA yang lainnya. Seperti kita tahu, dalam “GTA San Andreas”, kita memainkan tokoh bernama Carl Johnson alias CJ. Meski ia adalah sosok yang diceritakan berandalan dan seorang kriminal, nyatanya ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari sosok CJ ini.

1. CJ mengajarkan kesetiaan pada sahabat dan juga mengedepankan kepentingan keluarganya sendiri dibandingkan dengan yang lainnya

CJ dan kakaknya Sweet/Credit: GTA Wiki

Sejak awal gim, kita membawa tokoh CJ kembali pulang ke rumahnya di Grove Streets. Dari cerita pembukaan tersebut, kita tahu bahwa CJ adalah seorang pemuda yang memiliki keluarga besar dan teman-teman yang sangat ia sayangi dan hormati. Meski mereka bekerja sebagai kriminal dan berandalan di kotanya, CJ sendiri nggak pernah mengkhianati keluarganya meski beberapa kali ia ditangkap oleh pihak kepolisian.

Selain itu, CJ begitu menyanyangi kakaknya yang bernama Sweet. Mereka saling menghormati dan melindungi apalagi setelah ibu mereka meninggal karena tragedi bersenjata di kota San Andreas itu sendiri. Meski terlihat begitu setia pada temannya, CJ adalah orang yang lebih mementingkan keluarga kandungnya. Hal ini tentu perlu kita contoh mengingat dalam kehidupan, keluarga adalah rumah yang akan menerima kita apa adanya.

Advertisement

2. CJ adalah sosok pekerja keras yang mengabdikan dirinya untuk menghidupi keluarga dan tetangga-tetangga di lingkungan rumahnya

CJ bekerja/Credit: Sportskeeda

CJ adalah pemuda yang tumbuh dalam kondisi kemiskinan yang ekstrem. Ia sulit mendapat pekerjaan karena rasisme yang terjadi di kota San Andreas itu sendiri. Hal ini yang mendorong CJ membuat geng dan melakukan beragam pekerjaan kotor demi bisa hidup dan menghidupi keluarga serta orang-orang yang tinggal di sekitar rumahnya.

CJ sendiri adalah orang yang pantang menyerah dan terus bekerja setiap hari. Ia mengambil beragam pekerjaan, bahkan jika pekerjaan tersebut nggak menghasilkan uang sama sekali. Ia memang hidup untuk berkorban demi orang lain. Tentu saja sikap pantang mundur dan pekerja keras ini harus bisa kita jadikan inspirasi. Jika kita sudah bisa seperti CJ, besar kemungkinan banyak orang yang akan menghargai kita dan memberikan ragam pekerjaan yang menghasilkan uang yang sesuai dengan kemampuan kita.

3. Meski terlihat seperti seorang berandalan, kenyataannya CJ adalah orang yang setia pada kekasihnya. Ia bukan tipe laki-laki yang senang mempermainkan perasaan perempuan

Advertisement

CJ dan kekasihnya/Credit: GTA Wiki

Selain soal kehidupan persahabatan dan pekerjaan, kisah percintaan CJ juga bisa kita jadikan inspirasi tersendiri. Meski ia terlihat sebagai berandalan yang suka melukai musuh-musuhnya, kenyataannya CJ bukanlah seorang pria yang suka main perempuan. Berkebalikan, CJ justru adalah seorang pria yang setia terhadap satu pasangan.

Kalau kamu ingat, CJ memiliki seorang pacar bernama Catalina. CJ selalu menghabiskan waktu bersama dengan kekasihnya tersebut bahkan saat bekerja dan melakukan tindakan kriminal. Kita bisa melihat bagaimana CJ memperlakukan dengan baik kekasihnya tersebut. Namun, sayang sekali kalau kebaikan CJ justru membuat Catalina muak. CJ ditinggalkan oleh perempuan yang ia cintai tersebut. Hal yang menjadi mengesankan adalah, CJ tidak mendendam meski Catalina terang-terangan memperkenalkan kekasih baru kepadanya. Salut banget dah Carl Johnson!

4. Meski umurnya terus bertambah tua, CJ selalu terbuka untuk kesempatan dan membuka relasi baru. Sikap positifnya ini yang membuat banyak orang menghormatinya

CJ sangat menghormati teman-temannya/Credit: Polygon

Seiring umur bertambah tua, seseorang kerap kali menjadi sosok yang tertutup dan nggak ingin membuka relasi baru. Hal ini tentu punya sisi positif dan negatif. Menutup diri berarti menutup kesempatan dan kehidupan baru kita. Hal tersebut nggak berlaku pada CJ. Ia adalah sosok yang positif dan mau membuka kesempatan hidup dan relasi baru dengan beragam orang. Nggak mengherankan kalau banyak orang yang menghormati CJ.

Dalam alur cerita gim GTA San Andreas, kita tahu kalau CJ punya banyak sahabat dengan beragam latar belakang. Ada pemilik toko mainan, pemilik bengkel, seorang hippies sampai pembalap mobil. Singkatnya, CJ bukanlah orang yang memilih-milih teman. Ia seperti nggak punya masalah jika berteman dengan siapapun.

5. Terakhir, CJ adalah sosok yang sangat toleran. Ia selalu memandang seseorang dari sikapnya bukan dari ras atau agamanya

Sikap toleransi yang diperlihatkan CJ/Credit: Duniaku

Amerika Serikat dan juga Indonesia punya satu kesamaan yakni banyaknya perbedaan. Di Indonesia, kita punya banyak suku, bahasa dan agama. Karena hal itu, toleransi menjadi hal yang paling penting jika kita ingin hidup di masyarakat yang baik. Nah tanpa kita sadari, CJ adalah sosok toleran terhadap banyak orang. Sikapnya menunjukan ia bukanlah sosok rasis meski kadang ia mendapatkan perlakuan rasis dari segelintir orang.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa sahabat CJ yang bukan datang dari keturunan Afrika-Amerika. CJ punya teman orang kulit putih, orang kulit hitam, seorang keturunan Asia dan juga Amerika Latin. Ia selalu memandang sahabat-sahabatnya tanpa perbedaan sedikitpun. CJ punya sikap toleransi yang tinggi dan menilai seseorang dari tindakannya, bukan dari suku atau rasnya. Salut banget sama pelajaran hidup dari cowok yang satu ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE