Marak Pelecehan di Tempat Umum, ini Cara Paling Tepat untuk Mencegahnya. Catat Baik-Baik!

Pelecehan di tempat umum

Hidup sebagai seorang perempuan di Indonesia bukanlah suatu persoalan yang mudah. Ada berbagai macam stigma yang menempel hingga persoalan rasa aman yang dari dulu hingga sekarang selalu aja jadi perdebatan alot. Banyaknya pelecehan yang terjadi di tempat umum kepada para kaum perempuan menambah kenyataan betapa ngerinya lingkungan yang ada di sekitar kita.

Advertisement

Bahkan, belakangan ini baru saja viral pemberitaan tentang pelecehan yang terjadi di dalam masjid. Bayangin deh, orang lagi salat di masjid pakai pakaian yang jelas tertutup dari atas sampai bawah, masih kena sasaran pelecehan. Itu nggak cuma sekali terjadi aja lo, pasalnya dalam waktu yang berdekatan ini ada dua kasus serupa terjadi. Nah, untuk menghindari kasus pelecehan semacam itu, coba lakukan cara-cara di bawah ini deh.

1. Mulai dari yang paling gampang deh, kalau kamu berpapasan sama orang yang jalan sendirian, jangan disiulin dan dilecehkan!

Nggak perlu panggil-panggil orang lewat apalagi sampai siul-siul / Credit: Broadsheet via www.broadsheet.com.au

Sepele dan nggak perlu effort yang berat, kan? Zaman sekarang lihat orang jalan sendirian kok masih aja dipanggil-panggil sampai disiulin. Norak! Orang kalau nggak kenal mau dipanggil pakai sebutan apa pun tetap aja rasanya nggak nyaman. Makanya jangan pernah kayak gini, ya!

2. Kalau lihat orang lain berjalan sendirian di jalanan, jangan dilecehkan!

Ilustrasi perempuan berjalan sendirian / Credit: Tipsforwomen via tipsforwomens.org

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengurangi pelecehan di tempat umum adalah cara yang satu ini. Gampang banget kok, kamu nggak perlu pakai pakaian super tebal untuk menutupi seluruh badanmu, tapi cukup menggunakan akal sehat aja. Pokoknya kalau kamu lihat orang lain berjalan sendirian di jalanan, jangan dilecehkan.

Advertisement

3. Lihat orang berpakaian mini? Biarin aja, jangan dilecehkan!

Biarkan orang lewat dengan nyaman / Credit: Theglobeandmail via www.theglobeandmail.com

Setiap orang pasti punya kenyamanan yang berbeda-beda dalam berpakaian. Jika ada orang yang memang nyaman pakai pakaian mini, nggak perlu dipermasalahkan, itu hak mereka. Kalau ternyata hal itu menarik perhatianmu pun nggak masalah juga kok, asalkan itu berhenti sebatas sampai di situ aja. Intinya, biarkan mereka lewat dengan nyaman, nggak perlu dilecehkan juga bisa.

4. Ketemu sama orang yang pakai pakaian tertutup? Jangan dilecehkan juga!

Setiap orang berhak memakai pakaian dengan model apapun / Credit: Pinterest via www.pinterest.com

Ada orang yang sukanya pakai pakaian mini, model pakaian yang biasa, dan banyak pula orang-orang yang memilih untuk berpakaian tertutup. Nah, kalau bertemu dengan orang-orang semacam ini alangkah baiknya untuk tetap menggunakan hati nurani dan akal sehat juga. Biarkan mereka lewat, biarkan mereka melakukan apa pun yang mereka kerjakan dengan nyaman, dan nggak perlu dilecehkan juga.

5. Masuk ke tempat ibadah diniatin buat berdoa, jangan bertindak aneh-aneh!

Ilustrasi beribadah / Credit: Syahida via www.syahida.com

Kalau memang udah masuk ke tempat ibadah itu seharusnya diniatin buat benar-benar beribadah, jangan mikir yang aneh-aneh. Udah berniat mau melecehkan orang lain, di tempat yang suci pula. Orang-orang kayak gitu hobi banget ngumpulin dosa double apa gimana, sih?

6. Terakhir, kalau ada perempuan posting foto di media sosial jangan dilecehkan juga!

Ilustrasi perempuan selfie / Credit: Pinterest via id.pinterest.com

Zaman semakin modern, keberadaan media sosial semakin penting bagi kehidupan manusia. Makanya nggak heran jika banyak dari kita yang gemar mengunggah foto ke media sosial. Nah, jika kamu melihat orang lain posting foto di media sosial, nggak perlu dilecehkan juga. Nggak perlu dikomentarin aneh-aneh, nggak perlu mengirim pesan yang sekiranya bikin mereka nggak nyaman, apalagi kamu nggak kenal.

Berikut tadi adalah sederet cara untuk mengurangi tingkat pelecehan yang ada di sekitar kita. Baik kaum perempuan, kaum laki-laki, anak-anak, hingga orang tua, semua bisa jadi target pelecehan. Tapi, memang nggak dimungkiri jika kaum perempuan sampai saat ini yang paling banyak menjadi korban. Intinya sih cukup gunakan akal sehat dan hati nurani aja, serta yang paling penting, jangan melecehkan orang lain!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE