Pemimpin Negara yang Dianggap Paling Kejam Sepanjang Sejarah. Ngeri Banget~

Sepak terjang sejarahnya bahkan dikenal hampir di seluruh dunia

Negara tak  bisa berdiri tanpa adanya seorang pemimpin. Para pemimpin ini juga bertanggung jawab untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di negaranya tersebut. Meski begitu, sejarah mencatat ada banyak sekali pemimpin negara yang terkenal kejam memimpin dengan waktu yang cukup lama.

Advertisement

Sudah sejak lama, sebuah kekuasaan bisa membutakan seseorang. Kekuasaan besar untuk mengatur suatu negara rentan membuat pemimpin untuk korup dan bertindak dengan kejam. Hal ini kemudian terbukti dengan munculnya beberapa pemimpin negara yang dianggap paling kejam sepanjang sejarah. Siapa aja? Langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Robert Mugabe, sang diktator Zimbabwe

Robert Mugabe/Credit: Kompas

Robert Mugabe merupakan Presiden sekaligus diktator negara Zimbabwe selama 7 periode berturut-turut. Menurut banyak laporan dari aktivis dan media, Robert Mugabe merupakan pemimpin yang korup dan melanggar banyak hukum. Dari mulai pemalsuan data, korupsi makanan rakyat sampai pengekangan kebebasan bicara masyarakat dan pers.

2. Omar Al-Bashir, pemimpin negara Sudan yang bertanggung jawab atas kematian banyak orang di negaranya

Omar Al-Bashir/Credit: CNN Indonesia

Kemudian ada Presiden Sudan, Omar Al-Bashir. Ia merupakan diktator yang bertanggung jawab atas kematian ratusan ribu orang di Sudan. Omar terkenal sangat kejam namun sering menutupi tindakan busuknya tersebut. Pada akhirnya semua terungkap, Omar Al-Bashir telah mengantongi 43 triliun dana negara selama ia menjabat. Ngeri nggak tuh?~

Advertisement

3. Kim Jong-un, hampir nggak ada yang nggak tahu gimana kejamnya pemimpin yang satu ini

Kim Jong-un/Credit: Tempo

Sama seperti sang ayah, Kim Jong-Un merupakan pemimpin negara yang terkenal kejam. Sampai sekarang, negara Korea Utara masih tertutup. Banyak laporan yang menyebut bahwa Kim Jong Un melakukan beragam praktek kejam di negaranya. Ia mengatur masyarakat Korea Utara dari cara berpakaian sampai tontonan televisi.

4. Joseph Stalin, pemimpin Uni Soviet

Joseph Stalin/Credit: Reddit

Pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin nggak diragukan lagi masuk sebagai pemimpin negara paling kejam sepanjang sejarah. Bukan hanya korupsi semata, Joseph Stalin melakukan pembantaian, penangkapan dan mempekerjakan masyarakatnya tanpa upah di kamp konsentrasi bernama gulag.

5. Mantan presiden Indonesia Soeharto juga nggak luput dari perhatian dunia

Soeharto/Credit: Detik

Menurut majalah Forbes, Soeharto adalah salah satu pemimpin negara terkorup sepanjang masa. Pamor Soeharto sebagai presiden Indonesia selama 32 tahun memang nggak perlu diragukan lagi. Bukan hanya merongrong uang rakyat, Soeharto juga bertanggung jawab atas banyaknya peristiwa kematian orang-orang yang menentangnya.

Advertisement

6. Adolf Hitler, diktator yang memicu perang dunia kedua

Adolf Hitler/Credit: VOI

Siapa sih yang nggak tahu Adolf Hitler? Ia merupakan pemimpin negara Jerman yang sangat terkenal. Selain memicu perang dunia kedua, Adolf Hitler terkenal sangat kejam dalam sebagai pemimpin negara. Ia bahkan membunuh jutaan orang Yahudi di setiap negara-negara yang ia taklukan. Ngeri banget, kan?

7. Benito Mussolini, diktator asal Italia yang juga dikenal kejam dalam sejarahnya

Benito Mussolini/Credit: Kompas

Lalu ada Benito Mussolini dari Italia. Sama seperti sahabatnya, Hitler, Benito Mussolini terkenal kejam pada masyarakat negara sendiri. Di masa perang, Mussolini bahkan membentuk laskar-laskar pembunuh untuk menghancurkan lawan politiknya. Setelah kalah perang, Mussolini ditembak mati di depan publik oleh para partisan Italia.

8. Idi Amin, sosok yang dianggap sebagai pemimpin paling buruk di Uganda

Idi Amin/Credit: Observer

Selanjutnya ada Idi Amin, mantan presiden sekaligus merupakan pemimpin paling buruk di Uganda. Idi Amin terkenal sangat kejam dan suka membunuh. Ia sangat kejam pada sendiri. Sebanyak 300 ribu rakyatnya pernah ia bunuh dengan alasan politik dan alasan lain. Karena kejam, masyarakat Uganda menjuluki Idi Amin sebagai monster.

9. Pol Pot, pemimpin Kamboja yang melakukan genosida

Pol Pot/Credit: Minews

Nama Pol Pot pasti kurang familiar di telinga kita. Meski begitu, nama Pol Pot begitu terkenal karena kekejamannya saat memimpin partai komunis dan negara Kamboja. Saat berkuasa selama 4 tahun, ia mempekerjakan paksa dan melakukan genosida pada 2 juta rakyatnya sendiri. Gila banget emang~

10. Mao Zedong, ketua partai komunis China yang pertama

Mao Zedong/Credit: Historical Fandom

Terakhir ada Mao Zedong. Ia adalah ketua sekaligus pemimpin dari partai komunis China pertama. Di masa kepemimpinan Mao, ada 70 juta rakyat China yang melayang karena kekejamannya. Program reformasi yang dilakukan Mao merupakan program yang gagal dan menyebabkan salah satu kelaparan terburuk sepanjang masa.

Itu dia 10 pemimpin negara yang terkenal kejam sepanjang sejarah. Mereka adalah orang-orang yang menyalahgunakan kekuasaan dan nggak segan untuk menghancurkan musuh-musuh yang menghalanginya. Semoga saja kita masyarakat Indonesia nggak akan mendapatkan pemimpin yang kejam di masa mendatang. Aminnn~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE