Awalnya semangat menyongsong kehidupan kampus, mahasiswa baru secara pelan namun pasti akan menjadi mahasiswa senior. Bertahun-tahun ditempa hidup akan bikin perspektif mahasiswa baru bergeser, jika gak mau dibilang berubah. Tanpa bermaksud menakut-nakuti (tapi kamu harus takut) inilah perbedaan antara dua kubu manusia itu.

Tips membaca: Mahasiswa tua jangan baper; Mahasiswa baru jangan bangga dulu.

1. Perbedaan kedua mahluk serupa tapi tak sama ini sudah bisa dilihat sejak bangun tidur.

Mahasiswa Baru yang bangun kesiangan:

Kucir! Gue telat!! via ineedthisforreactions.tumblr.com

Advertisement

Langsung melesat bagai kilat.

Mahasiswa Tua yang bangun kesiangan:

Peduli amat! via doyoufancyus.tumblr.com

Telat kuliah pagi? Biarin deh. Tidur lagi aja kali ya?

2. Ketika mereka pulang kampung & ketemu kawan lama juga beda, lho!

Mahasiswa Baru masih menyimpan perasaan rindu (dan ingin pamer):

Haiiiiiii…..!!!!! via migoholick.tumblr.com

Girang bukan main. Cipika-cipiki. Saling pamer kuliah di mana dan jurusan apa.

Mahasiswa Tua menyimpan rasa malu:

Menghilang aja deh via paflavie.tumblr.com

Advertisement

Mundur pelan-pelan, kalau bisa langsung lenyap dari muka bumi. Paling mereka juga ngomongin “Kapan lulus?”, atau lebih parah lagi, “Udah kerja di mana?”

3. Perbedaan mereka juga bisa dilihat dari cara mereka dugem.

Mahasiswa Baru:

Yo, in da club! via whichsideuptoday.tumblr.com

Senang bukan main, soalnya baru pertama kali. Kalau perlu, latihan joget dulu.

Mahasiswa Tua:

Yakin masih mau dugem? Gak malu sama berondong? Mending duduk gemetar nulis skripsi aja.

4. Lain cerita kalau menghadapi UAS

Mahasiswa Baru ingin ujiannya sempurna:

Belajar hingga terseok-seok via giphy.com

UAS pertama menjadi pengalaman yang mendebarkan. Agar dapat nilai oke, kamu belajar giat dengan sungguh-sungguh. Minggu tenang dimanfaatkan sebagai minggu belajar.

Mahasiswa Tua ingin nilainya sempurna dengan caranya sendiri:

Kita ngapain di sini? via studiesofwumbology.tumblr.com

Kamu baru belajar beberapa jam sebelum ujian. Minggu tenang jadi minggu tidur. Kamu pun bingung kenapa milih jurusan ini.

5. Contoh kasus saat bertemu kenalan baru…

Mahasiswa Baru:

Excited punya tempat belajar baru, kenalan baru, dan sahabat baru.

Mahasiswa Tua:

Kita pernah kenal? via leftphalange.tumblr.com

Karena udah lama gak sekelas bareng dan kamu gak menyangka juga dia masih ada di kampus, kamu jadi suka lupa sama teman satu angkatan sendiri.

6. Sementara di Hari Pertama Kuliah…

Mahasiswa Baru:

Tebar pesona via flooheart14.tumblr.com

Dandan abisss. Tebar pesona sana-sini, kamu percaya kesan pertama adalah segalanya.

Mahasiswa Tua:

Jeans dan kaos oblong. Udah.

7. Soal pemanfaatan uang kiriman juga beda…

Mahasiswa Baru uangnya menumpuk:

Uang kiriman orang tua melimpah, tapi gak tahu mau dihabisin ke mana.

Mahasiswa Tua uangnya menipis:

Udah diskon pun tetap gak mampu beli via mashable.com

Keperluan dan keinginanmu banyak, tapi gak tahu mau dapat uangnya dari mana.

8. Kita intip gimana cara mahasiswa baru dan tua main facebook.

Mahasiswa Baru ketika friend request-nya diterima oleh teman di kampus:

Senangnya punya teman baru, tapi lebih afdol lagi kalau temenannya juga di media sosial!

Mahasiswa Tua ketika teman facebook mulai kebanyakan:

Ini orang kok nyebelin banget sih!!

9. Ketika masa pengisian KRS ini yang terjadi…

Mahasiswa Baru:

Stay awake… via ariadnespants.tumblr.com

Karena takut rebutan sama ribuan mahasiswa lain, yang sering bikin server universitas jebol, kamu rela begadang menunggu hingga dini hari pada hari pertama pengisian KRS. Rasanya kamu mau ambil semua pilihan mata kuliah yang banyak itu, biar cepat lulus.

Mahasiswa Tua:

Tidur aja lah via farm5.staticflickr.com

Jadwal pengisian KRS aja kamu gak tahu kapan. Setelah tanya sana-sini, waktunya tinggal beberapa hari lagi. Alih-alih segera mengisi KRS, kamu masih nyantai. Akhirnya…ngisi menit-menit akhir dan hampir gak dapat kelas.

10. Perbedaan mahasiswa baru dan tua paling mencolok ialah saat mengerjakan tugas kelompok

Mahasiswa Baru:

Kamu idealis, gak mau sekelompok dengan mahasiswa yang gak sepemikiran dengan kamu. Kalau terpaksa bergabung dengan mereka, bakal muncul niat untuk pamer dan menjadikan tugas ini sebagai proyek pribadi.

Mahasiswa Tua:

Dapat kelompok yang masih mau nampung kamu aja udah beruntung. Huft.

11. Mereka juga punya prefensi yang beda dalam hal pola makan.

Mahasiswa Baru:

Makan sehat kayak di rumah via www.youtube.com

Karena takut sakit, kamu menjaga pola makan dengan baik. Banyak makan sayur dan buah, sesuai pesan Mama.

Mahasiswa Tua:

Sarapan para juara via shelikesbento.blogspot.com

Gak perlu menunggu jadi mahasiswa tua. Pola makan sehatmu cuma bertahan beberapa bulan. Pertama, kamu pengen coba-coba semua jenis makanan yang ada di kota tempatmu belajar. Kedua, kamu gak punya waktu untuk menakar asupan gizi yang kamu telan. Klop deh.

12. Nasib mereka dengan mahasiswa yang berlawanan jenis juga beda.

Mahasiswa Baru pengen gebet semua yang cakep:

Niatnya mau gebet via www.blogcdn.com

Kok pada cakep-cakep sih? Harus digebet semua, minimal satu harus jadi pacar.

Mahasiswa Tua paling beruntung cuma dijadiin friendzone:

Friendzoned!!! via www.i-am-bored.com

Cuma Bestfriend?!!! Apa itu bestfriend? 

13. Kisah mereka berbeda di malam Minggu

Mahasiswa Baru:

Party all night via glyceride.blogspot.com

Malam minggu, kamu wajib keluar. Ke bioskop, konser, pesta atau apapun, asal jangan di rumah.

Mahasiswa Tua:

Ini udah paling seru via www.youtube.com

Di rumah nonton TV. Kalau sendirian nonton drama Korea, kalau ada teman datang nonton bola.

Namun, Mahasiswa Baru dan Tua Juga Punya Kesamaan…

14. Mereka sama-sama gak tahu mau melakukan apa dalam hidup ini 😀

Entah mau ngapain bro via 25.media.tumblr.com

Mereka gak terlalu yakin apa yang mau diperbuat dengan kuliah dan setelah kuliah. Mereka sama-sama hanya ingin menikmati momen di kampus.

15. Dan mereka sama-sama gak mau meninggalkan kampus dengan cepat…

We love College via www.theatlantic.com

Mahasiswa Baru : Gue gak akan ninggalin kampus ini. (terpesona karena suasana kampus dan semangat belajar menggebu-gebu)

Mahasiswa Tua  : Gue gak akan ninggalin kampus ini. (dengan nada putus asa)

Hidup itu pendek. Mau kamu mahasiswa baru, lama, tua, atau abadi, nikmatilah momen selagi kamu masih berstatus mahasiswa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya