Perbedaan Antara Orang Jerman Dan Orang Indonesia Saat Mendengar Sirine Ambulans

Perbedaan Mendengar Sirine Ambulans

Ambulans bukanlah penentu hidup dan mati seseorang. Namun ketika kamu dalam keadaan (amit-amit jabang bayi) darurat dan butuh pertolongan medis, ambulans mungkin satu-satunya tempat kamu menggantungkan harapan setelah Tuhan. Kamu ingin kendaraan ini tiba secepat mungkin dan sampai di rumah sakit dalam sekejap.

Advertisement

Nah, untuk sampai dengan cepat ke rumah sakit dengan selamat ambulan mengandalkan suara sirine serta kepatuhan pengguna jalan lain untuk mengalah dan ngasih jalan ketika mendengar suara sirine. Idealnya, ketika mendengar raungan suara sirine ambulans, kendaraan-kendaraan di sekitarnya harus memberi jalan.

Seperti dalam video yang terekam dari dasboar ambulans di Jerman ini.

Semua memperlambat laju kendaraan sambil menepi sehingga ambulans memperoleh jalan yang lapang di tengah.

Sepadat apapun jalanan tersebut, semua kendaraan memberi jalan bagi ambulans.

Minggir semua

Minggir semua via www.youtube.com

Ketika kamu menunggu kedatangan ambulans atau sedang di dalamnya menuju rumah sakit, berdo’alah kamu gak harus melewati jalanan seperti ini.

Perhatikan bus ijo pada video di atas.

Advertisement

Macet sih iya. Padat, emang padat. Tapi masa ambulansnya dihadang lalu dipepet bukan diberi jalan?

Video tersebut diambil di jalanan Jakarta, menurut pengunggahnya. Kalau kamu belum pernah dengan, Jakarta adalah kota dengan lalu lintas paling parah sedunia berdasarkan survei yang dilakukan oleh sebuah brand pelumas.

Mungkin hanya di Indonesia (gak cuma Jakarta) tempat di mana ambulans gak diberi jalan, malah dipepet ke pinggir. Dan hanya di Indonesia sebuah ambulans akan dibuntuti oleh 9-10 mobil yang mencuri kesempatan dengan mengaku sebagai kerabat terdekat yang lagi sakit di dalam ambulans.

Menghargai nyawa, mendahulukan yang darurat dan kerelaan untuk mengalah, mungkin itu yang membedakan kita dengan masyarakat di negara maju. Bukan tidak mungkin hal itu yang membuat kita belum siap disebut sebagai Global citizen.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Football, Music, Movie.

67 Comments

  1. Irvan berkata:

    Saya minggir kok,kalo ada suara sirine,entah itu ambulance ataupun mobil” petugas yang lain,karena pasti mereka dalam keadaan yang benar” darurat
    Tapi kalo konvoi moge yg biasanya juga pake sirine,jangan harap saya mau minggir,nah saya juga bayar pajak,saya berhak atas jalanan,sedangkan mereka juga gak dalam keadaan terdesak

  2. Untung Wibowo berkata:

    Saya reflek minggir tiap denger ambulance.

  3. Sama bangeet di brunei juga sama.. kalau denger suara ambulans minggir juga kayak gini, bahkan kalau di perempatan jalan, walaupun lampu merah semua berenti buat kasih jalan ambulans.. sempet kaget pas liat pertama kalii karna gak biasa liat kayak gtu..

  4. Rudi Setiawan berkata:

    Itu supir bis masi jadi supir gak sekarang?

  5. Ivan Hendrawan berkata:

    Masalah nya sekarang suara sirine nya banyak yg abal2. Bukan ambulance bukan pemadam bukan polisi pada pake sirine. Udah di kasih jalan eh ga tau nya mobil pribadi #tepokjidat

  6. Hansel Zebua berkata:

    Ich könnte aus der Haut fahren..

  7. Jangan samakan indonesia sama jerman dong kalo msalah kyak bgini,indonesia kan padat penduduk,haha

  8. Itu sirine mobil pemadam kebakaran apa ambulans yg di Jerman ya. Cuplikan video terakhir kayak mobil pemadam kebakaran

  9. Alvin Artha berkata:

    Jika semua penduduk Indonesia berpikiran seperti anda, saya gak bisa bayangin lagi deh akan seperti apa Indonesia nantinya. Terlalu seram.

CLOSE