Buat yang Suka Baca Komik, Kamu Perlu Tahu Bedanya Manga, Manhwa, dan Manhua nih!

Perbedaan genre komik

Di masa pandemi, masyarakat membutuhkan hiburan untuk menghilangkan kebosanan. Ada yang gemar menonton film dan serial, ada mereka yang bermain gim daring bersama teman, ada juga yang menghabiskan waktu untuk membaca buku atau atau bahkan komik.

Advertisement

Bicara soal komik, hari ini banyak sekali jenis dan judul komik yang bisa kita baca. Dengan perkembangan teknologi dan munculnya situs komik online, membaca komik bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Berbeda dengan zaman dulu, kita hanya mengenal dua jenis komik, yakni komik dari Amerika dan komik dari Jepang. Namun hari ini masyarakat Indonesia mengenal tiga komik populer yang disebut manga, manhwa, dan manhua. Nah, buat kamu yang belum tahu, Hipwee Hiburan akan membahas perbedaan tiga jenis komik yang belakangan populer di Indonesia ini. Yuk, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manga adalah komik populer yang berasal dari Jepang. Biasanya manga menceritakan kisah fantasi dengan penggambaran makhluk-makhluk aneh

Death Note Manga. via tirto.id

Manga merupakan komik yang berasal dari Jepang. Sejak kita kecil, komik seperti “Doraemon” dan “Crayon Shin-chan” gampang kita temui bahkan ada di perpustakaan sekolah. Manga sendiri adalah jenis komik yang telah lama ada. Bahkan hari ini banyak orang yang membuat manganya sendiri. Orang yang berprofesi sebagai pembuat manga disebut Mangaka.

Hal yang membuat manga jadi menarik tentu saja teknik penggambaran, jenis cerita, dan karakter-karakternya. Manga biasa menggunakan teknik yang lebih unik dengan karakter-karakter yang nggak masuk akal. Bahkan ada karakter yang memiliki kaki panjang sampai kepala yang oval. Alur cerita dalam manga juga cenderung ringan.

Advertisement

Sampai hari ini, manga memiliki mayoritas penggemar di seluruh dunia. Bahkan hari ini juga perkembangan manga semakin beragam. Banyak manga yang diadaptasi jadi film serial sampai film layar lebar. Nah, buat kamu yang belum pernah membaca atau mungkin lupa, manga ini dibaca dari sisi kanan ke sisi kiri di setiap panelnya.

Manhwa adalah komik yang berasal dari Korea. Manhwa yang sukses biasanya menceritakan kehidupan sosial modern di Korea Selatan

Lookism, Manwha Korea via www.webtoons.com

Selanjutnya ada manhwa. Manhwa sendiri adalah jenis komik yang berasal dari Negeri Gingseng, Korea Selatan. Komik jenis manhwa belakangan populer di Indonesia berkat penerbit daring seperti Webtoon. Teknik penggambaran manhwa juga menarik. Komik jenis ini mengedepankan keindahan paras dan warna pada setiap karakternya. Selain itu muatan ceritanya selalu berkisar soal sejarah dan kehidupan sosial di Korea Selatan. Contoh populernya adalah “Lookism” yang bisa kamu baca di Webtoon.

Berbeda dengan manga, manhwa punya penggemar yang cenderung sedikit. Biasanya manhwa hanya dibaca oleh warga Korea Selatan asli. Namun hari ini manhwa mulai dikenal luas oleh dunia internasional lewat penerbit online. Perlahan, tapi pasti, manhwa akan dikenal oleh masyarakat dunia. Hal ini juga nggak bisa dilepas dari pengaruh K-Pop juga sih. O, iya, cara membaca komik manhwa beda dengan manga. Kamu harus membacanya dari sisi kiri ke kanan. Jangan sampai lupa, ya!

Advertisement

Terakhir ada komik manhua yang berasal dari negara Cina. Komik dari Negeri Tirai Bambu memiliki ciri khas gambarnya sendiri dengan cerita seputar kerajaan dan cerita kungfu

Manhua. via popculture.id

Dari ketiga jenis komik, mungkin manhua adalah yang jarang kita dengar. Ya, hal ini dikarenakan manhua adalah komik yang berasal dari Cina. Nggak seperti komik lain, biasanya manhua memiliki cara penggambaran khas Negeri Tirai Bambu dengan detail lanskap Cina kuno dan karakter dan cerita seputar dunia kolosal atau cerita kungfu.

Sama seperti manhwa, komik dari Cina ini masih memiliki basis penggemar internasional yang sedikit. Meski begitu banyak masyarakat Indonesia yang mulai kenal dan tertarik untuk membaca manhua. Nah, salah satu manhwa favorit adalah “The Ravages of Time”. Sama seperti manhwa, cara membaca komik manhua ini dari sisi kiri ke kanan, namun terkadang ada juga yang dari atas ke bawah.

Nah, itu dia perbedaan 3 jenis komik yang kini sedang populer dibaca oleh masyarakat Indonesia. Apa kamu pernah membaca salah satunya? Atau mulai tertarik dan mau membaca untuk menghilangkan rasa bosan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE