Punya pacar memang menyenangkan. Ada yang diajak jalan setiap akhir pekan, teleponan setiap malam, dan hadiah-hadiah istimewa di hari spesial. Namun tidak bisa disangkal bahwa pacaran juga butuh biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya makan bareng, kencan, sampai biaya teleponan untuk memperlancar komunikasi.

Berapa sih uang yang kalian habiskan untuk pacaran setiap akhir bulan? Ya setiap pasangan punya bujet sendiri-sendiri sih. Coba deh cek biaya pacaranmu selama ini. Terus lakukan simulasi yang Hipwee bahas di bawah ini. Bakal ketahuan berapa banyak dana yang kamu habiskan untuk pacaran dan apa saja yang bisa dibeli dengannya.

1. Sekali makan bareng 250.000 itu pasti. Bila sebulan kencan 6 kali, uangnya bisa buat liburan mewah ke Jogja lho

makan sama pacar via unsplash.com

Saat lagi jalan sama pacar kamu suka lupa sudah habiskan berapa Rupiah. Gengsi juga kalau mau makan, tapi kepoin harganya dulu. Apalagi kalau mau ngajakin pacar makan di tempat-tempat sederhana. Penginnya yang hits, biar cantik kalau diposting di Instagram. Kalau kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, sekali makan bareng habis 250.000 itu hal biasa. Jika dalam sebulan sampai kencan 6 kali, 250.000 x 6 = 1.500.000. Wah, lumayan juga ya biayanya. Bisa untuk liburan mewah ke Jogja lho~

2. Sekali nonton berdua di akhir pekan juga 120.000. Itu belum termasuk harga cemilan dan minuman lho

belum termasuk cemilan dan minuman via unsplash.com

Untuk pasangan yang udah kerja, mungkin hanya sempat kencan di akhir pekan. Padahal tiket bioskop biasanya lebih mahal di akhir pekan. Hitunglah sekali nonton tiketnya 60.000, untuk 2 0rang jadi 120.000. Itu belum termasuk cemilan saat nonton. Nggak seru kan kalau nonton tanpa nyemil-nyemil atau minum softdrink?

Katakanlah sekali nonton biaya yang dikeluarkan 150.000 dan sebulan nonton 4 kali, jadi 150.000 x 4 = Rp.600.000. Kalau ditambahkan dengan biaya makan tadi, kamu sudah bisa liburan ke Bali!

3. Meski receh, uang bensin juga lumayan kalau di malam minggu. Bila sekali jalan pakai motor habis 20.000, sebulan bisa sampai 80.000 lho

ongkos bensinnya lumayan lho via unsplash.com

Boncengan di atas motor bareng kesayangan ketika malam minggu memang romantis banget. Meski masuk ke dalam kategori romantis yang receh, uang bensin untuk pergi kencan pun lumayan menguras isi dompet. Misalnya dalam sebulan untuk bensin habis 80.000, uangnya bisa disimpan untuk biaya makan sendiri sehari-hari lho. Belum kalau kamu harus naik transportasi online. Wah, coba deh itung-itung lagi berapa pengeluaranmu? Bisa untuk kebutuhan sehari-hari sampai sebulan lho.

4. Gengsi wajib terlaksana semisal belikan dia pulsa supaya lancar komunikasinya. Yah, minimal 100.000 ~

belikan pulsa via unsplash.com

Era digital kayak sekarang bikin kamu dan pacar berkomunikasi lewat aplikasi chatting. Mulai dari chatting, video call, sampai teleponan biar suaranya yang kamu rindukan bisa terobati. Dompet pun terkuras saat paket data pacar sudah habis, maka kamu bakal gengsi jika tidak membelikannya pulsa. Nggak nanggung-nanggung, pulsa minimal 100.000 kamu belikan agar komunikasi dengannya lancar jaya.

5. Eh ternyata bulan itu pacar ulang tahun atau kalian anniversary tahunan. Wah, menyiapkan surprise bisa habis 500.000 sendiri

Surprise tahunan via www.123rf.com

Perayaan anniversary atau bikin surprise ulang tahun pacar adalah hal lumrah selama pacaran. Yah, namanya juga berusaha memberikan kejutan agar hubungan kalian makin mesra. Walau sudah coba ala-ala do it yourself, tetap saja kamu harus modal ini dan itu. Bila ditotalkan, biaya anniversary dan surprise ulang tahun dapat menghabiskan tabunganmu sebesar 500.000. Padahal, uang segitu bisa kamu gunakan untuk belanja bulanan ~

Dengan pengeluaran untuk surprise ini ditambah dengan biaya makan, bensin, dan nonton itu mungkin kamu sudah bisa beli HP baru. Apalagi kalau HP yang dibeli adalah OPPO. Nggak cuma dapat HP, kamu juga bisa dapat rumah! Plus, banyak hadiah lainnya yang menantimu.

6. Belum lagi datang ke rumah pacar tanpa bawakan makanan. Walau cuma martabak seharga 30.000-50.000, sudah bisa ditabung untuk biaya service motor sewaktu-waktu lho

bawain oleh-oleh via www.123rf.com

Ada yang kurang gimana gitu kalau kamu nggak bawa makanan saat datang ke rumah pacar. Minimal martabak atau mie goreng seharga 30.000 yang mudah kamu beli di mana-mana. Dalam sebulan, jumlah uang yang dikeluarkan lumayan lho dan bisa ditabung untuk biaya service motor sewaktu-waktu.

Pacaran memang seru. Tapi kalau nggak dibatasi, bisa bikin tekor keuanganmu. Kalau sebulan keluar uang sebanyak itu, kapan kamu bisa mewujudkan keinginan untuk nyicil KPR, mobil, dan ngajakin jalan-jalan orangtua? Nah, mumpung ada promo Lucky Draw dari OPPO, boleh banget nih dicoba. Setiap pembelian produk OPPO selama 1 Desember  2018 sampai 31 Januari 2019, kamu berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah. Mulai dari  kesempatan liburan ke luar negeri hingga Grand Prize 2 rumah impian dan Lucky Draw berhadiah menarik lainnya yang totalnya sampai 10 Milyar! Siapa tahu ini jalan untuk mewujudkan keinginanmu punya rumah sendiri. OPPO bikin #MimpiJadiGampang.

Untuk menunjukkan rasa sayang nggak harus dengan berikan kejutan terus atau sering kencan. Yang penting kalian bisa saling memahami demi terwujudnya mimpi yang sejak lama terpendam. Sama-sama berhemat biaya pacaran, uangnya bisa kalian tabung atau dipakai untuk hal lain. Misalnya ikutan Lucky Draw OPPO dan mendapatkan rumah berdua untuk masa depan. Tuh, asyik kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya