Media sosial sedang diguncang fenomena #SkipChallenge yang konon bisa mematikan. Permainan tantangan yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah ini memang sangat berbahaya, bahkan saat menonton videonya, kamu juga akan merasa ngilu sendiri saking mirisnya. Sejauh ini para pelaku permainan ini hanya pingsan, tapi di luar sana, Eropa dan Amerika, tempat tantangan ini dilahirkan sudah banyak korban yang meninggal.

Melihat masifnya penyebaran video #SkipChallenge dan dampaknya yang berbahaya, banyak pihak pun segera turun tangan. Bahkan Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan pun secara langsung menyampaikan larangan dilakukannya tantangan ini terutama oleh murid-murid sekolah. Penasaran #SkipChallenge itu seperti apa? Simak ulasan Hipwee di bawah ini ya!

Ramai dipertontonkan di media sosial, begini seramnya #SkipChallenge yang mengancam jiwa


Kalau kamu mencari video #SkipChallenge di media sosial, kamu akan menemukan lebih dari 270 ribu video yang memperlihatkan tantangan ini. Para pelakunya rata-rata adalah anak sekolah dari seluruh dunia. Awalnya tantangan ini dikenal di Amerika dengan nama Choking Game atau #PassoutChallenge dan sudah dilarang oleh pemerintah setempat. Akhir-akhir ini justru anak-anak remaja kita yang mengadopsinya.

Cara melakukan tantangan ini adalah dengan menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa detik. Saat itu dada akan mengalami kekurangan oksigen sehingga pelaku (atau korban) bisa jatuh pingsan. Biasanya tantangan ini dilakukan secara berkelompok atau oleh 2 orang. Ada juga yang melakukannya sendiri dengan tali yang dililitkan ke dada lalu ditarik seperti mencekik leher sendiri. Sama saja dengan bunuh diri kalau seperti ini 🙁

Remaja memang identik dengan rasa penasaran dan haus akan tantangan serta pengakuan, tapi nggak gini-gini juga harusnya!

Advertisement


Kita semua yang pernah mengalami masa remaja pasti tahu betul bahwa di usia seperti ini kita memang haus terhadap tantangan dan pengakuan. Tapi apa iya harus dengan melakukan tantangan yang bisa merenggut nyawa karena sama dengan bunuh diri? Di luar negeri sudah ada beberapa korban yang meninggal akibat melakukan tantangan ini. Jangan sampai deh ada korban meninggal juga di negeri ini.

Orang yang ditekan dadanya saat #SkipChallenge kemungkinan akan mengalami hipoksia (otak kekurangan oksigen), kejang, kerusakan otak, pingsan, hingga berujung kematian. Seram! Rasanya hampir mirip dengan keadaan saat tenggelam, tersedak, atau serangan jantung.

Padahal kalau otak kekurangan oksigen selama 3 menit saja akan terjadi kerusakan otak, apalagi kalau sampai 5 menit, bisa fatal!

Jangan ditiru ya Dek! Mending kalian fokus belajar untuk UN malah lebih bermanfaat lho!


Saat mereka melakukan tantangan ini, pihak sekolah dan orangtua mungkin tidak tahu. Dan jiwa muda anak remaja yang suka coba-coba dan mencari pengalaman yang sensasional memang sulit dihentikan. Karena itu butuh dukungan dari berbagai pihak untuk mengubah pola pikir mereka yang salah ini. ‘Kan mending dipakai buat belajar atau hal-hal yang lebih bermanfaat lainnya. Sepertinya ini challenge terbodoh yang pernah ada deh ya! Setuju nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya