Yogyakarta memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit oleh khalayak Tanah Air maupun luar negeri. Kendati sudah kian menyerupai kota metropolitan,  banyaknya bangunan bersejarah yang masih kokoh, kekayaan kuliner, serta kearifan lokalnya masih berhasil membuat wisatawan jatuh cinta.

Di tengah dinamika lanskap dan atmosfir budaya Yogyakarta seperti itu, ada hal menggelikan yang terjadi. Seorang netizen mengagetkan masyarakat Yogyakarta dengan pertanyaan mautnya di internet. Yup, simak bareng Hipwee yuk!

Kejadian ini berawal saat sebuah akun Twitter yang menginformasikan sebuah acara silaturahmi dan syawalan bersama Sri Sultan HB X dan istrinya

GKR Hemas dikira Ibu Mirota (Raminten) via twitter.com

Kejadian yang cukup lucu ini bermula ketika sebuah akun Twitter bernama @infojogja mengunggah informasi mengenai sebuah acara silaturahmi dan syawalan yang diadakan di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Anjungan Jogja pada tanggal 9 Juli lalu. Dalam kesempatan tersebut, dijanjikan kehadiran Sri Sultan Hamengkubuwono  X dan permaisurinya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Dalam unggahan tersebut juga diunggah foto Sri Sultan HB X dan GKR Hemas. Foto inilah yang kemudian menjadi awal kemunculan pertanyaan menggegerkan dari netizen.

Seorang netizen bertanya apakah wanita yang ada di dalam foto tersebut adalah ibu Mirota

GKR Hemas dikira Ibu Mirota (Raminten) via twitter.com

Advertisement

Seorang netizen dengan akun bernama @ega_spy kemudian bertanya kepada @infojogja mengenai foto tersebut. Pertanyaan kocak sekaligus bikin gemas netizen yang satu ini mengindikasikan kalau dirinya bukan berasal dari Yogyakarta. Foto Sri Sultan yang jelas-jelas bersama GKR Hemas tersebut dikira Ibu Mirota oleh netizen. Ibu Mirota yang dimaksud adalah sosok Raminten yang memang terkenal di mata wisatawan maupun orang Jogja sendiri.

Pertanyaan ini tentu membuat netizen lainnya ikut berkomentar, termasuk salah satunya putri Sri Sultan HB X

GKR Hemas dikira Ibu Mirota (Raminten) via twitter.com

Pertanyaan ini tentu saja menuai reaksi geger dari netizen. @infojogja yang mengunggah informasi ini membalas pertanyaan tersebut dengan sangat simpel tapi bikin ngakak: “Your eyes” alias “matamu”. Lebih bikin kaget lagi tatkala salah seorang putri Sri Sultan HB X dan GKR Hemas, yakni GKR Hayu juga turut bereaksi dengan menuliskan komentar “Ngakak sik” atau berarti “ketawa dulu”. Sepertinya putri keempat Sri Sultan ini memaklumi pertanyaan netizen tersebut. Bukan dibalas dengan teguran, GKR Hayu malah ikut tertawa dengan pertanyaan netizen ini.

Ibu Mirota yang dimaksud oleh netizen tersebut adalah sosok Raminten yang merupakan salah seorang penerus grup Mirota dan pemilik rumah makan bernama House of Raminten

Bagi kamu yang penasaran kenapa bisa muncul pertanyaan tersebut, Ibu Mirota yang dimaksud oleh netizen ini adalah sosok Raminten. Nama aslinya adalah Hamzah Sulaeman, figur generasi kedua keluarga Grup Mirota yang memiliki pusat oleh-oleh, Hamzah Batik (Mirota Batik), tempat makan bernama House of Raminten, dan sanggar tari yang sangat terkenal di Jogja. Nama Raminten sebelumnya adalah nama tokoh yang diperankannya di sebuah acara di Jogja TV yang bertajuk Pengkolan.

Kalau dilihat dari fotonya, menurutmu memang wajar atau ngaco ya GKR Hemas bisa tertukar dengan Raminten?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya