4 Hal yang Bakal Terjadi Menjelang Waktu UNBK. Anak Sekolahan Harus Siap Siaga nih!

Persiapan UNBK

Bagi anak-anak sekolahan, entah itu SMP maupun SMA, waktu-waktu menjelang Ujian Nasional atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah masa paling menegangkan. Gimana nggak bikin tegang, kalau materi selama 3 tahun berturut-turut diujikan hanya dalam beberapa hari. Tentu gejolak hati dan mental benar-benar mencapai pada puncaknya.

Advertisement

Nggak cuma itu, berbagai hal dan permasalahan  tentunya juga muncul ketika udah mendekati dengan hari H. Mulai dari pertemanan, asmara, hingga lika-liku untuk mempersiapkannya. Namun, jika dicermati lagi, ternyata ada beberapa hal yang pasti terjadi dan jadi fenomena rutin menjelang hari paling berdarah tersebut. Seperti hal-hal di bawah ini~

Selalu ada aja pasangan yang putus beberapa waktu sebelum Ujian Nasional. Polanya pun hampir sama, pokoknya atas dasar alasan ingin fokus belajar. Halah!

Urusan hati menjelang UNBK. via filmrefrain-blog.tumblr.com

Nggak ada angin, nggak ada hujan, pokoknya tiba-tiba putus gitu aja. Bagi yang udah mengalami secara langsung, pasti pahamlah kalau alasan ini adalah salah satu hal yang klise dan paling ngeselin. Belum lagi nanti setelah Ujian Nasional selesai, mantanmu jadian sama temenmu sendiri. Bikin pusing nggak tuh? Udah kepikiran hasil ujian, ditambah lagi permasalahan kayak gini.

Kalau kalian udah mencium akan adanya tanda-tanda bakal terjadi hal ini, mending buruan menentukan sikap deh. Sayang banget, kan, kalau hubungan baik selama ini harus kandas begitu aja. Harusnya sih mau ujian, ya, saling support, ini malah bikin kalut. 🙁

Advertisement

Bocah-bocah nakal yang tiba-tiba puasa Senin Kamis. Kira-kira kesurupan apa, ya, bisa begini!?

Potret anak-anak bandel. via rencanamu.id

Salah satu pertanda bahwa hari Ujian Nasional semakin dekat adalah adanya perubahan anak-anak bandel yang ada di sekolah. Lihat aja, dari sekian banyak bocah yang kalau sekolah kerjanya cuma absen di kelas, nongkrong, bolos jam pelajaran, hingga tawuran, pasti nggak sedikit juga yang berubah secara drastis.

Bersikap baik sama temen yang kerap dirundung, jadi nurut sama guru, pokoknya lurus-lurus aja deh. Bahkan, nggak jarang juga sampai ada yang puasa Senin-Kamis. Begini nih anak kurang ajar, inget sama hal-hal baik kalau udah merasa ketakutan aja~

Masjid sekolahan jadi ramai, yang biasanya ibadah 5 waktu aja sepi, ini salat sunah sampai penuh. Ayo, pada ingat sama Tuhan!

Advertisement

Dateng ke Tuhan kalau lagi ada maunya aja. Hih! via kemilaumuslim.blogspot.com

Selain tiba-tiba jadi berakhlak, hal yang paling mencolok lagi adalah potret di masjid sekolahan. Coba deh perhatikan, setiap menjelang waktu Ujian Nasional, masjid di sekolahan pasti ramai banget. Padahal, sebelumnya sih boro-boro, ada lima orang yang salat aja udah mending. Tapi, kalau pas sebelum hari pertempuran dimulai, udah pasti dari deretan paling depan sampai paling belakang jadi penuh.

Ya, mau gimana lagi sih, daripada nggak inget sama Tuhannya sama sekali. Uniknya, kalau kamu punya teman yang salatnya musiman kayak gini, perhatikan setelah selesai ujian, pasti dia kembali lagi ke jalan setan. 🙁

Bakal bermunculan status sok bijak dari teman-teman sekolahmu tentang persahabatan. Padahal sebelumnya ditagih utang aja susah banget. Hadeeh!

Persahabatan ala anak SMA. via www.liputan6.com

“Kita masuk bareng, besok kita harus keluar bareng-bareng juga, ya! Habis itu berjuang lagi di kampus yang sama!”

Status kayak gitu biasanya juga bakal menghiasi seluruh updatean media sosial anak-anak sekolah yang harap-harap cemas menunggu jadwal ujian. Kamu sendiri dan teman-temanmu mungkin pernah menjadi salah satunya. Mulai dari kata-kata bijak persahabatan, kebersamaan, hingga kekeluargaan pokoknya ada semua.

Padahal, kalau ditagih utang sih pura-puranya lupa atau bahkan nggak tahu. Gitu kok pakai ngomongin persahabatan segala macem, ada-ada aja memang~

Tapi, apa pun itu, siapa pun yang sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir penentu kelulusan, semangat terus dan jangan pernah menyerah sedikit pun, ya! Tuhan bersama dengan orang yang gigih berjuang kok!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Senois.

CLOSE