Sederet Perubahan KTP dari Waktu ke Waktu. Zaman Dulu, Ukurannya Bisa Segede Buku Gambar~

Perubahan bentuk KTP

Banyak orang di Indonesia yang ternyata nggak sadar bahwa bentuk KTP dari waktu ke waktu itu mengalami berbagai macam perubahan, khususnya bagi generasi milenial saat ini, kita mungkin juga salah satunya. Tanda pengenal yang wajib dimiliki oleh seluruh penduduk Indonesia tersebut paling nggak telah mengalami lebih dari lima kali perubahan yang benar-benar berbeda dari bentuknya yang sekarang ini.

Advertisement

Jika sekarang kita mengenal E-KTP (meski nggak semuanya sih, karena ada yang dikorupsi, hehe), berbeda dengan zaman sebelum kita. Jangankan punya database elektronik, bentuknya aja masih segede buku gambar. Boro-boro mau disakuin, bisa dilipat dan dimasukkan tas kecil aja udah bersyukur banget. Nah, kalau kamu pernah mengalami punya KTP semacam ini, itu artinya umurmu udah nggak lagi muda~ :p

1. Saat zaman penjajahan Belanda dulu, ternyata KTP udah ada lo. Tapi, namanya adalah Sertifikat Kependudukan

KTP zaman penjajahan Belanda / Credit: Historyandlegacy via historyandlegacy-kebumen.blogspot.com

2. Beda lagi dengan KTP pada masa penjajahan Jepang, hurufnya jelas aja pakai huruf Jepang kayak gini. Masih ada yang nyimpen nggak. ya?

KTP zaman penjajahan Jepang / Credit: Museummiliter via museummiliterku.blogspot.com

Advertisement

3. Masuk zaman awal kemerdekaan Indonesia, namanya berubah jadi Surat Tanda Kewarganegaraan Indonesia. Uniknya, setiap daerah dulu punya desain yang berbeda

KTP masa awal kemerdekaan / Credit: Jadiberita via jadiberita.com

4. Nah, memasuki periode tahun 1967 hingga 1970, kartu ini sudah mulai banyak dibuat menggunakan mesin tik

KTP era 60-70an / Credit: Civitas UNS via civitas.uns.ac.id

5. Mulai dari tahun 1970 hingga tahun 1977, bentuk KTP udah mulai makin keren lagi ternyata. Pasalnya, udah ada sampul berupa hardcover, meski isinya masih sama kayak sebelumnya

KTP era 70-an / Credit: Civitas UNS via civitas.uns.ac.id

Advertisement

6. Bagi orang-orang yang menginjak usia 17 tahun saat era 2000-an awal, tentu udah nggak asing lagi dengan KTP kuning ini. Ya, KTP yang satu ini digunakan hingga tahun 2002

KTP kuning / Credit: Cektkp via cektkp.id

7. Dari tahun 2002 hingga 2004, ada perubahan kecil pada halaman data identitas pemilik yang menjadi berwarna kuning kayak gini

KTP tahun 2002-2004 / Credit: Civitas UNS via cektkp.id

8. Banyak yang nggak tahu lo, jika ternyata saat Aceh terjadi situasi darurat militer, daerah mereka punya KTP khusus yang bernama KTP Darurat Militer Aceh. Pada KTP ini sedikit berbeda karena terdapat warna merah putih dan lambang garuda

KTP Darurat Militer Aceh / Credit: Twitter Aceh via twitter.com

9. Nah, kalau yang satu ini sih pasti banyak banget yang udah familiar. KTP Nasional yang masa penggunaannya hingga tahun 2010 lalu sebelum bergeser ke perubahan KTP selanjutnya

KTP Nasional / Credit: Civitas UNS via civitas.uns.ac.id

10. Terakhir, mungkin sebagian orang sampai saat ini belum tahu bentuk KTP yang tengah berlaku karena kasus korupsi beberapa waktu lalu. Ya, inilah KTP kita sekarang~

Bagian belakang e-KTP / Credit: skumetropolitan via www.skumetropolitan.com

Berikut tadi deretan perubahan KTP di Indonesia yang terjadi sejak zaman penjajahan dulu hingga zaman penjajan korupsi sekarang ini. Ternyata tanda pengenal yang wajib kita miliki setelah berumur 17 tahun tersebut telah mengalami beberapa perubahan yang benar-benar berbeda ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE