Seoul Station, Film Prekuel Train to Busan Versi Animasi yang Masih Jarang Diketahui

Bagi pencinta film zombi, Train to Busan pasti sudah dianggap sukses menjadi tontonan yang apik dan menegangkan. Film Korea Selatan karya Yeon Sangho ini memang cukup booming dan dibahas oleh penikmat film zombi di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu jika Train to Busan punya versi animasi?

Advertisement

Film animasi Seoul Station ternyata merupakan prekuel atau film lanjutan yang menceritakan kisah masa lampau dari film Train to Busan, loh. Meski sama-sama rilis di tahun 2016, tapi nggak banyak yang tahu soal prekuel ini. Padahal animasi ini menjadi sejarah wabah zombi di Train to Busan. Seperti apa Seoul Station? Yuk simak ulasan berikut.

Seoul Station menceritakan awal mula wabah zombi yang menyerang Korea Selatan

film zombi seoul station

Seoul Station | Foto dari imdb

Sebagai prekuel, Seoul Station menjelasakan awal mula kekacauan di Korea Selatan akibat wabah zombi. Seperti judulnya, film animasi ini mengambil latar utama di Stasiun Seoul yang menjadi tempat tragedi zombi pertama kali.

Cerita di film ini berpusat pada dua karakter utama yakni Suk-gyu yang merupakan seorang ayah yang sedang mencari keberadaan anak perempuannya, Hye-sun. Diceritakan bahwa sang anak kabur dari rumah dan terjebak di dunia prostitusi yang dikendalikan pacarnya, Ki-woong.

Advertisement

Suatu ketika, Hye-sun dan Ki-woong bertengkar dan Hye-sun memilih pergi dari kediaman mereka. Di saat yang sama di Stasiun Seoul, seorang pria tua berperilaku aneh tiba-tiba sekarat, dan menjadi zombi yang haus darah. Di tengah kekacauan tersebut, Hye-sun tiba di stasiun dan menyaksikan kekacauan akibat serangan zombi.

Hye-sun kemudian lari untuk menghidari kejaran zombi tersebut. Di saat yang sama, Suk-gyu dan Ki-woong yang sedang mencari Hye-sun pun harus terjebak di dalam kekacauan kota Seoul. Mereka bertiga terus berlari untuk saling mencari dan menghindari serangan zombie.

Seoul Station nggak kalah menegangkan dari Train to Busan hingga mendapat banyak penghargaan

film zombi

Zombi di Seoul Station | Foto dari imdb

Advertisement

Film yang mengambil latar sebelum kejadian Train to Busan ini pernah meraih penghargaan Best Animated Feature di Asian Pacific Screen Awards edisi ke-10 pada 2016. Di Korea Selatan sendiri, film animasi ini mendapat banyak penghargaan lain, karena ceritanya yang sederhana tapi cukup menegangkan sebagai film zombi.

Apalagi Seoul Station juga menyoroti isu prostitusi di kalangan anak muda dan persoalan keluarga, membuat film ini jadi kaya cerita. Namun, sebagai prekuel, Seoul Station seperti melupakan bagian penting dari cerita zombi yang nggak diceritakan, yakni asal-usul virus atau wabah zombi. Sehingga banyak penonton yang kecewa, karena nggak menemukan jawaban soal asal-usul wabah tersebut.

Kendati demikian, Seoul Station tetap layak untuk kamu tonton, karena ada certita lain dari tokoh-tokohnya yang cukup memberikan makna. Apalagi jika kamu sudah menonton Train to Busan. Seoul Station bisa kamu tonton di Netflix ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE