Kemungkinan besar bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada sekitar pertengahan bulan Juni, seiring kabar yang menyatakan bahwa NU dan Muhammadiyah akan memulai bulan suci pada tanggal yang sama. Itu artinya kurang dari sebulan lagi, kamu yang bergama Islam akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Enggak kerasa ya satu tahun berlalu dan kita bertemu lagi dengan Ramadhan. Mungkin Ramadhan kali ini tak terasa jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bangun sahur jam tiga pagi, boro-boro mau sahur on the road yang bangunin aja gak ada. Terus menjelang waktu berbuka dilewatkan dengan sendirian, tanpa ritual ngabuburit dan buka bareng. Semuanya dilakukan sendiri. Iya. Sendiri. Seperti tahun-tahun sebelumnya puasa tahun ini kamu masih tetap sendiri atau dengan kata lain yang lebih sadis, kamu masih tetap jomblo.

Sekuat karang kamu mencoba untuk mengabaikan tetapi meme-meme itu kembali datang dan mengingatkan atas kejombloanmu.

Kamu mencoba pasrah via memegenerator.net

Advertisement

Kamu sudah cukup tegar. Tak pernah sedikit pun kamu mempedulikan unggahan foto teman-temanmu yang menjelang puasa ini nyekar ke makam keluarga suami/istri mereka atau berkegiatan dengan keluarga mereka. Maklum, rata-rata temanmu baru saja menikah tahun ini. Sementara kamu, calon saja belum ada. Tapi, itu semua tak menjadi soal. Kamu tetap tegar tegak menghadang.

Semua berubah ketika negara Api menyerang…

Beberapa teman mengunggah meme-meme yang menyangkut jomblo di bulan puasa. Batinmu langsung terkoyak. “Ini sebuah penghinaan besar!”, batinmu. Ingin sekali rasanya kamu marah dengan unfriend, unfollow, block teman tersebut. Tapi, kamu takut. Nanti udah nggak punya pacar, nggak punya teman lagi. Jadi ya sudah lah terima saja.

Karena calon untuk melawati bulan Ramadhan bersama belum ada, (hampir) dipastikan Idul Fitri kali ini kamu masih sendiri.

Seperti menunggu hilal, menunggu jodoh pun harus sabar via www.google.co.id

Advertisement

*mudik ke rumah Pak Dhe*

Kamu: “Assalamualaikum, Pak Dhe! Minal aidin ya!”

Pak Dhe: “Walaikumsalam, sama-sama le, Sendirian aja?”

Kamu: “Enggak. Sama bapak ibu, itu masih di depan,”

Pak Dhe: “Ehem. Maksud Pak Dhe bukan itu, le… Calonmu mana?”

Kamu: “Oh itu Pak Dhe, nganu, mungkin lagi sowan ke rumah keluarganya pacarnya Pak Dhe. Sejauh ini mungkin dia belum putus jadi belum ketemu sama saya,”

Karena menjelang puasa ini kamu masih juga jomblo, sudah dipastikan ketika lebaran kamu akan kembali dihujani pertanyaan yang menyiksa. Belum lagi kalau waktu kumpul-kumpul keluarga kamu bertemu dengan sepupu-sepupumu yang masih SMA atau mahasiswa baru. Dan mereka kumpul keluarga dengan mengajak pacarnya! Ya, begitulah dedek-dedek zaman sekarang, nggak bertoleransi umat berasmara. Kamu yang sabar ya!

Pertanyaan paling sering yang akan menghantuimu adalah: “Buka sama siapa? Sahur siapa yang bangunin?” Padahal yang nanya sudah tahu sendiri jawabannya gak ada.

Sungguh kejam! via www.google.co.id

Inilah meme paling kejam yang selalu mengantuimu. Meme yang berisi pertanyaan, kalau jomblo, nanti yang bangunin saur siapa? Buka sama siapa? Enggak perlu panik. Kamu sudah terbiasa sendiri. Kadang candle light dinner aja sendiri kalau listrik di kosan mati, apalagi cuma sahur dan buka.

Butuh seseorang yang tulus untuk bangunin sahur? Tenang kamu punya satpam kompleks dan petasan.

Yang penting ada yang bangunin via www.google.co.id

Kalau hanya soal bangunin sahur, kamu sih nggak perlu repot-repot cari pacar. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kamu punya mereka yang selalu setia membangunkanmu di saat sahur: petasan dan satpam komplek. Petasan akan membangunkanmu terlebih dahulu dengan sedikit rasa terkejut (dan makian) tapi akhirnya berterimakasih karena dibangunkan. Tapi tak lama, kamu ketiduran lagi sampai satpam komplek mengetok-ngetok pintu rumahmu dan kamu benar-benar terjaga.

“Terimakasih, Pak! Kamu adalah jawaban atas ketiduranku!”

Masih banyak kok yang akan memberikan ucapan selamat berbuka puasa padamu, salah satunya iklan sirup dan mie instan.

Selamat buka… via immodigitalstudio.blogspot.com

Kata siapa jomblo kalau puasa nggak ada yang ngucapin selamat berbuka puasa? Itu semua fitnah! Enggak benar dan enggak berdalil. Biarpun jomblo, tetap banyak kok yang mengucapkan selamat berpuka puasa. Beberapa tahun lalu aja, tepat setelah adzan maghrib dikumandangkan, Irfan Bachdim langsung buru-buru datang dan mengucapkan selamat berbuka puasa. Tahun ini pasti juga ada lah yang ngasih ucapan selamat berbuka, mungkin iklan sirup, iklan mie instan atau iklan obat sakit kepala. Entah lah, pokoknya yang penting ada.

Buat jomblo yang bosan sendirian, bisa mencoba berbuka puasa di masjid biar ada temannya.

Berbuka ramai-ramai via www.google.co.id

Saat buka puasa kamu yang jomblo sering bingung buka pakai apa ya, buka sama siapa ya, duh nggak ada yang nyiapin buka puasa. Eh, jangan sedih. Kalau kamu engga mau bingung buka puasa apa, ada temannya, dan disiapin. Kamu cukup datang ke masjid terdekat dan ikut buka puasa di sana. Dijamin ramai-ramai, banyak temannya, sudah disiapin, tinggal isi perut.

Yang pasti, jomblo adalah seorang yang tangguh dan kuat dalam menghadapi cobaan selama puasa.

Kamu harus kuat! via www.google.co.id

Kamu yang masih juga jomblo pada bulan puasa kali ini merupakan sudah pasti merupakan pribadi yang tangguh. Ketangguhanmu ini sudah sangat teruji dengan pasti. Puasa satu bulan bagimu kamu jalani dengan tenang dan tanpa halangan. Selama bertahun-tahun kamu sudah bertahan sebagai jomblo, menahan semua amarah dan kegagalan cinta, puasa satu bulan tak sulit bagimu.

Dan yang paling penting: kamu tetap menjalani ibadah puasa ini dengan tulus ikhlas dan penuh ibadah meski tanpa kehadiran pacar.

Yang tabah, ya. Semoga berkah via mencuatdotcom.files.wordpress.com

Meskipun saat sahur kamu harus dibangunkan oleh petasan dan satpam komplek dan walaupun yang memberi selamat berbuka hanyalah iklan sirup, yang terpenting kamu menjalani ibadah puasa dengan hati yang suci. Tak ada kegalauan yang mengganggu ibadahmu selama bulan Ramadhan.

Percayalah dengan ibadah yang rajin, kamu yang puasa tahun ini jomblo mudah-mudahan tahun depan saur sudah ada yang bangunin, buka puasa ada yang nyiapin makanan dan lebaran sudah ada yang anggota keluarga yang baru. Amin.

Selamat berpuasa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya