Meskipun lahir sebagai serial komedi dengan banyak sekali nada warna ceria, SpongeBob Squarepants bukanlah sekadar cerita ngarang yang nggak diperhitungkan sama sekali. Stephen Hillenburg yang merupakan seorang ahli biologi kelautan, memperkenalkan makhluk-makhluk bawah laut dan bagaimana karakter mereka.

Banyak sekali pesan rahasia yang dikemas secara satire dalam komedi-komedi simpel. Kita mungkin tertawa tanpa menyadari bahwa Stephen mencoba menyelipkan misteri dalam beberapa adegan SpongeBob. Bareng Hipwee Hiburanyuk kulik rahasia terdalam serial ini. Sebagian agak kelam, Cuy!

1. Bentuk bangunan Krusty Krab adalah perangkap lobster. Seolah menandakan betapa jahatnya manusia yang selalu menjaring makhluk laut buat dimakan

Pantesan Larry nggak pernah main Krusty Krab. via twitter.com

Advertisement

Bentuk bangunan restoran Krusty Krab sekilas baik-baik saja. Layaknya sebuah bangunan konyol yang ada di kartun dan serial komedi, tapi bentuk bangunan ini sebenarnya terinspirasi dari perangkap lobster dan dimodifikasi agar sisi bawahnya kelihatan lebih panjang.

2. Resep rahasia Krabby Patty sebenarnya agak mengerikan, karena ada daftar bahan dari ‘kepiting tiruan’ (adahal kan Tuan Krab juga kepiting). Apakah dia mempromosikan orang-orang untuk memakan kaumnya?

Daftar resep rahasia. via aseatenontv.wordpress.com

Situs resmi Nickelodeon pernah benar-benar mengunggah rincian resep Krabby Patty lo. Selain serbuk Neptunus yang terasa aneh, ada juga daftar bahan ‘kepiting tiruan’. Banyak fans yang juga mempertanyakan apakah Krabby Patty adalah simbol dari bagaimana orang-orang memakan Tuan Krab sebagai kepiting, atau memang dinamai begitu sesuai nama pemilik restorannya?

3. Gosipnya, nama Bikini Bottom adalah sebuah bercandaan dari tempat yang aslinya disebut Bikini Atoll. Tempat ini dulunya sering digunakan untuk test nuklir, bahkan dasar laut dari Bikini Atoll juga lo

Foto ledakan di Bikini Atoll, familiar sama pohon kelapanya kan? via www.liputan6.com

Mungkin kamu sering melihat adegan ledakan di serial SpongeBob. Ledakan itu bahkan seolah kayak ledakan nuklir yang begitu besar. Dari situlah banyak yang curiga kalau jangan-jangan Bikini Bottom memang terinspirasi dari Bikini Atoll. Sebuah tempat yang sejarahnya memang buat mengetes ledakan nuklir. Serem amatlah!

4. SpongeBob dianggap sebagai simbol seksual. Ada juga episode di mana SpongeBob dan Patrick merawat seekor kerang dan mereka berlaku layaknya suami istri, padahal mereka sama-sama laki-laki lo

Hmmm, begitu, ya~ via spongebob.fandom.com

Advertisement

Pada salah satu episode ketika Patrick dan SpongeBob mengadopsi bayi kerang, mereka berlaku layaknya suami dan istri. Patrick bertindak layaknya suami dan SpongeBob keibuan banget. Bahkan line terkenal SpongeBob ketika menyebut “Imajinasi~” sambil membentuk pelangi dengan tangannya juga dianggap simbol LGBT. Bener nggak, ya?!

5. Banyak guyonan di serial ini yang nggak sopan dan terhitung cukup ngawur. Pokoknya seratus persen serial ini bukan tayangan anak-anak, ya, Guys!

Bercandaan soal penyakit. via www.google.com

Yakinlah kalau serial SpongeBob nggak layak ditonton sama adik-adikmu yang pemikirannya belum dewasa. Banyak guyonan yang sebenarnya cenderung nggak sopan atau ngawur untuk diucapkan. Kecuali kalau guyonan ini cuma dilontarkan di tongkrongan, kayaknya nggak bakal bermasalah sih.

6. Beberapa ‘pesan bunuh diri’ juga banyak ditampilkan. Meski nggak mempromosikannya secara gamblang, tapi guyonan bernada gelap atau dark jokes tentang bunuh diri itu kurang pantas ditampilkan di kartun seceria ini

Ngeri banget, meski aslinya narik sangkar burung. via www.google.com

Dalam sebuah dialog di episode Are You Happy Now, Squidward mengatakan, “Sepertinya aku tidak bisa mendapatkan kebahagiaan. Mungkin ini akan membantu.” sambil menggantungkan sebuah tali tambang di langit-langit. Penonton seolah diarahkan untuk mengira Squidward bakal bunuh diri, nyatanya sih Squidward memang hanya menggantung sebuah sangkar burung. Tapi tetep aja deh, bercandaan dengan topik bunih diri memang terlalu sensitif.

Meskipun nggak semua teori rahasia gelap ini dikonfirmasi dan ditanggapi oleh kreatornya, banyak fans yang sebenarnya sudah menyadari hal-hal ini dan membicarakannya melalui media sosial. Benar atau nggak, sebenarnya tergantung bagaimana kita menilai adegan-adegan ‘gelap’ di atas sih. Selama kalian masih enjoy nontonin serialnya, ya, lanjut aja. Tapi tetap awasi adikmu saat menontonnya!

Berbagai informasi di atas dikumpulkan melalui berbagai sumber, seperti Screen Rant dan CBR.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya