6 Hal yang Bikin Ramadan Kali ini Terancam Nggak Seseru Biasanya. Sedih Hati, Tapi Mau Gimana Lagi

Ramadan jadi nggak seru

Terlalu fokus sama pandemi corona bikin banyak orang lupa kalau ramadan tinggal menghitung hari. Nggak terasa, ya? Padahal rasanya baru kemarin lebaran. Begitulah waktu, melesat cepat bak cowok kalau dengar rumah pacarnya kosong. 😀

Advertisement

Perasaan senang sudah barang tentu menyelimuti. Kita masih diberi kesempatan untuk beribadah kepada-Nya tahun ini. Kesempatan untuk mendulang amalan yang banyak. Sayang, ramadan kali ini terancam nggak seru lagi seperti dulu. Banyak kegiatan yang terancam nggak bisa kita nikmati lagi gara-gara covid-19!

1. Salat Tarawih yang biasanya berjamaah mau nggak mau kita lakukan secara mandiri di rumah demi mencegah penularan virus corona

Salat sendiri-sendiri. via kaltim.tribunnews.com

Satu hal yang kita rindukan dari ramadan adalah salat tarawihnya. Sebab karena ada tarawih inilah biasanya kita jadi rajin ke masjid buat salat Isya. Agaknya, ramadan kali ini kita akan lebih sering salat di rumah. PBNU dan MUI sendiri yang mengeluarkan imbauan tersebut. Huft.

2. Aktivitas ngabuburit juga kayaknya bakal nggak dibolehin. Sedih, nggak bisa berburu takjil lagi deh

Nggak bisa berburu takjil lagi. via travel.tribunnews.com

Cara paling ampuh membunuh waktu menunggu berbuka adalah dengan berburu takjil. Ramadan kali ini hal tersebut nggak kayaknya nggak bisa kita lakukan lagi. Kita mesti menghindari kerumunan agar terhindar dari kemungkinan kena virus. Sedih, cuma bisa pesan ojol atau masak sendiri.

Advertisement

3. Buka pun bakal sendirian terus selama sebulan. Soalnya pulang kampung nggak disarankan

Buka puasa sendiri. via papasemar.com

Imbauan #dirumahaja kayaknya bakal berlanjut saat ramadan. Buka bersama pun sangat riskan jika dilakukan. Satu-satunya cara biar nggak kesepian adalah ramadan di rumah biar bukanya bareng keluarga. Mudik udah dibolehin belum sih?

4. Bangunin sahur rame-rame kayaknya juga nggak dibolehin ramadan kali ini. Hmm, nggak seru alias nggak bisa bangun dong 🙁

Nggak bisa lagi koprekan. via backpackerjakarta.com

Warga desa pasti sedih kalau aktivitas berkeliling bangunin sahur ditiadakan. Padahal kegiatan itulah yang bikin ramadan jadi seru. Ngumpul nggak boleh, di rumah aja nggak ada tayangan pertandingan bola, terus begadang kita nanti ngapain? Bikin dalgona coffee terus??

5. Corona bikin susah para jomlo ngajak jalan gebetan. Gampang ditolak mentah-mentah karena takut keluar

Sulit~ via woop.id

Nggak ada corona aja jomlo susah cari kesempatan buat ngajak gebetan jalan. Nah, ini ditambah corona, makin-makin deh tuh alasan mereka buat nolakin ajakan kita. Sebel banget!

Advertisement

6. Kalau ini terus berlanjut bisa jadi juga lebaran nanti kita nggak salam-salaman keliling kampung. Sedih banget

Lebaran yang beda. via www.islampos.com

Kontak fisik dengan orang memudahkan virus menyebar. Kalau corona nggak kunjung selesai, bukan nggak mungkin lebaran nanti bakal jadi sepi. Selain nggak salam-salaman, saudara yang datang pun tentu akan berkurang. -_-

Itulah skenario terburuk kalau wabah corona nggak selesai sebelum puasa. Rutinitas yang biasanya bikin ramadan jadi seru, kayaknya bakal nggak dibolehkan. Sedih banget nggak sih? Apalagi kalau sampai lebaran. :'(

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE