Rekomendasi 5 Film tentang Perempuan yang Menarik dan Relatable. Wajib Ditonton!

Dari Imperfect sampai Moxie, kisah dalam film ini kerap dihadapi para perempuan

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari Perempuan Internasional. Hari itu mengingatkan kita dengan cerita-cerita perjuangan para tokoh bersejarah. Bukan hanya bersejarah di tanah air, tapi juga tokoh-tokoh yang diangkat dalam cerita. Ada banyak cerita yang menggambarkan tentang perjuangan perempuan.

Advertisement

Para perempuan yang berjuang sedemikian rupa untuk memperbaiki hidup hingga memperjuangkan masa depan. Namun, bukan hanya perjuangan para pahlawan saja. Di masa kini, masih banyak perempuan yang berjuang mewujudkan hak-haknya.

Berbicara tentang kisah perempuan, SoHip pasti teringat juga dengan adegan-adegan atau alur cerita sebuah film bukan? Ada beberapa rekomendasi film inspiratif yang mengangkat cerita mengenai perempuan yang dikemas menarik dan relatable. Yuk, langsung cek aja beberapa judul film di bawah ini!

1. Imperfect

Imperfect

Imperfect | Credit by IMDB

Film Imperfect yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahardian ini cukup menarik. Plot ceritanya mengangkat isu-isu terkini yang sering menjadikan perempuan tidak percaya diri.

Advertisement

Cerita dari film Imperfect ini sangat realistis dan berhubungan dengan budaya masa kini. Perempuan dianggap cantik jika berbadan kurus, berkulit putih, dll. Bahkan, karir perempuan pun dipertanyakan jika tidak memiliki standar yang dianggap benar.

Film ini berhasil membangkitkan kesadaran akan patokan hidup yang sebenarnya tidak baku. Perempuan boleh memilih untuk hidup seperti yang diinginkan.

Kaum hawa juga berhak mengejar mimpi tanpa harus mempedulikan standar yang belum tentu relevan, tapi sudah mengakar di masyarakat. Imperfect berhasil menyuarakan suara hati perempuan masa kini yang tengah berjuang atas haknya.

Advertisement

2. Mulan

Mulan

Mulan | Credit by IMDB

Film besutan Disney memang selalu berhasil memukau para penonton. Tidak terkecuali dengan film kartun yang kemudian dijadikan live action ini. Film Mulan yang diperankan oleh sejumlah artis papan atas ini sempat ditunda waktu tayangnya, tapi akhirnya berhasil tayang di tahun 2020 melalui streaming platform Disney+.

Yifei Liu dalam peranannya menjadi Mulan cukup mendalami plot cerita. Perannya sebagai wanita selalu mendapatkan perlakuan yang berbeda dibanding pria. Mulan yang lahir sebagai wanita pun ingin membantu menanggung beban sang ayah dalam menghadapi peperangan.

Ia menyamar menjadi seorang laki-laki dengan kemampuan yang tidak kalah dengan laki-laki sejatinya. Yifei Liu juga ditemani dengan Donnie Yen, Gong Li, hingga Jet Li sebagai para pemeran utama dalam film ini.

3. Mona Lisa Smile

Mona Lisa Smile

Mona Lisa Smile | Credit by IMDB

Mona Lisa Smile adalah drama Amerika yang tayang di tahun 2003 lalu. Film ini diperankan oleh Julia Roberts, Kristen Dunst, dan Julia Stiles. Judul film ini mengambil referensi dari lukisan terkenal Leonardo Da Vinci. Film ini juga menyabet beberapa penghargaan bergensi di masanya.

Mona Lisa Smile mengangkat cerita tentang dosen perempuan yang sedang memperjuangkan kesetaraan gender. Ia mengajak dan memberikan inspirasi untuk para muridnya agar mengevaluasi budaya yang melekat pada saat itu.

Bukan hanya itu, ia juga mengajak murid-muridnya untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Ia ingin membuat perubahan pada pemikiran dan gaya hidup pada wanita sehingga akhirnya wanita juga berhak untuk mengejar mimpi.

4. Self Made : Inspired by the Life of Madam C.J. Walker

Self Made : Inspired by the Life of Madam C.J. Walker | Credit by IMDB

Film yang satu ini merupakan mini series yang tayang di Netflix pada 2020 lalu. Diperankan oleh Octavia Spencer sebagai pemeran utama, Self Made Inspired by The Life of Madam C.J. Walker mengangkat kisah inspiratif tentang pengusaha wanita Afrika-Amerika yang membangun kerajaan perawatan rambut.

Ia juga berusaha untuk menghadapi isu rasisme sebagai perempuan kulit hitam. Berbagai cobaan pun dilaluinya hingga akhirnya berhasil menjadi wanita jutawan pertama di Amerika.

5. Moxie

Moxie

Moxie | Credit by IMDB

Resah dengan budaya seksis yang telah mengakar di sekolahnya, Vivian akhirnya mulai beraksi. Ia terinspirasi dari sang ibu yang pernah melakukan pemberontakan terhadap budaya patriarki serta teman baru yang percaya diri. Vivian dan sahabatnya pun menerbitkan majalah feminis sebagai bentuk protes terhadap perilaku seksis tersebut.

Moxie yang diperankan oleh Hadley Robinson, Lauren Tsai, dan Dylan Meyer ini tayang di tahun 2021 kemarin. Walau bergenre remaja, tapi film ini cukup berhasil menginspirasi para wanita, terutama perempuan remaja. Film ini juga bisa memberikan kekuatan untuk menentang budaya buruk yang selama ini sudah mengakar.

Nah, itu dia beberapa film yang sangat cocok ditonton untuk merayakan hari perempuan internasional ini. Jadi, untuk kamu para perempuan, jangan takut menyuarakan pendapatmu ya. Mungkin saja selanjutnya cerita emansipasimu yang akan difilmkan, lo!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

CLOSE