6 Rekomendasi Anime Cyberpunk, Fiksi Ilmiah Tekonologi Masa Depan yang Penuh Kekacauan

Anime memang menjadi salah satu tontonan menarik yang disukai berbagai kalangan, nggak hanya anak-anak, kartun Jepang ini juga disukai oleh orang dewasa. Ceritanya kaya makna dan mengandung teori-teori besar, membuat sebagian anime memang diikuti oleh orang dewasa. Salah satu genre yang banyak disukai adalah cyberpunk.

Advertisement

Anime cyberpunk merupakan sub genre fiksi ilmiah dengan latar belakang yang cukup spesifik di peradaban teknologi masa depan, tapi penuk kekacauan. Anime cyberpunk memang saat ini belum terlalu banyak, sehingga mungkin belum terlalu dikenal. Kendati demikian, Anime cyberpunk layak menjadi tontonan yang seru sekaligus menegangkan.

1. Cyberpunk: Edgerunners, kisah pemuda miskin yang memiliki implan misterius

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Menonton Cyberpunk: Edgerunners akan mengajakmu menilik kehidupan perkotaan yang futuristik dengan segala kecanggihan teknologinya. Namun, sayangnyadi kota ini punya banyak sisi kelam dan kejahatan yang dianggap normal. Anime ini fokus bercerita tentang David Matinez dan ibunya Gloria yang hidup serba kekurangan.

Sang ibu berambisi menyekolahkan David di sekolah bergensi di kota itu. Meski memiliki nilai yang sangat baik, tapi David nggak bisa bergaul karena dianggap miskin. Suatu ketika Gloria meninggal dan David menemukan implan misterius di barang sang ibu. Kemudian ia memasang implan itu di punggung yang membuatnya bergerak begitu cepat. dan bergabung dengan kelompok cyberpunk yang melakukan misi berbayar.

Advertisement

2. Akira, cerita tentang cyberpunk di Tokyo pasca bencana ledakan nuklir

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Anime ini merupakan anime lawas tapi menjadi tontonan favorit. Akira bercerita tentang kehidudupan di Tokyo pasca ledakan nuklir dan proses kebangkitan kota intu menjadi Neo-Tokyo. Di kota ini banyak sekali kejahatan dan kekacauan kota yang terjadi, meski banyak tekonologi canggih mulai bermunculan.

Akira punya fokus cerita pada perselisihan geng motor yang diketuai oleh Kaneda. Mereka terlibat aksi kejar-kejaran hingga ada seorang anak misterius yang menjadi buronan polisi. Dalam aksi tersebut, anak buah Kaneda yakni Tetsuko nggak sengaja hampir menabrak anak itu tapi berakhir ia yang terluka parah. Anehnya, Tetsuko dibawa oleh kelompok militer dan menjadi subjek eksperimen mereka.

3. Akudama Drive, cerita tentang kelompok penjahat yang menajalani berbagai misi di sebuah kota futuristik

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Advertisement

Di sebagian awal anime ini menayangkan berbagai kejahatan di kota Kansai yang dikisahkan memiliki teknologi serba canggih. Di sini para penjahat disebut Akudama yang memiliki berbagai kelas. Suatu hari Akudama S mendapat misi dari seekor kucing hitam untuk membebaskan seorang pembunuh dengan imbalan yang menggiurkan.

Sayangnya seorang warga sipil justru terseret dalam misi tersebut yang membuat nyawanya terancam. Demi keselamatan, si warga sipil mau nggak mau harus terus terlibat dalam misi Akudama S yang selalu mendapat misi besar yang justru semakin mengancam nyawanya.

4. Texhnolyze, sebuah teknologi transplantasi tubuh manusia yang dilakukan oleh seorang petarung andal

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Anime cyberpunk ini nggak memiliki latar di kota futuristi, tapi justru kota terbengkalai dan banyak kejahatan. Buat kamu yang sukan anime distopia kota, ini sangat seru dijadikan tontonan. Distopia di sini terjadi di kota Lux yang nggak terurus. Di sini terdapat penambangan zat langka yang bisa dijadikan transplantasi texhnolyze yang memungkinkan manusia mengganti bagian tubuhnya.

Transplantasi ini dialami oleh seorang petarung bayaran bernama Ichise yang harus kehilangan kaki dan tangannya karena kalah bertarung. Ia diselamatkan oleh seorang peneliti dengan teknologi texhnolyze, hingga membuatnya menjadi pemimpin faksi Organe yang mengontrol pasokan texhnolyze di kota Lux.

5. Ghost in the Shell, seorang mayor yang sempat menggunakan teknologiĀ  trasplantasi anggota tubuh

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Serial anime yang terdiri dari 5 film ini berlatar sebuah kota dengan teknologi yang sangat pesat. Termasuk ada teknologi untuk mengganti organ tubuh manusia dengan cyborg. Fokus ceritanya tentang Mayor Motoko Kusanagi dari bagian 9 keamanan yang mengatasi ancaman kelompok berbahaya. Pekerjaannya yang berbaha membuat Kusanagi pernah mengganti anggota tubuhnya menjadi cyborg.

Berkat tekonoli itu, Kusanagi tetap bisa menjalani misi memecahkan kejahatan siber dan peretasan yang menyeret nama hacker andal Puppet Master. Menonton anime ini membuatmu merasakan keseruan tersendiri ketika Kusanagi yang telah menjadi cyborg seolah diberi kesempatan hidup kedua untuk menjalankan misi memberantas kejahatan.

6. Ergo Proxy, cerita tentang kehidupan terakhir dalam peradaban bumi di sebuah teknologi canggih

Anime cyberpunk

| Gambar dari Imdb

Anime cyberpunk ini memiliki genre khusus misteri psikologi. Ergo Proxy menceritakan tentang kota Romco yang terbungkus kubah besar untuk memastikan manusia terus hidup di sana. Dikisahkan nggak ada lagi kehidupan di luar kubah karena sudah memasuki peradapan paling akhir.

Sebuah teknologi canggih berupa robot humanoid bernama AutoReivs memiliki virus cogito yang membuat mereka bisa berpikir seperti manusia. Virus itu terus diteliti untuk memastikan kehidupan di Romdo. Anime yang memiliki 23 episode ini cukup seru untuk dijadikan tontonan lo. Apalagi banyak konflik yang terjadi dijamin membuatmu tegang saat menontonnya.

Nah, itulah 6 anime cyberpunk terbaik yang akan memberikan gambaran bahwa di balik kemajuan teknologi memungkinkan ada dampak berupa kekacauan yang akan terjadi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE