7 Rekomendasi Film Melodrama Korea yang Penuh Kisah Haru dan Menyedihkan!

Industri perfilman Korea Selatan memang nggak hanya menyajikan film dan drama romantis, tapi juga berbagai genre lain yang memikat para penonton. Salah satu genre film Korea yang cukup banyak diminati adalah melodrama. Film melodrama,  identitas Korea menawarkan cerita yang penuh emosional baik itu kisah haru dan menyedihkan.

Advertisement

Latar ceritanya pun beragam mulai dari keluarga, pertemanan, kisah romansa, hingga perjuangan melewati penyakit. Berikut ini Hipwee punya rekomendasi film melodrama Korea terbaik yang wajib kamu tonton.

1. Hiya, bercerita tentang seorang kakak yang selalu berusaha dekat dengan sang adik meski sangat membencinya

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Menonton film melodrama Korea ini akan menguras air mata, bercerita tentang seorang laki-laki bernama Jin-sang yang dicap sebagai pembuat onar di keluarganya. Ia juga dicurigai sebagai pelaku penipuan dan pembunuhan, sehingga sangat dibenci oleh keluarga, termasuk sang adik.

Namun, Jin-sang selalu berusaha dekat dengan sang adik yang bernama Jin-ho, meski Jin-ho membencinya. Dikisahkan Jin-ho yang bercita-cita sebagai penyanyi terus mengalami kegagalan saat audisi. Di sinilah perjuangan Jin-sang membantu sang adik harus diuji. Film melodrama kisah adik kakak yang dirilis pada tahun 2016 ini akan membuatmu banjir air mata saat menontonnya.

Advertisement

2. My Little Brother, kisah tentang pertemuan mengharukan tentang tiga bersaudara yang tinggal terpisah

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Satu lagi film melodrama Korea tentang kehidupan persaudaraan yang akan menguras air mata. Film yang dirilis pada 2017 ini bercerita tentang tiga saudara yang tinggal terpisah dan saling nggak peduli satu sama lain. Suatu hari mereka kembali bertemu saat upacara pemakaman sang ayah. Ketiganya dikejutkan dengan kehadiran seorang anak laki-laki yang menangis di acara tersebut.

Ternyata anak itu adalah adik bungsu mereka. Ketiganya saling menghindari tanggung jawab untuk merawat sang adik. Namun, kehadiran anak laki-laki  itu justru membuat hubungan ketiga kakaknya justru membaik.

3. The Preparation, kisah seorang penderita kanker yang mempersiapkan diri menjelang kematian

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Advertisement

Film melodrama Korea ini bercerita tentang Ae-soon yang didiagnosa menderita kanker dan hidupnya diperkirakan nggak lama lagi. Sebelum meninggal Ae-soon melakukan berbagai persiapan sebelum menemui ajalnya. Ia menyiapkan In-kyoo anaknya, yang mengalami keterbelakangan mental untuk bisa hidup sendirian.

Film melodrama Korea ini nggak hanya menceritakan perjuangan penderita kanker, tapi juga kisah hubungan ibu dan anak yang mengharukan. Saat menonton film ini, siap-siap banjir air mata menyaksikan kisah haru hubungan ibu dan anak. Film yang dirilis pada 2017 ini juga akan menyadarkan kita betapa besar kasih sayang orang tua pada anaknya.

4. My Annoying Brother, kisah hubungan dua kakak beradik yang salah satunya memiliki penyakit parah

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Film yang dirilis pada 2017 silam ini menceritakan kisah sedih kakak beradik Doo-sik dan Doo-young. Dikisahkan Doo-sik bisa keluar dari penjara karena beralasan akan merawat adiknya yang buta, karena kedua orang tua mereka sudah tiada. Namun, ternyata itu hanya alasan saja, karena Doo-sik justu menghambur-hamburkan warisan orang tua mereka untuk kesenangannya sendiri.

Suatu ketika, tenyata diketahui Doo-sik memiliki penyakit parah. Di sinilah titik balik hubungannya dengan sang adik Doo-young berubah. Keduanya berjuang saling menjaga satu sama lain di kondisi mereka yang sama-sama nggak sempurna.

5. Kim Ji-young: Born 1982, kisah seorang ibu yang merasa terbebani dengan perannya saat membesarkan sang anak

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Film melodrama Korea berikut bercerita tentang perjuangan seorang perempuan bernama Kim Ji-young. Ia selalu berusaha menjalani perannya sebagai seorang ibu untuk anak perempuannya sebaik mungkin. Namun, ternyata Ji-young merasa terbebani dengan peran itu, tapi ia merasa baik-baik saja.

Hingga suatu ketika ia banyak mengalami perubahan sikap dalam kesehariannya. Akhirnya sang suami Jung Dae-hyeon, membawanya ke psikiater untuk membantu memulihkan kondisi Ji-young. Film melodrama ini banyak membahas tentangan seorang perempuan dalam menjalani tanggung jawabnya. Dijamin, kamu akan ikut sedih mengikuti cerita kehidupan Ji-young ini.

6. Miracle in Cell No. 7, kisah seorang narapidana yang berjuang keras untuk bertemu dengan sang anak di dalam penjara

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Film melodrama Korea yang dirilis pada 2013 silam ini sudah diadaptasi versi Indonesia dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang Yong-goo, orang tua tunggal untuk anaknya Ye-seung. Suatu hari Yong-goo yang memiliki keterbelakangan mental ini dituduh menjadi pelaku pembunuhan dan membuatnya harus mendekam di dalam tahanan.

Di sinilah kisah sedih sekaligus mengharukan di mulai. Berkat bantuan teman-teman penghuni sel nomor 7, Yong-goo akhirnya bisa menyelundupkan Yong-goo ke dalam penjara. Namun, sebuah kenyataan pahit harus tetap dihadapi dan memisahkan ayah dan anak ini.

7. Tune in for Love, kisah cinta menyedihkan karena kondisi yang memaksa sepasang kekasih harus menjalani hubungan yang sulit

Film melodrama Korea

Gambar dari Imdb

Film melodrama Korea nggak hanya tentang keluarga saja, ada film romantis tapi juga membuatmu ikut sedih dan terharu saat menyaksikannya. Film yang dirlis pada 2019 ini bercerita tentang kisah cinta Mi-soo dan Eun-ja, yang terpaksa harus putus nyambung karena keadaan mereka. Film yang berlatas pada tahun 1997 ini juga menceritakan kondisi krisis ekonomi di Korea saat itu.

Kondisi sulit dan masalah pribadi masing-masing membuat hubungan cinta keduanya nggak bisa berjalan mulus. Menonton film ini akan membuatmu menyadari bahwa hubungan romantis nggak hanya membutuhkan cinta, tapi juga perjuangan bersama yang membuat dua orang lebih tegar menghadapi masalah hidup yang sulit.

Nah, itulah rekomendasi film Korea bergenre melodrama yang wajib kamu tonton. Film-film di atas nggak hanya menyajikan cerita haru, sedih, dan penuh emosi, tapi juga alur yang menarik dan banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Mana nih, film yang paling ingin kamu tonton?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE