8 Rekomendasi Film Animasi Stop Motion yang Seru Buat Ditonton

Genrenya beragam dan cocok banget jadi tontonan bareng keluarga di akhir pekan

Akhir-akhir ini animasi stop motion kembali menjadi tren di kalangan para animator. Kalau saat ini animasi stop motion digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran, dulu teknik animasi ini sering ditampilkan dalam bentuk film.

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee bakal memberikan deretan rekomendasi film animasi yang menggunakan teknik stop motion yang nggak kalah seru buat ditonton. Kira-kira apa aja ya film animasi yang menggunakan teknik satu ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Petualangan dunia paralel hadir dalam film The Nightmare Before Christmas

Rekomendasi film animasi stop motion

Film The Nightmare Before Christmas | Credit via IMDb

Film animasi klasik ini menceritakan kisah seorang karakter bernama Jack Skellington yang berasal dari Kota Halloween. Ia menemukan sebuah portal menuju ke Kota Christmas dan menciptakan petualangan yang menegangkan sekaligus mengharukan di sana. Film ini memiliki jalan cerita yang seru dan berisi adegan humor serta visual yang sangat unik dan kreatif.

2. Film Fantastic Mr. Fox menyajikan cerita mengenai misi penyelamatan keluarga

Rekomendasi film animasi stop motion

Film Fantastic Mr. Fox | Credit via IMDb

Animasi stop motion ini diadaptasi dari cerita klasik Roald Dahl dan menceritakan tentang Fox yang berjuang untuk menyelamatkan keluarganya. Film animasi ini sangat menginspirasi dan menghibur sehingga cocok jadi salah satu tontonan di akhir pekan bersama keluarga.

Advertisement

3. Buat kamu penggemar film zombie, kamu bisa tonton film ParaNorman

Rekomendasi film animasi stop motion

Film ParaNorman | Credit via IMDb

ParaNorman adalah sebuah film animasi yang lucu sekaligus memberikan kesan menyeramkan karena menampilkan serangan zombie yang cukup berbeda dari genre horor lainnya. Meski begitu, film animasi ini sangat cocok untuk disaksikan bersama keluarga.

4. Film Coraline juga menyajikan cerita mengenai dunia paralel yang nggak kalah seru

Rekomendasi film animasi stop motion

Film Caroline | Credit via IMDb

Film animasi ini menceritakan kisah seorang karakter bernama Coraline yang nggak sengaja menemukan pintu rahasia menuju dunia paralel di mana semua hal yang ia inginkan tersedia.

Film animasi ini diadaptasi dari novel karangan Neil Gaiman dan pernah masuk sebagai nominasi Best Animated Feature di Oscar lo! Kalau kamu penggemar film animasi, film animasi stop motion satu ini bisa kamu tonton karena sangat menghibur~

Advertisement

5. Meski tanpa dialog, film Shaun the Sheep Movie berhasil memanjakan mata lewat visualnya

Rekomendasi film animasi stop motion

Film Shaun the Sheep Movie | Credit via IMDb

Kamu pasti sudah nggak asing kan sama film satu ini? Yup, Shaun the Sheep merupakan salah satu serial yang pernah tayang di televisi Indonesia.

Pada tahun 2015, Shaun the Sheep Movie rilis dengan jalan cerita yang cukup unik yaitu tentang seorang petani yang nggak sengaja kehilangan ingatannya dan justru menjalani profesi sebagai hairdresser untuk seorang selebritas terkenal.

Domba peliharaannya pun berusaha untuk mengembalikan ingatan sang petani dan menyelesaikan persoalan ini. Meski tanpa dialog, film ini memiliki visual yang sangat memanjakan mata.

6. Kamu bisa menyaksikan kisah samurai legendaris dalam film Kubo and The Two String

Rekomendasi film animasi stop motion

Film Kubo and The Two String | Credit via IMDb

Film animasi stop motion satu ini menceritakan kisah tentang seorang pemuda bernama Kubo yang merupakan anak dari seorang samurai legendaris. Ia memiliki kemampuan untuk mengendalikan origami dan sedang mencari baju zirah milik ayahnya.

7. The Boxtrolls menceritakan kisah seorang anak yang diasuh oleh sekumpulan troll

Rekomendasi film animasi stop motion

Film The Boxtrolls | Credit via IMDb

The Boxtrolls merupakan salah satu film animasi stop motion yang memiliki genre komedi fantasi. Film ini menceritakan kisah tentang seorang anak yatim piatu bernama Eggs yang diasuh oleh boxtrolls. Boxtrolls sendiri merupakan sebuatan untuk para troll yang bekerja sebagai pengepul sampah.

Suatu hari ada rumor yang beredar kalau boxtrolls merupakan monster yang suka menculik anak kecil. Eggs pun berusaha melindungi mereka dari seorang pembasmi hama bernama Archibald Snactcher.

8. Terakhir, ada film Missing Link yang menceritakan kisah misteri mengenai makhluk mitologi

Rekomendasi film animasi stop motion

Film Missing Link | Credit via IMDb

Film ini menceritakan kisah tentang Mr. Link yang merekrut seorang investor bernama Sir Lionel Frost untuk mengungkap misteri mengenai makhluk mitologi. Selain jalan cerita yang seru, film ini juga menampilkan unsur humor yang menghibur.

Nggak cuma itu, film yang rilis pada tahun 2019 ini juga berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Golden Globes 2020 lo!

Beberapa film animasi stop motion ini juga nggak kalah asik untuk ditonton di akhir pekan. Dari deretan film animasi di atas, film mana nih yang pengin banget kamu tonton?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE