Mengenang Jasa Para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia Lewat 5 Film Tentang Perjuangan Ini. Keren!

Rekomendasi film kemerdekaan

Sudah dua tahun ini, perayaan hari ulang tahun bangsa Indonesia belum bisa dilaksanakan secara meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Nggak ada upacara di sekolah dan nggak ada perayaan lomba 17 Agustus di lingkungan rumah tangga seperti biasanya. Sementara ini, kamu bisa merayakannya di rumah bersama keluarga dengan membuat permainan khas 17-an supaya tetap bisa merasakan suasana hari kemerdekaan. Selain mengadakan lomba sederhana, kamu juga bisa menonton beberapa film Indonesia yang mengusung tema perjuangan berikut ini!

1. Film ‘Merah Putih’ merupakan seri pertama dari ‘Trilogi Merdeka’ yang menceritakan tentang kembalinya Belanda paska kemerdekaan

Film Merah Putih | Credit via tapak.id

Advertisement

Film Merah Putih rilis pada tahun 2009 dan menjadi seri pertama dari rangkaian film ‘Trilogi Merdeka’ yang merupakan trilogi film perjuangan pertama di Indonesia. Film ini dibintangi oleh sejumlah artis papan atas mulai dari Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinathrya, dan Donny Alamsyah. Selain itu, film ini menceritakan tentang perjuangan pahlawan melawan pasukan Belanda saat terjadi peristiwa Agresi Militer Belanda I. Para aktor berperan sebagai tentara yang melakukan perang gerilya di pedalaman dan diwarnai beberapa konflik mulai dari status sosial hingga agama.

Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dengan biaya produksi yang nggak main-main, yaitu sekitar 6 juta dollar atau setara Rp60 miliar. Nggak cuma kru lokal, film ini juga menggandeng beberapa tim ahli efek dan teknis film yang berpengalaman dalam pembuatan film Hollywood lo!

2. Film ‘Soekarno: Indonesia Merdeka’ sangat cocok disaksikan saat momen 17 Agustus dan menceritakan kisah presiden pertama Indonesia

Film yang rilis pada tahun 2013 ini menceritakan mengenai kisah Soekarno sejak kecil hingga akhirnya terjun ke dunia politik dan berkontribusi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Sujiwo Tedjo, Mathias Muchus, dan masih banyak lagi aktor dan aktris berbakat lainnya. Selain menceritakan perjalanan Soekarno menjadi pejuang kemerdekaan sekaligus presiden pertama Indonesia, film ini juga menceritakan kisah cinta Soekarno.

Advertisement

3. ‘Battle of Surabaya’ menjadi referensi film yang cocok untuk anak-anak dan termasuk film animasi yang sukses di ajang internasional

Film Battle of Surabaya | Credit via Good News From Indonesia

Film animasi perjuangan pertama karya dari seorang sutradara muda yaitu Aryanto Yuniawan ini memiliki latar belakang perjuangan bangsa Indonesia saat perang Surabaya pada tahun 1945. Film ini sangat cocok sebagai film edukasi untuk anak-anak karena berupa animasi sehingga lebih mudah dipahami. Selain itu, film ini juga menceritakan petualangan seorang anak bernama Musa yang menjadi tukang semir sepatu dan kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dalam pertempuran 10 November di Surabaya.

Film ini menjadi salah satu film animasi Indonesia yang sukses di ajang perfilman internasional dan berhasil mendapatkan puluhan penghargaan, salah satu yang terbaru yaitu kategori Best Animation dari Hollywood International Motion Pictures Film Festival tahun 2018.

4. Terkenal dengan strategi perang gerilya, film ‘Jenderal Soedirman’ bercerita tentang perjuangan mencapai kemerdekaan

Film Jenderal Soedirman | Credit via beritagar.id

Film ini tayang tepat 10 hari setelah peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70 yaitu pada tanggal 27 Agustus 2015. Film ini dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, serta Baim Wong dan bercerita mengenai Pangeran Jenderal Soedirman yang berusaha memimpin perang gerilya selama Soekarno-Hatta diasingkan ke Bangka. Beliau memimpin perang selama tujuh bulan dengan kondisi menderita penyakit paru-paru dan akhirnya berhasil memenangkan peperangan dengan pasukan Belanda.

Advertisement

5. Penasaran dengan masa penjajahan Jepang? Film ‘Perburuan’ bercerita tentang perjuangan pasukan PETA untuk kemerdekaan Indonesia

Film Perburuan | Credit via tirto.id

Film tentang sejarah Indonesia ini tayang pada tahun 2019 dan disutradarai oleh Richard Oh. Aktor Adipati Dolken, Ernest Samudra, Ayushita, dan Khiva Iskak turut membintangi film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini. Film Perburuan menceritakan mengenai keadaan paska kegagalan pasukan PETA atau Pembela Tanah Air saat melawan tentara Jepang di Indonesia.

Nah itu dia SoHip beberapa rekomendasi film Indonesia yang mengangkat tema perjuangan kemerdekaan. Kira-kira film mana nih yang paling bikin kamu penasaran dan pengin nonton?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE