6 Rekomendasi Film Luar tentang Perbudakan di Berbagai Negara, Kejam dan Diwarnai Aksi Heroik

Penjajahan suatu wilayah hingga perbudakan kaum tertentu memang merupakan bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Perbudakan biasanya kerap terjadi pada masa kolonisasi Eropa hingga pada masa Perang Dunia II dan setelahnya saat terjadi perang-perang sipil. Kekejaman penjajahan dan perbudakan ini memang identik dengan nilai sejarah kemerdekaan suatu wilayah atau kaum tertentu.

Advertisement

Beberapa film perbudakan cukup menarik untuk ditonton di waktu luang. Selain memiliki nilai sejarah yang mungkin berpengaruh dengan kehidupan masa kini, film-film perbudakan biasanya menampilkan adegan-adegan yang menegangkan. Nggak heran jika film ini menjadi favorit penikmat film aksi. Berikut ini Hipwee punya daftar rekomendasi film luar tentang perbudakan yang menarik untuk ditonton.

1. Lincoln, cerita pejuangan Presiden Lincoln untuk menghapus perbudakan ditengah isu perang sipil

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Film ini diangkat dari biografi sejarah berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln. Kisah presiden Lincoln ini mengambil setting 1865 di mana saat ia mengemban tugas berat untuk berjuang menghapus perbudakan dan meminta amandemen ke-13 konstitusi Amerika Serikat untuk segera disahkan.

Di tengah tugas berat tersebut, Lincoln harus berpacu dengan waktu karena perdamaian perang sipil bisa terjadi kapan saja. Film ini menggambarkan kegelisahan seorang pemimpin, di mana ia menghadapi situasi sulit yang melibatkan hati nuraninya sendiri, untuk mengakhiri perbudakan atau menghentikan perang. Menonton film ini akan membuatmu ikut tegang dengan berbagai situasi krisis yang dialami oleh Lincoln.

Advertisement

2. Free State of Jones, menceritakan kisah pejuang Amerika Serikat yang berjuang menghapus perbudakan di tengah perang sipil

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Perbudakan memang identik dengan perang atau penjajahan, di film ini kisah perbudakan digambarkan cukup kejam. Free State of Jones sendiri terinspirasi dari kisah Newton Knight, seorang pejuang Amerika Serikat yang melawan pasukan Confederate States di Jones Country.

Perjuangan Newton Knight dalam menghapus perbudakan dalam perang sipil memberikan gambaran situasi yang kejam dan penuh krisis. Kamu akan dibuat tegang sekaligus terkesima dengan berbagai adegan perjuangan Newton Knight ini.

3. Anarchist from Colony, film tentang masa kolonial Jepang terhadap Korea

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Advertisement

Film ini mengambil latar tahun 1923 selama era kolonial Jepang terhadap Korea. Akibat kekacauan setelah gempa Kanto melanda Jepang, kondisi masyarakat cukup kacau dan mengalami krisis. Di saat itu, pemerintah Jepang memutuskan untuk menangkap orang Korea secara acak, salah satunya pemuda bernama Park Yeol.

Alih-alih membuat situasi jadi terkendali, penangkapan Park Yeol justru membuat Jepang semakin gusar, karena ia menceritakan sebuah rencana besar yang ekstrem untuk membunuh Putra Mahkota Kekaisaran Jepang. Film ini akan memberikan gambaran aksi perbudakan dan kolonialisme yang Jepang yang cukup kejam terhadap Korea.

4. The Storm Makers, film tentang perdagangan manusia di Kamboja untuk dijadikan budak di berbagai negara Asia

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Buat kamu penyuka film dokumenter yang menegangkan, film ini bisa jadi salah satu pilihan tontonan menarik. The Storm Makers merupakan film dokumenter yang fokus pada kisah Aya, mantan budak dari Kamboja yang tergiur dengan uang dan janji kehidupan lebih baik. Alih-alih mendapat uang banyak dan pekerjaan yang mapan, ia justru dijual untuk bekerja sebagai pembantu di Malaysia.

Aya dieksploitasi selama dua tahun tanpa menerima gaji, ia juga mengalami kekerasan. Film ini mencoba memberikan gambaran perbudakan di era modern yang masih cukup sering terjadi. Menonton film ini kamu akan diajak menelusuri kasus perbudakan di Kamboja yang terjadi bukan karena adanya perang sipil dan penjajahan tapi faktor ekonomi dan rendahnya pendidikan.

5. A land Imagined, film misteri thriller tentang perbudakan modern di sebuah proyek pembangunan

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Film ini juga memberikan gambaran perbudakan modern yang penuh misteri. A Land Imagined menceritakan tentang seorang polisi bernama Lok yang menelusuri hilangnya pekerja konstruksi asal Cina di suatu proyek reklamasi. Berbagai fakta mengejutkan ditemukan Lok dalam investigasinya.

Ia menemukan cukup banyak pekerja yang hilang dan menderita karena perbudakan tak bermoral dari majikan mereka. Film ini akan mengajakmu membayangkan perbudakan era modern yang nggak kalah kejam dengan perbudakan penjajahan.

6. Gangubai Kathiawadi, seorang budak perempuan yang memperjuangkan martabat dan hak sesama budak perempuan di India

film tentang perbudakan

| Foto dari Imdb

Film yang dirilis tahun 2022 ini menceritakan seorang perempuan yang dikenal dengan Gangubai. Ia merupakan budak perempuan yang bekerja pada seorang mucikari di daerah prostitusi terbesar di India. Gangubai terjebak dalam kehidupan itu karena ia dijual oleh sang kekasih. Hal ini membuat Gangubai justru bertekad untuk menyelamatkan hak-hak pada budak lainnya.

Perjuangan Gangubai bersambut saat ia berusaha mencalonkan diri menjadi kepala wilayah dengan visi misi kesejahteraan bagi para budak perempuan. Menonton film ini akan membuatmu melihat kehidupan perbudakan prostitusi yang kejam. Selain itu kamu juga akan dibuat kagum dengan kecerdasan dan keberanian seorang Gangubai.

Nah, itulah beberapa film tentang penjajahan dan perbudakan yang menarik untuk kamu tonton. Film-film ini memberikan gambaran kekejaman perbudakan yang terjadi nggak hanya pada penjajahan dan perang sipil saja tapi juga perbudakan modern di berbagai negara.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE