6 Rekomendasi Film Survival yang Diangkat dari Kisah Nyata, Seru dan Menegangkan!

Bagi penyuka film aksi bertema petualangan, film-film survival seringkali menjadi pilihan tontonan yang menarik. Melihat bagaimana kejadian tak terduga harus dialami tokohnya dan perjuangan bertahan hidup membuat film survival banyak digemari.

Advertisement

Film perjuangan bertahan hidup di kondisi kritis dan mengancam keselamatan memang menjadi tontonan yang seru dan menegangkan. Apalagi jika diangkat dari kisah nyata. Berikut ini, Hipwee punya rekomendasi film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata paling menegangkan.

1. Adrift, kisah sepasang kekasih di sebuah perjalanan laut yang harus bertahan hidup usai kapal mereka dihantam badai

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Film survival yang dirilis pada 2018 ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1983. Adrift mengisahkan sepasang kekasih Tami Oldham dan tunangannya Richard Sharp yang sedang berlayar sudah sejak 6 bulan. Perjalanan laut itu nggak mudah mereka lalui. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, apalagi ketika badai besar datang.

Mereka harus berjuang bertahan hidup dengan banyak keterbatasan sembari menyelamatkan satu sama lain. Menonton film ini akan membuatmu merasakan banyak emosi, mulai dari haru, sedih tegang, dan memahami arti perjuangan dalam sebuah hubungan.

Advertisement

2. Jungle, kisah sekelompok petualang yang mendapat mala petaka di sebuah penjelajahan di hutan Amazon

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Film survival dari kisah nyata ini akan membawamu pada suasana yang menegangkan hampir di sepanjang ceritanya. Jungle dirilis ada 2017 silam ini terinspirasi dari kisah nyata pada tahun 1981 yang menceritakan Yossi Ghinsberg, seorang petualang asal Israel. Yossi menjelajah hutan Amazon sendirian, kemudian bertemu dengan Marcus dan Kevin yang sama-sama seorang petualang.

Mereka memutuskan melakukan perjalanan bersama, sayangnya sebuah mala petaka terjadi dan membuat mereka harus berjuang bertahan hidup di hutan itu. Buat kamu penyuka film aksi berlatar hutan, Jungle bisa jadi pilihan tontonan menarik untukmu.

3. The Martian, perjuangan seorang astronot yang harus hidup sendirian di Mars karena diduga telah meninggal oleh timnya

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Advertisement

Buat kamu yang suka film bertema luar angkasa, The Martian bisa jadi tontonan menarik untukmu. Film survival yang diangkat dari kisah nyata ini dirilis pada 2015 silam. Film ini menceritakan Mark Watney, seorang astronot yang sedang menjalankan misi di planet Mars. Suatu ketika markas penelitian di Mars dihantam badai besar yang membuat seluruh tim astronot harus menyelamatkan diri masing-masing.

Kejadian tersebut membuat Mark terpisah dari timnya dan membuat mereka menyangka Mark sudah mati, sehingga meninggalkan Mark sendirian di Mars. Namun, ternyata Mark masih hidup. Kamu akan diajak menjelajahi Mars lewat perjalanan luar angkasa yang dilakukan Mark dan timnya. Namun, berbagai kejadian menegangkan pun akan kamu rasakan ketika Mark harus bertahan hidup di Mars sendirian.

4. The Revenant, kisah seorang pemandu jalan yang terluka dan berusaha bertahan hidup saat temannya mencoba membunuhnya

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Film ini menjadi salah satu rekomendasi film survival dari kisah nyata terbaik yang nggak boleh dilewatkan. The Revenant menceritakan Hugs Glass, seorang pemandu jalan bagi pemburu. Suatu hari ia diserang beruang Grizzly hingga terluka parah. Sayangnya seorang kapten berpikir Glass nggak mungkin selamat, sehingga ia memerintahkan tiga awaknya yang merupakan teman Glass untuk menemani Glass hingga mati dengan iming-iming hadiah.

Fitzgerald, teman Glass yang diminta menemaninya nggak sabar menunggu Glass mati, sehingga ia mencoba mengubur Glass hidup-hidup. Di sinilah perjuangan Glass dalam bertahan hidup dimulai. Kamu akan diajak merasakan ketegangan luar biasa saat Glass berusaha bertahan hidup di kondisi yang lemah dan berusaha balas dendam pada temannya yang berkhianat.

5. Life of Pi, kisah anak-anak lagi yang bertahan hidup di atas sekoci di tengah laut bersama harimau liar

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Film yang dirilis pada 2012 silam ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang selamat dai sebuah bencana besar di tengah laut. Sayangnya, meski selamat dari bencana anak laki-laki itu harus berusaha bertahan hidup, di atas sebuah sekoci yang terombang-ambing di tengah laut. Kenyataan lain yang membuatnya mengalami banyak kesulitan, karena ia nggak sendiri di atas sekoci itu. Ada seekor zebra, hyena, orangutan, dan harimau Royal Bengal.

Singkat cerita, hewan liar itu nggak bisa bertahan hidup dan mati satu per satu, sampai menyisakan seekor harimau dan si anak laki-laki itu. Film survival ini akan membuatmu merasakan banyak emosi mulai dari sedih, marah, tegang, dan bahagia menyaksikan perjuangan si anak laki-laki bertahan hidup sendirian di tengah laut dan ancaman bahaya.

6. 127 Hours, kisah petualang yang mendaki gunung sendirian dan mengalami kejadian nahas terjepit di sebuah tebing batu

film survival dari kisah nyata

| Pic. from Imdb

Bagi kamu yang menyukai film tentang pendakian gunung, 127 Hour bisa menjadi pilihan tontonan yang kamu sukai. Film ini mengisahkan Aaron Ralston yang berpetualang mendaki gunung Blue John Canyon di Utah sendirian. Nahas, ia terperosok ke dalam sela-sela tebing dan sebuah batu besar masuk ke dalam sela tebing itu yang membuat tangannya terhimpit batu.

Dalam kondisi darurat itu, nggak ada seorang pun yang tahu Aaron sedang mendaki Blue John Canyon. Kejadian nahas tersebut membuat Aaron harus bertahan hidup dan berjuang menyelamatkan diri selama 127 jam. Menonton film ini akan membuatmu ikut merasakan ketegangan saat Aaron berusaha menyelamatkan diri dan bertahan di kondisi yang mengerikan.

Nahitulah rekomendasi film survival yang diangakat dari kisah nyata. Menonton film ini membuatmu merasakan banyak emosi, nggak hanya tegang tapi juga sedih, dan terharu karena perjuangan para tokohnya untuk bertahan hidup yang luar biasa! Mana nih, film survival yang membuatmu penasaran san ingin menontonnya? Film-film di atas bisa kamu tonton di platform online streaming ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE