Rekomendasi Bahan Obrolan Bareng Calon Mertua. Kuasai Topiknya Atau Mundur!

Menarik hati calon mertua memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan demi mendapat restu dari mereka. Makanya nggak heran jika kita rela melakukan hal-hal yang bahkan sebelumnya nggak pernah kita pahami. Semua demi satu tujuan, dapat restu dari calon mertua. Nah, salah satu yang paling sering dan paling gampang dilakukan adalah ngobrol saat bertemu atau berkunjung ke rumahnya.

Advertisement

Namun, seringkali perkara obrolan ini juga nggak ada gampang-gampangnya. Cari topik untuk membuka obrolan dengan calon mertua rasanya benar-benar beda dibandingkan kalau ngobrol dengan orang lain. Untuk ngakalin jika suatu saat kamu sedang berada di momen tersebut, berikut adalah rekomendasi bahan obrolan yang bisa kamu pelajari.

1. Pelajari isu-isu tentang politik yang lagi panas, dijamin ngobrolnya nggak bisa berhenti

Ngomongin isu politik / Credit: Pexels SHVETS production

Ngomongin tentang politik bagi sebagian orang memang dirasa kurang menarik. Tapi, kalau ngomonginnya bareng calon mertua beda lagi ceritanya. Meski nggak semua, tapi banyak orang tua di luar sana yang mendadak jadi nyambung kalau diajakin ngobrol tentang politik. Sebelum kamu masuk ke topik ini, pastikan kamu sudah mempelajari isu-isu politik yang lagi panas dan banyak diomongin oleh orang-orang. Tapi ingat, tetap lihat situasi dan kondisi juga saat ngajakin calon mertua ngobrol tentang ini. Jangan sampai ternyata mereka males ngomongin politik, kamu malah ngomong terus panjang lebar. Dapat restu juga nggak, yang ada dianggap jadi buzzer!

2. Jangan lupakan topik andalan sepanjang masa, ngobrolin cuaca~

Ramah tamah dengan calon mertua / Credit: Pexels Rodnae Production

“Pak tadi malam hujan, ya?”

”Hmmmm, hmmmmm”

”Ooooo pantes, ini kok tanahnya basah, hehe”

”Hmmmmmmm”

Advertisement

Topik yang satu ini mungkin terdengar absurd dan nggak jelas, tapi dalam sejarah ngobrol bareng calon mertua, pembahasan tentang cuaca adalah trik yang begitu ampuh. Obrolan yang satu ini bisa kamu bawakan sebagai pembuka topik-topik lainnya. Biasanya, kalau udah ngobrol tentang cuaca kamu bisa nyambung ke topik-topik lainnya.

3. Walaupun kamu nggak paham sama sekali, coba pelajari topik tentang pertanian dan harga pangan

Jangan terlihat bingung / Credit: Pexels Timur Weber

Selain ngobrol tentang cuaca, topik yang satu ini juga nggak kalah ampuh, apalagi jika calon mertuamu hidup di lingkungan pedesaan yang masih jauh dari kota besar. Topik obrolan tentang pertanian dan harga pangan akan selalu jadi salah satu yang menarik untuk dibicarakan. Kamu bisa menguasai tentang seluk-beluk musim tanaman, sawah, pupuk, dan yang nggak kalah penting adalah update terkait harga pangan dan hasil bumi. Ingat, seputar itu aja, jangan sampai melebar ke mana-mana, apalagi sampai nanyain luas sawah yang dimiliki calon mertuamu. Bisa-bisa pikiran mereka malah buyar, belum jadi nikah udah nanyain luas sawah 🙁

4. Riset tentang hobi dan keseharian calon mertua juga penting, jangan sampai terlewat!

Pahami aktivitas kesehariannya / Credit: Pexels SHVETS production

Satu hal yang nggak boleh dilewatkan saat kamu ngobrol dengan calon mertua adalah melakukan riset tentang keseharian dan hobi mereka. Jangan sampai ternyata calon mertuamu orangnya benar-benar sibuk, tapi kamu malah ngajakin ngobrol tentang burung atau mancing. Intinya, sesuaikan dengan keseharian dan kebiasaan mereka. Sekalipun itu nggak cocok dan dirasa nggak nyambung buat kamu, pokoknya disambung-sambungin aja dulu. Ini persoalan penting dan krusial.

Advertisement

5. Kalau kamu udah kehabisan topik dan bingung mau ngobrol apa, paling benar langsung ajakin calon mertua buat main catur

Main catur / Credit: Pexels Rodnae Production

Langkah yang satu ini bisa kamu lakukan sebagai pamungkas jika sewaktu-waktu kamu udah nggak ada bahan obrolan lagi. Bermain catur adalah salah satu cara ampuh untuk menutup-nutupi kecanggungan obrolan bareng calon mertua. Daripada kamu cuma saling “ham hem ham hem”, main catur udah cukup bisa bikin calon mertuamu diam karena harus mikir berat.

Itu tadi beberapa bahan obrolan yang bisa kamu lakukan untuk menarik hati calon mertua. Persoalan yang satu ini memang nggak mudah, tapi yang namanya cinta wajib diperjuangkan, kan?~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE