Rekomendasi Podcast Spesial Ramadan yang Cocok Temani Sahur dan Buka Puasa

Momen Ramadan banyak dijadikan sebagai waktu untuk menambah ilmu agama dan memperdalam keimanan. Lewat puasa, umat muslim diajarkan untuk menahan nafsu duniawi. Nggak cuma itu, memperbanyak bacaan Alquran, hadits, dan tafsir juga ampuh untuk menambah wawasan keislaman.

Advertisement

Selain dari sumber-sumber itu, ilmu agama juga bisa didapatkan lewat hiburan digital, salah satunya podcast. Selama bulan Ramadan biasanya banyak podcaster yang membuat konten spesial Ramadan bahkan sampai membuat kanal khusus.

Sambil menikmati sahur atau menunggu bedug masjid sebelah dipukul buat salat Maghrib, deretan podcast spesial Ramadan di bawah ini bisa kamu dengerin.

1. PODKESMAS bisa membuat obrolan seputar agama jadi kocak dan ringan bersama ustaz

PODKESMAS spesial Ramadan

PODKESMAS spesial Ramadan | Credit by Spotify

PODKESMAS selalu menyuguhkan konten religi yang tayang setiap hari selama bulan Ramadan tiap tahunnya. Topik-topik yang diobrolkan selalu dekat dengan keseharian saat menjalani puasa atau Ramadan secara keseluruhan. Seperti tradisi saat puasa, cara salat yang khusyuk, hingga tutorial mandi wajib.

Advertisement

Meskipun dikemas dengan humor, kamu tetap akan mengerti pesan agama yang ingin disampaikan oleh ustaz. Obrolan mereka biasanya akan ditutup dengan salah satu dari deretan segmen seperti NGNGNG (Ngobrol-Ngobrol Ngerap), PPN (Puasa-Puasa Nyenyong), PHP (Pantun Hari Puasa), Andeca Andeci Puasa, dan InforMaszeeh!

Podcast ini bisa kamu dengerin di Spotify dan siap-siap bakal bergelimang tawa~

2. Podcast KASTURI hadirkan dakwah religi berbalut komedi

Podcast Kasturi

Podcast Kasturi | Credit: Instagram @noice.id

Advertisement

Podcast satu ini dibawakan dengan format sketsa komedi. Kamu akan menikmati drama antara beberapa podcaster yang berusaha menyelesaikan suatu konflik ringan dan lucu lalu diakhiri dengan nasihat Islami.

Bisa dibayangin bakal seperti apa lucunya ketika sketsa itu dibawakan oleh pelawak legendaris, Komeng dan Adul. Hadir juga Ustaz Subki untuk memberi siraman rohani yang menyejukkan hati dan meredakan konflik.

Lewat topik-topik menarik yang diangkat, kamu juga bisa sekalian nostalgia dengan celotehan komedi khas Komeng dan Adul. KASTURI akan tayang setiap hari selama bulan Ramadan pukul 4 sore di aplikasi NOICE.

3. Gus Miftah akan mengajakmu merefleksikan kehidupan lewat Pulang ke Omah

Pulang ke Omah

Pulang ke Omah | Credit by NOICE

Dalam podcast ini, ustaz Gus Miftah akan berbincang dengan narasumber tentang masa lalu mereka dan perjuangannya hingga bisa sampai di titik sekarang ini. Gus Miftah ingin mengajarkan bahwa hidup adalah proses. Titik awal yang mungkin dirasa kurang penting ternyata mampu membawamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Harapannya, kamu bisa semakin memahami diri sendiri dan perjalanan hidupmu selama ini. Bulan Ramadan emang kudu banyak-banyak refleksi deh. Episode baru Podcast Pulang ke Omah tayang setiap Rabu di aplikasi NOICE.

4. Paling adem kalau udah ngobrolin toleransi beragama bareng Habib Jafar

Berbeda Tapi Bersama

Berbeda Tapi Bersama | Credit by NOICE

Sambil mendalami ilmu agama jangan lupa untuk tetap memanusiakan manusia. Ilmu yang dipelajari bukan untuk menghakimi sesama yang berbeda prinsip, melainkan untuk kedamaian hati masing-masing.

Habib Jafar selalu terbuka dengan obrolan-obrolan seputar toleransi beragama. Lewat kanal podcastnya yang bertajuk Berbeda Tapi Bersama, ia mengulik beragam topik seperti pernikahan beda agama, kehidupan seorang muslim di Vatikan, hingga mengupas perbedaan pandangan di dalam agama Islam.

Menurut Habib Jafar, perbedaan sudut pandang bukan untuk memecah belah, tapi untuk dihargai dan dirangkul. Kamu bisa dengerin obrolan seru ini di aplikasi NOICE setiap hari Jumat.

5. Dengarkan kisah perjuangan para nabi lewat Podcast Cerita Nabi dan Rasul

Cerita Nabi dan Rasul

Cerita Nabi dan Rasul | Credit by NOICE

Salah satu cara ampuh untuk belajar adalah punya satu tokoh yang dijadikan panutan. Dalam agama Islam, itu bisa berasal dari para nabi dan sahabat-sahabatnya. Kisah-kisah mereka cocok dijadikan teladan agar kamu bisa menjadi umat Islam yang lebih baik.

Selain kisah heroik para nabi dalam menyebarkan ajaran Islam, podcast ini juga mengulas karakter-karakter mereka yang patut dicontoh. Kamu akan belajar bagaimana tetap rendah hati ketika naik jabatan nanti, pentingnya tekad dan prinsip, dan kesiapan hati untuk menjalankan perintah Tuhan.

Nah, itu tadi deretan podcast spesial Ramadan yang cocok menemanimu di bulan puasa ini. Karena sifatnya audio, kamu bisa bebas mendengarkannya sambil melakukan aktivitas lain.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE