Rekomendasi Podcast Anak Daerah yang Logat Bicaranya Unik. Isinya Seru!

Selain logat bicaranya yang unik, konten dari anak-anak daerah ini juga seru

Sadar atau nggak, sebagian besar konten yang berseliweran di media sosial dan televisi hampir selalu mengangkat tema kehidupan ibukota. Apa saja yang terjadi di sana mulai dari gaya hidup sampai gaya bicara bakal dianggap lebih menarik. Sebaliknya, konten yang berasal dari daerah nggak terlalu disorot bahkan sering dicap kampungan. Padahal, kehidupan satu kota aja tentu nggak bisa dijadikan representasi Indonesia secara keseluruhan.

Advertisement

Salah satu media berkonten yang beberapa tahun belakangan sedang diminati adalah podcast. Konten audio ini menyajikan banyak variasi konten yang bisa kamu nikmati. Sudah semakin beragam, kanal podcast dari daerah pun mulai bermunculan. Nah, buat kamu yang mau mendengarkan konten yang nggak Jakartasentris, berikut ini 5 rekomendasi podcast yang berasal dari daerah.

1. MENDOAN menyajikan obrolan tongkrongan khas Suroboyoan yang ngegas dan nyablak

Podcast Mendoan

Podcast Mendoan | Credit: Instagram @podcastmendoan

Mendoan atau mendengarkan Dono dan Tian adalah podcast daerah pertama yang eksklusif tayang di Spotify. Duo Suroboyoan ini khas banget dengan gaya ngegas dan nyablak-nya. Dengan bahasa Jawa Timuran, mereka selalu sukses menghibur para pendengar yang sering mereka sapa dengan sebutan ‘rek’. Dalam setiap episodenya kamu akan mendengar obrolan Dono dan Tian seputar kehidupan sehari-hari. Dengan tema seluas itu, rasanya seperti sedang mendengar dua sahabat yang sedang nongkrong santai. Oh iya, kalau kamu punya saran dan kritik untuk podcast ini, mending disimpan sendiri aja deh karena Mendoan adalah podcast anti kritik. Mereka sendiri lo yang bilang begitu~

2. Cerita nostalgia hidup yang AGAK LAEN! akan selalu sukses mengocok perutmu

Podcast Agak Laen

Podcast Agak Laen | Credit: Instagram @podcast.agak.laen

Ada yang agak laen kau rasa? Masok sini! Podcast AGAK LAEN! dibawakan oleh 4 komika yang berasal dari Sumatera Utara. Mereka adalah Bene Dion, Boris Bokir, Indra Jegel, dan Oki Rengga. Jangan kaget kalau mendengar mereka ngobrol dengan suara keras karena seperti itulah kebanyakan orang Batak dan Sumatera Utara berbicara. Mereka bukan lagi marah atau berantem kok, cuma ngomong biasa yang kebetulan agak ngegas aja.

Advertisement

Di sini kamu bisa mendengarkan nostalgia pengalaman hidup yang agak lain dari mereka berempat. Masing-masing dari mereka akan cerita secara bergiliran. Uniknya, kisah hidup mereka selalu absurd sehingga lain daripada yang lain. Kalau udah mendengar satu episodenya, siap-siap marathon ke puluhan eposide lainnya karena emang nagih banget sih~

3. Sarat akan topik nasionalis, Podcast Harga Mati mengajakmu melihat Indonesia dari perspektif timur

Podcast Harga Mati

Podcast Harga Mati | Credit: Spotify Podcast Harga Mati

Obrolan seru dari Indonesia Timur ini dibawakan oleh 3 komika yaitu Arie Kriting, Mamat Alkatiri, dan Abdur Arsyad. Masing-masing dari mereka berasal dari Sulawesi Tenggara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur. Podcast Harga Mati mengangkap tema-tema yang nasionalis seperti hari kemerdekaan Indonesia, kualitas pendidikan, kekerasan etnis, ekonomi kerakyatan, bahkan sampai mencoba meluruskan sejarah.

Mungkin topik-topik tersebut terkesan berat dan membosankan. Namun, dengan gaya bicara mereka yang selalu penuh komedi, kamu akan tetap menikmati tanpa melewatkan poin-poin penting yang sedang mereka bicarakan.

Advertisement

4. Kalau Podcast Mukti Metronom nggak nyentil gaya hidup anak muda, agak kurang aja gitu rasanya~

Podcast Mukti Metronom

Podcast Mukti Metronom | Credit: Instagram @muktientutz

Podcast Mukti Metronom hadir mengudara untuk mencoba menyeimbangkan algoritma podcast Indonesia. Mukti Entut sang podcaster ngaku kalau kanal podcast-nya ini dibuat karena ada permintaan dari Spotify yang membutuhkan sumbangsih pemikiran Mukti di dunia podcast. Di balik citra nyeleneh ini, obrolan yang ia angkat sebenarnya sering menyentil gaya hidup anak muda. Dengan aksen Jawa khas Jogja yang melekat, ia selalu berani mengutarakan opini pribadinya terhadap isu-isu kontroversial.

5. Mempertanyakan tradisi-tradisi kurang biasa ala Jakarta di Loh Kok Podcast? Salah satunya tren mbak-mbak SCBD itu~

Loh Kok Podcast?

Loh Kok Podcast? | Credit: Spotify Loh Kok Podcast?

Loh Kok Podcast? dibawakan oleh 3 komika yaitu Bene Dion, Arie Kriting, dan Soleh Solihun. Mereka bertiga menceritakan pengalaman culture shock-nya selama menetap di Jakarta. Dari sudut pandang anak daerah yang merantau ke ibukota, ternyata banyak kritik sosial yang mereka sampaikan. Tentu saja setelah dibalut dengan komedi.

Selama ini mungkin banyak orang yang mengidam-idamkan untuk tinggal di Jakarta. Tapi kalau mau ditelisik lebih dalam, gaya hidup kota megapolitan ini banyak mengundang tanda tanya. Itulah yang diobrolkan oleh ketiga komika ini, mereka menertawakan Jakarta.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi podcast yang berasal dari daerah. Kira-kira, kamu tertarik buat dengerin podcast yang mana? Selamat mendengarkan dan selamat mengenal Indonesia yang lebih beragam ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE