Review Film The SpongeBob Movie: Sponge on the Run, Ajarkan Kita Soal Arti Penting Sebuah Pertemanan

Review Film The SpongeBob Movie: Sponge on the Run

8/10

Film "The SpongeBob Movie: Sponge on the Run" dengan animasi 3D yang segar mengajak kita berpetualang mencari Gary si siput peliharaan SpongeBob yang hilang. Kelakuan absurd mereka nggak pernah habis, selalu asyik untuk diikuti!

Bagi generasi 90-an atau anak-anak muda zaman sekarang, rasanya kartun SpongeBob Squarepants telah menjadi teman tumbuh yang cukup baik. Cerita dan tingkahnya yang absurd bersama Patrick yang kerap mengganggu Squidward tentu menjadi ciri khas yang nggak akan mudah dilupakan. Terlebih saat kita kecil dulu, kartun SpongeBob ini selalu ditayangkan (bahkan berulang) di TV hampir setiap hari. Bagaimana kita bisa lupa, coba? Nggak mungkin.

Advertisement

Nggak cuma serial TV aja, SpongeBob pun telah tayang dalam dua bentuk film pada 2004 dan 2015 lalu. Dan tahun ini, film teranyar Nickelodeon ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ pun tayang di Indonesia melalui layanan streaming Netflix yang baru saja rilis. Atas nama masa kecil, mari kita rayakan dengan menyimak review film anak ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ sebelum menontonnya. Simak, yuk!

Sinopsis film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ. Eits, sedikit spoiler, ya~ :p

Poster film SpongeBob Movie | credit: Netflix via netflix.com

Seperti biasa, cerita dimulai dengan niat Plankton dalam mencuri formula rahasia Krabby Patty yang selalu gagal. Kali ini akhirnya Plankton percaya pada Karen bahwa yang menggagalkan misinya adalah SpongeBob, bukan Tuan Krab. Sementara itu, Raja Poseidon yang tengah membutuhkan lendir siput, mengadakan sayembara untuk berburu siput. Plankton pun kemudian menculik Gary dengan tujuan agar SpongeBob nggak akan bisa menggagalkan misinya untuk mendapakan resep rahasai Krabby Patty.

Kehilangan Gary menjadi awal mula petualangan seru SpongeBob dan Patrick ke kota Atlantis yang penuh dengan gemerlap kemewahan. Di perjalanan SpongeBob dan Patrick harus menghadapi rintangan dari Sage (Keanu Reeves) yang nggak masuk akal, seperti membebaskan jiwa bajak laut zombie yang dipimpin oleh El Diablo (Danny Trejo), belum lagi saat mereka bertemu Snoop Dogg. Kocak!

Advertisement

Nggak cuma dialognya yang selalu kocak, kemunculan kameo seperti Snoop Dogg, Danny Trejo, hingga Keanu Reeves jelas bikin film ini layak tonton, meski kamu udah bukan anak-anak lagi~ ūüėČ

Keanu Reeves | credit: Netflix via popcornerreviews.com

Kita memang sudah cukup familiar dengan kartun SpongeBob Squarepants sejak kecil, barangkali dari karakternya yang kocak dan ngaco‚ÄĒapalagi geramnya Squidward dengan kelakuan absurd SpongeBob dan Patrick yang selalu kocak. Hal ini tentu nggak bisa dihilangkan dalam film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ. Film garapan Tim Hill ini memang sarat akan dialog dan tingkah ngocol dari para karakternya, seperti biasa. Namun yang menjadi daya tarik tersendiri adalah kemunculan para kameo yang menambah petualangan SpongeBob dkk. menjadi lebih menarik. Belum lagi ditambah dengan musikal yang easylistening, makin asyik~

Film ‚ÄúThe SpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ adalah pilihan tepat untuk dinikmati di masa pandemi seperti ini. Jadi bikin ingat sahabat kita nun jauh di sana!

Mengenang pertemuan pertama dengan Gary. | credit: Netflix via netflix.com

Mungkin kamu nggak pernah kepikiran untuk memasukkan ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ sebagai salah satu tontonanmu di Netflix karena terkesan kekanak-kanakan dan nggak bermutu untuk orang dewasa. Tapi mending tahan gengsimu, Guys. Film SpongeBob kali ini cukup berbeda dengan serial yang kerap kamu tonton di televisi saat kecil dulu.

Film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ memberikan alternatif lain dalam menghadapi kehidupan di tengah pandemi seperti saat ini lo. Seperti misalnya saat Sandy, Tuan Krab, Squidward, termasuk Plankton datang untuk menyelamatkan SpongeBob dan Patrick. Mereka bertukar cerita tentang bagaimana mereka bisa bertemu dengan SpongeBob saat kecil dulu. Nostalgia pertemuan dengan seseorang yang kini jadi sahabatmu adalah pengalaman spiritual yang tentu sangat berkesan. Di masa pandemi begini, kita memang nggak bisa bertemu dengan teman-teman seperti biasanya. Lewat film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ, kita akan dibawa pada kenangan saat bertemu dengan sabahat kita kali pertama. Bikin haru, Guys!

Advertisement

Sayangnya, ada beberapa plot cerita yang kehilangan arah dan film ‚ÄúThe SpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ seperti menonton potongan serial SpongeBob yang udah pernah tayang sebelumnya

Kamu memang nggak akan mendengar kalimat khas narator, ‚ÄúAre you ready, Kids?‚ÄĚ dalam film ini, tetapi kamu akan merasa ada hal yang karib denganmu saat menontonnya. Ya, garis besar cerita tentang misi penyelamatan udah diusung dalam film SpongeBob (2004) dan cerita hilangnya Gary pun udah pernah tayang dalam serial SpongeBob pada tahun 2005 lalu. Sayangnya lagi, ada beberapa plot cerita yang nggak dituntaskan, seperti ketika Karen membawa pulang robot Otto dari tempat sampah, pengalaman SpongeBob dan Patrick saat bertemu Snoop Dogg, dan beberapa lainnya.

Film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ memang nggak ditujukan untuk orang dewasa. Jadi rasanya wajar kalau kamu menontonnya dan merasa ada yang janggal dari film animasi 3D ini. Tapi toh, film ‚ÄúSpongeBob Movie: Sponge on the Run‚ÄĚ ini tetap asyik-masyuk untuk kamu tonton bersama anak-anak di rumah, Bun. Yuk, langsung buka Netflix and chill~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Senois.

CLOSE